Topik Terkait: Kh Abdullah Syukri Zarkasyi Wafat

  • Legasi KH Abdullah Syukri...
    Hikmah
    Kamis, 22 Oktober 2020 - 22:54 WIB
    Di Gontor ada masa perkenalan untuk santri baru dan lama. Tahun 1994 saya alami masa perkenalan itu, sama sekali tidak diminta bawa batu kali, jangkrik atau yang aneh-aneh.
  • Inilah Sosok Ayah Imam...
    Hikmah
    Kamis, 13 Oktober 2022 - 05:19 WIB
    Imam Abdullah bin Mubarak (118-181 H) memang terlahir dari orang tua biasa. Ayahnya seorang budak, namun Ibnul Mubarak lahir dan tumbuh menjadi seorang ulama besar.
  • Kisah Imam Abdullah...
    Hikmah
    Minggu, 09 Oktober 2022 - 07:30 WIB
    Imam Abdullah bin Mubarak rahimahullah (wafat 181 H) dikenal sebagai ulama besar dan dermawan di masa Tabiin. Setiap tahun beliau bersedekah Rp7 Miliar untuk fakir miskin.
  • Kisah Ketawadhuan Imam...
    Hikmah
    Rabu, 12 Oktober 2022 - 15:19 WIB
    Imam Abdullah bin Mubarak (118-181 H) tak hanya terkenal dengan keluasan ilmunya. Beliau memiliki sifat tawadhu yang patut diteladani umat Islam.
  • Habib Muhammad Al-Attas...
    Hikmah
    Senin, 18 Januari 2021 - 11:01 WIB
    Belum lagi hilang kesedihan wafatnya Syekh Ali Jaber dan Habib Ali Bin Abdurrahaman Assegaf dan beberapa ulama lainnya, pagi ini kita dikejutkan dengan berpulangnya Habib Muhammad Bin Ahmad Al-Attas.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • 6 Amalan Orang Hidup...
    Tausyiah
    Minggu, 19 September 2021 - 17:29 WIB
    Dai lulusan Sastra Arab Universitas Indonesia Ustaz Farid Numan Hasan mengatakan, setidaknya ada enam amalan orang hidup yang bermanfaat bagi mayit.
  • Ustaz Tengku Wafat,...
    Hikmah
    Selasa, 11 Mei 2021 - 00:12 WIB
    Kepergian Ustaz Tengku Zulkarnain Senin malam bertepatan hari ke-28 Ramadhan (10/5/2021) membawa kesedihan dan duka mendalam bagi Ustaz Abdul Somad (UAS). Berikut pesan UAS mengenang beliau.
  • Perpustakaan Islam Digital,...
    Dunia Islam
    Selasa, 13 Juli 2021 - 15:10 WIB
    Indonesia patut berduka atas wafatnya ulama kharismatik pendiri Pusat Studi Hadist Jakarta, KH Ahmad Lutfi Fathullah. Buah karya fenomenal beliau adalah Perpustakaan Islam Digital.
  • Doa Sebelum Baca Yasin...
    Tips
    Jum'at, 22 Oktober 2021 - 21:49 WIB
    Doa sebelum baca Yasin sangat baik diamalkan untuk orang yang sudah wafat. Berikut lafaz lengkap dengan bacaan latinnya.
  • Habib Ali Masyhur Wafat,...
    Hikmah
    Rabu, 27 Mei 2020 - 14:51 WIB
    Kabar duka dari negeri sejuta wali, telah berpulang kerahmatullah ulama kharismatik Yaman As-Sayyid Al-Habib Ali Masyhur bin Muhammad bin Salim bin Hafizh bin Syeikh Abu Bakar bin Salim.
  • Syariah, Thariqah, Haqiqah,...
    Tausyiah
    Minggu, 05 Maret 2023 - 21:47 WIB
    Kata syariah telah beredar luas di kalangan umat muslim. Dalam al-Quran, kata tersebut telah dipakai antara lain pada Surah al-Jatsiyah ayat 18.
  • KH Ali Yafie: Hukum...
    Tausyiah
    Selasa, 28 Februari 2023 - 17:02 WIB
    KH Ali Yafie menyatakan hukum yang diperkenalkan al-Quran bukanlah sesuatu yang berdiri sendiri, tapi merupakan bagian integral dari akidah. Begini penjelasannya.
  • Kisah Majusi yang Beruntung...
    Hikmah
    Jum'at, 05 Agustus 2022 - 05:10 WIB
    Kisah laki-laki Majusi ini layak kita jadikan pelajaran betapa rahmat Allah sangat luas bak lautan tak bertepi. Hidupnya berakhir indah karena amalan yang satu ini.
  • Kisah Sahabat Abdullah...
    Hikmah
    Selasa, 12 Januari 2021 - 11:14 WIB
    Abdullah bin Salam radhiyallahu anhu adalah seorang Sahabat Nabi bernama asli Hushain bin Salam bin Harits. Beliau adalah seorang pemuka Yahudi yang memeluk Islam.
  • Kisah Abdullah Bin Amr...
    Hikmah
    Minggu, 17 Juli 2022 - 18:28 WIB
    Rasulullah SAW berkata kepada Abdullah bin Amr, Aku tahu bahwa engkau membaca Al-Quran seluruhnya dalam satu malam. Aku khawatir bila usiamu lanjut dan engkau bosan membacanya.
  • Indonesia Berduka karena...
    Tausyiah
    Sabtu, 05 Desember 2020 - 21:42 WIB
    Indonesia berduka karena kehilangan empat ulama kharismatik Kamis kemarin (3/12/2020). Keempatnya menghadap Allah Taala hampir dalam waktu bersamaan antara pukul 18.00-20.00 WIB.
  • KH Muammar Bakry: Menjaga...
    Dunia Islam
    Senin, 12 Juli 2021 - 13:34 WIB
    Menjaga jiwa merupakan bagian terpenting yang asasi atau pokok dalam syariat Islam. Menjaga jiwa ini nilainya sama halnya dengan menjaga agama, akal pikiran, harta dan juga keturunan.
  • Kisah Nazar Sayyidah...
    Hikmah
    Kamis, 22 September 2022 - 10:41 WIB
    Ibnu Zubair meminta tolong para sahabat agar mempertemukan dengan Aisyah. Demi Allah, tidaklah halal (baik) baginya bernazar untuk memutuskan hubungan denganku.
  • Abdullah bin Jahsy,...
    Hikmah
    Jum'at, 15 April 2022 - 15:26 WIB
    Abdullah bin Jahsy menjadi orang pertama sebagai amirul mukminin. Sesuai dengan jabatan dan tugasnya mengelola pertahanan, keamanan dan ketertiban kaum muslimin, maka dia bergelar Amir.
  • KH Hasyim Asyari: Perbedaan...
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Februari 2023 - 14:46 WIB
    Kiai Haji Muhammad Hasyim Asyari mengatakan perbedaan dalam furu (makalah rincian) sudah terjadi sejak zaman para sahabat Nabi SAW, juga pada para pendiri mazhab.