Topik Terkait: Kh Abdullah Syukri Zarkasyi (halaman 4)

  • Mengambil Hikmah Puasa...
    Hikmah
    Sabtu, 16 Mei 2020 - 16:43 WIB
    Dalam Bahasa Arab, puasa dikenal dengan istilah Shaum atau Shiyam. Keduanya memiliki makna Al-Imsak yaitu menahan diri atau menunda kesenangan.
  • Legasi KH Abdullah Syukri...
    Hikmah
    Kamis, 22 Oktober 2020 - 22:54 WIB
    Di Gontor ada masa perkenalan untuk santri baru dan lama. Tahun 1994 saya alami masa perkenalan itu, sama sekali tidak diminta bawa batu kali, jangkrik atau yang aneh-aneh.
  • Kisah Bani Umayyah:...
    Dunia Islam
    Sabtu, 19 Februari 2022 - 11:49 WIB
    Sejak peristiwa pembunuhan cucu Rasulullah SAW, Husein bin Ali bin Abu Thalib dan keluarganya, kursi kekhalifahan Bani Umayyah tidak pernah lagi stabil.
  • 9 Poin Deklarasi Dai...
    Dunia Islam
    Jum'at, 09 September 2022 - 23:19 WIB
    Dai dan ormas Islam Jawa Timur menyampaikan deklarasi bersama menyatukan umat dalam Multaqa Duat Jawa Timur yang digelar di Surabaya, Kamis (8/9/2022).
  • 11 Kalam Indah Ulama...
    Tausyiah
    Senin, 07 Desember 2020 - 22:20 WIB
    Ulama kharismatik Tegal, Al-Habib Thahir bin Abdullah Al-Kaff telah kembali ke rahmat Allah, namun ilmunya tetap bercahaya. Berikut 11 kalam indah beliau.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Kisah Dua Laki-laki...
    Hikmah
    Jum'at, 05 Maret 2021 - 22:31 WIB
    Kisah dua laki-laki ini benar-benar mengagumkan hingga membuat Rasulullah shallallahu alahi wasallam tersenyum. Berikut kisahnya diceritakan oleh KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym).
  • KH Abdullah Jaidi: Tabayyun...
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Mei 2023 - 06:35 WIB
    Peningkatan pemahaman beragama adalah keharusan bagi setiap muslim. Dengan memiliki pemahaman kuat, seseorang dapat menyikapi penafsiran agama atau pemberitaan dengan tabayyun.
  • Kisah Sufi: Abdullah...
    Hikmah
    Sabtu, 25 Februari 2023 - 09:27 WIB
    Kisah ini disampaikan di sebuah madrasah Sufi, sebagai suatu latihan-pengembangan bagi para murid yang dianggap terlalu berpikir harafiah. Cerita ini mengacu dalam bentuk tersamar pada latihan-latihan tertentu bagi para darwis
  • Fadhillah Membaca 100...
    Tausyiah
    Kamis, 08 Oktober 2020 - 15:53 WIB
    Dalam banyak riwayat, Allah Taala memberikan keutamaan bagi mereka yang suka membaca Al-Quran, menyimak dan mentadabburinya. Berikut keutamaan bagi yang membaca 100 ayat dalam salat malam.
  • Besok Jumat, Rektor...
    Dunia Islam
    Kamis, 31 Agustus 2023 - 22:41 WIB
    Besok Jumat 15 Shafar 1445 Hijriyah bertepatan 1 September 2023, Prof Dr KH Muammar Bakry Lc MAg akan mengisi khutbah Jumat di Masjid Istiqlal Jakarta.
  • KH Cholil Nafis Sebut...
    Dunia Islam
    Jum'at, 31 Mei 2024 - 15:21 WIB
    Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Cholil Nafis menyebut fatwa MUI tentang hukum salam lintas agama sudah benar dan wajib dipatuhi.
  • MUI DKI: Musik dan Film...
    Tausyiah
    Kamis, 10 September 2020 - 16:29 WIB
    Aktivitas dakwah ternyata tidak cukup melalui mimbar-mibar majelis taklim. Musik dan film dapat dijadikan sebagai sarana dakwah selama tidak mengandung unsur kemaksiatan.
  • Mencari Warna Islami...
    Dunia Islam
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 10:51 WIB
    Sedikit kesan islami pada resepsi pernikahan Putra Mahkota Yordania Hussein bin Abdullah II dengan Rajwa Al-Saif dari Arab Saudi pada Kamis 1 Juni kemarin.
  • Kisah KH Hasyim Asyari...
    Hikmah
    Kamis, 19 Agustus 2021 - 15:04 WIB
    Kisah KH Hasyim Asyari dan KH Ahmad Dahlan layak untuk diketahui umat muslim di Tanah Air. Kisah dua tokoh ulama ini sangat menginspirasi dan patut diambil iktibar (pelajaran).
  • Tatkala Dua Pembesar...
    Hikmah
    Sabtu, 20 Maret 2021 - 16:35 WIB
    Saat didapuk menjadi imam, Buya Hamka yang ketua pertama Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu justru tanpa ragu membaca doa qunut. Kedua ulama itu menerapkan akhlakul karimah
  • Kiai Hasyim Memanggil...
    Dunia Islam
    Selasa, 15 Juni 2021 - 16:08 WIB
    Kiai Hasyim memanggil Kiai Dahlan dengan panggilan Mas (kakak), sebaliknya Kiai Dahlan memanggil Kiai Hasyim dengan panggilan Adi (adik). Dua tahun belajar dengan Kiai Saleh Darat, keduanya pun akhirnya berpisah.
  • Filosofi Hidup Gus Baha...
    Hikmah
    Minggu, 20 Desember 2020 - 08:30 WIB
    Gus Baha (KH Ahmad Bahauddin Nursalim) dikenal sebagai ulama bekepribadian sederhana. Dalam menjalani kehidupannya, beliau mempunyai beberapa Filosofi Hidup.
  • Berikut ini Kunci Sikap...
    Tausyiah
    Senin, 07 Juni 2021 - 12:52 WIB
    Pikiran saya sederhana, ilmu itu melahirkan sikap. Jika punya referensi yang cukup tentang toleransi maka kita hidup di mana saja maka akan tetap toleransi, ucap Gus Baha
  • 3 Perkara Ini Jika Dimiliki...
    Tausyiah
    Kamis, 19 November 2020 - 20:48 WIB
    Nikmatnya ibadah, nikmatnya shaum (puasa), nikmatnya shalat, nikmatnya zikir, hanya bisa dirasakan oleh orang-orang yang senang untuk dekat kepada Allah Taala.
  • Gus Baha: Membaca Shalawat...
    Tausyiah
    Rabu, 13 Oktober 2021 - 16:32 WIB
    Gus Baha menyatakan membaca shalawat tak sekadar menunjukkan ma?abbah atau cinta kita kepada Rasulullah semata, melainkan juga sebagai pengakuan bahwa Nabi Muhammad adalah makhluk terbaik.