Topik Terkait: Kesalahan Dan Dosa (halaman 88)

  • Haji dan Panggilan Kemanusiaan
    Tausyiah
    Kamis, 30 Juni 2022 - 19:33 WIB
    Saat ini umat Islam di seluruh dunia bersiap-siap menyambut datangnya hari-hari penting di bulan haji. Bahkan saat ini pun musim haji yang penuh hiruk pikuk itu telah mulai terasa.
  • Inilah Syarat Berhijab...
    Muslimah
    Jum'at, 04 Agustus 2023 - 10:37 WIB
    Di antara wanita muslimah, banyak yang masih enggan menutup aurat dan berhijab sesuai aturan syariat. Padahal dalam Islam cara berpakaian seorang wanita muslimah telah diatur dengan sangat baik.
  • Asal-Usul Iblis, Apakah...
    Hikmah
    Selasa, 16 Mei 2023 - 16:54 WIB
    Ulama berbeda pendapat tentang asal-usul Iblis. Ada yang berpendapat bahwa ia adalah dari bangsa Malaikat yang membangkang, ada pula yang berpendapat ia dari bangsa Jin.
  • Hakikat Tobat adalah...
    Tausyiah
    Selasa, 22 September 2020 - 09:52 WIB
    Hakikat tobat adalah perbuatan akal, hati dan tubuh sekaligus. Dimulai dengan perbuatan akal, diikuti oleh perbuatan hati, dan menghasilkan perbuatan tubuh.
  • Ucapan Burung Kedua...
    Hikmah
    Senin, 24 Agustus 2020 - 06:15 WIB
    Bila cinta menguasai kita, ia membangkitkan hati kita, mencemplungkan kita dalam darah, memaksa kita bersujud di luar tirai ia tak memberi kita istirahat sejenak pun.
  • Musik Haram Berdasar...
    Tausyiah
    Rabu, 02 Agustus 2023 - 05:15 WIB
    Sesungguhnya Ibnu Umar pernah mendengar suara seruling penggembala, maka beliau meletakkan kedua jari telunjuknya di dalam telinganya dan mengalihkan kendaraannya dari jalan.
  • Akhlak Rasulullah SAW...
    Tausyiah
    Minggu, 06 September 2020 - 19:03 WIB
    Jika ingin belajar tentang budi pekerti dan akhlak mulia maka satu-satunya sosok teladan terbaik ialah Baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW).
  • Kisah Bilal dan Adzan...
    Hikmah
    Minggu, 06 Oktober 2019 - 11:04 WIB
    Bilal bin Rabbah RA, sahabat Nabi berkulit hitam dari Habsyah (Ethiopia) yang memeluk Islam ketika menjadi budak. Beliau dimerdekakan Sayyidina Abu Bakar saat disiksa kafir Quraisy.
  • Lirik Selawat Mahalul...
    Tips
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 14:40 WIB
    Selawat Mahalul Qiyam merupakan salah satu selawat yang berisi pujian dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW. Selawat ini sering dibaca pada saat peringatan Maulid Nabi atau hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.
  • Hukum Menjadikan Lukisan...
    Tausyiah
    Sabtu, 26 Agustus 2023 - 13:06 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan menjadikan lukisan atau gambar sebagai sarana kemewahan, adalah terlarang dalam Islam. Hal ini sebagaimana pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW di rumahnya.
  • 2 Perkara yang Dicintai...
    Tausyiah
    Senin, 22 November 2021 - 21:05 WIB
    Ada dua perkara dicintai Allah Taala dan termasuk kebajikan yang sangat mulia. Kedua hal ini diterangkan Syekh Nawawi Al-Bantani dalam Kitab Nashoihul Ibad.
  • Lembah Keheranan dan...
    Hikmah
    Rabu, 23 September 2020 - 06:57 WIB
    Aku tak tahu apa-apa, aku tak mengerti apa-apa. Aku tak sadar akan diriku sendiri. Aku sedang dalam bercinta, tetapi dengan siapa, tak tahu aku. Hatiku penuh dan sekaligus juga hampa cinta.
  • Epos Muslim Anatolia:...
    Dunia Islam
    Jum'at, 04 Agustus 2023 - 03:49 WIB
    Kisah itu dimulai dengan seorang sultan yang kuat mengungkapkan kegembiraannya karena memiliki segalanya dalam hidup kecuali kegembiraan menjadi ayah.
  • Santri Indonesia Harus...
    Santri
    Sabtu, 23 Oktober 2021 - 08:18 WIB
    Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh setiap tanggal 22 Oktober harus menjadi momentum untuk meneladani semangat jihad untuk agama dan Tanah Air.
  • Niat Sholat Idul Fitri...
    Tips
    Rabu, 12 Mei 2021 - 04:38 WIB
    Niat sholat idul fitri bisa dilakukan dalam hati bisa juga dilafadzkan. Namun di dalam hadis, tidak dijumpai bagaimana lafadz niat salat idul fitri.
  • Rahasia dan Keutamaan...
    Tips
    Kamis, 21 Juli 2022 - 23:10 WIB
    Di antara banyak sunnah Nabi, ada satu sholat sunnah yang memiliki keutamaan agung. Sholat sunnah ini tidak pernah ditinggalkan Baginda Nabi dan para sahabat.
  • Kisah Nabi Isa dan Pencuri...
    Hikmah
    Rabu, 24 Juni 2020 - 05:36 WIB
    Nabi Isa bukan orang bodoh yang tidak bisa membedakan antara orang jujur dengan pendusta, akan tetapi Allah di hati Nabi Isa adalah lebih agung dari sekadar Dia digunakan sumpah dusta.
  • Misteri Wafatnya Nabi...
    Hikmah
    Senin, 06 Desember 2021 - 14:21 WIB
    Ada dua pendapat perihal kisah wafatnya Nabi Zakariya as. Ada yang menyebutkan bahwa Nabi Zakariya meninggal karena dibunuh, dan ada menyebut meninggal dengan cara yang normal.
  • Pertama Dalam Sejarah,...
    Dunia Islam
    Rabu, 12 Juni 2024 - 19:32 WIB
    Kepala Daerah Kerja Madinah sekaligus Kepala Satuan Tugas Arafah Ali Machzumi, mengingatkan jemaah calon haji Indonesia agar tidak perlu membawa peralatan masak saat di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna). Sebab, seluruh jemaah haji Indonesia akan mendapatkan makan.
  • Keistimewaan Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Rabu, 20 Juli 2022 - 22:19 WIB
    Nabi Muhammad SAW adalah manusia sempurna yang punya banyak kelebihan. Beberapa keistimewaan beliau adalah tidak pernah menguap maupun mimpi basah.