Topik Terkait: Khalifah Abu Abbas AS Saffah (halaman 54)

  • Sepupu Umar Bin Khattab...
    Hikmah
    Selasa, 18 Januari 2022 - 11:16 WIB
    Sebelum masa kenabian Muhammad SAW, Zaid adalah guru spiritual Abu Bakar Ash-Shiddiq. Zaid dan beberapa orang Mekkah, termasuk Abu Bakar adalah orang yang menolak menyembah berhala.
  • Dahsyatnya Fitnah Harta,...
    Hikmah
    Jum'at, 11 September 2020 - 17:31 WIB
    Tiap ummat ada fitnah (ujiannya) sendiri dan ujian ummatku adalah harta kekayaan. Demikian sabda Rasulullah SAW yang bersumber dari Ibnu Abbas RA.
  • Misteri Nafs al-Wahidah...
    Tausyiah
    Minggu, 09 Oktober 2022 - 15:06 WIB
    Kitab-kitab tafsir mutabar dari kalangan jumhur menafsirkan kata nafs al-wahidah dengan Adam. Hanya saja, tetap saja banyak yang berpendapat al-Quran tidak menceritakan asal-usul kejadian perempuan.
  • Apa Tugas Nabi Isa di...
    Hikmah
    Kamis, 07 Desember 2023 - 18:39 WIB
    Ada sejumlah tugas Nabi Isa di akhir zaman yang terbilang sangat penting. Salah satunya adalah membunuh Dajjal. Lalu tugas apa lagi yang diiembannya nanti?
  • Cara Belajar Khusuk...
    Hikmah
    Sabtu, 25 April 2020 - 15:02 WIB
    Abu Yazid tak peduli dengan apa yang ada di sekitarnya ketika ia belajar. Aku tidak datang ke sini untuk melihat segala sesuatu yang ada di sini, kata Abu Yazid pada gurunya.
  • Semua Agama Para Nabi...
    Tausyiah
    Minggu, 15 Januari 2023 - 14:52 WIB
    Semua agama yang benar adalah agama yang mengajarkan sikap pasrah kepada Tuhan, maka tidak ada agama atau sikap keagamaan yang bakal diterima Tuhan selain sikap pasrah kepada Tuhan atau Islam itu.
  • 17 Fakta Tentang Nabi...
    Hikmah
    Senin, 29 Agustus 2022 - 07:05 WIB
    Cerita tentang Nabi Adam alaihissalam selalu menarik untuk diulas. Kisahnya sarat hikmah dan penciptaannya termasuk salah satu tanda kebesaran Allah Azza wa Jalla.
  • Ibnu Katsir: Jelang...
    Tausyiah
    Selasa, 28 September 2021 - 05:15 WIB
    Ibnu Katsir memaparkan menjelang kiamat, seluruh Ahli Kitab beriman dengan iman yang pokok kepada Nabi Isa bin Maryam sebelum kematian dan setelah turunnya,
  • Kisah Kekhalifahan Cordoba:...
    Hikmah
    Kamis, 22 Agustus 2024 - 21:03 WIB
    Kekhalifahan Cordoba didirikan oleh Abd al-Rahman III yang merupakan keturunan dari Abd al-Rahman al-Dakhil. Pada Januari 929 ia menobatkan dirinya sendiri menjadi khalifah di dunia Islam.
  • Khasiat Surat As-Shafat,...
    Hikmah
    Rabu, 26 Juli 2023 - 09:34 WIB
    Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.. Barangsiapa yang mandi dari airnya maka segala penyakitnya akan hilang.
  • Kisah Salim Maula Abu...
    Hikmah
    Kamis, 28 Mei 2020 - 17:44 WIB
    Kisah sahabat Nabi shallallahu alaihi wa sallam yang satu ini benar-benar sarat dengan hikmah. Perjalanan hidupnya sungguh mengagumkan hingga berakhir syahid di medang perang.
  • 4 Orang Khulafaur Rasyidin,...
    Dunia Islam
    Sabtu, 02 Desember 2023 - 15:01 WIB
    Khulafaur Rasyidin adalah pemimpin yang mendapat petunjuk Allah Subhanahu wa taala dengan kearifan dan kebijaksanaan dalam memimpin umat Islam setelah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam wafat.
  • Kisah Sumpah Umar Tidak...
    Hikmah
    Minggu, 17 Desember 2023 - 08:30 WIB
    Umar bersumpah untuk tidak lagi makan daging atau samin sampai semua orang hidup seperti biasa. Ia tetap bertahan dengan sumpahnya itu sampai dengan izin Allah hujan turun dan musim paceklik berakhir.
  • Kisah Nabi Isa Menginterogasi...
    Hikmah
    Selasa, 20 Desember 2022 - 14:00 WIB
    Para Rasul dan Nabi tidak diutus sebagai polisi. Allah-lah yang akan mengawasi, mengurusi, dan menghisab. Allah tidak membebani para Rasul untuk menghisab dan menghukum manusia.
  • Amalan Agar Terhindar...
    Tausiyah
    Selasa, 10 Desember 2019 - 19:52 WIB
    Apa saja amalan yang bisa meyelamatkan seseorang dari siksa kubur? Berikut penjelasan Syeikh Abu Laits As-Samarqandi dalam Kitab Tanbihul Ghafilin (peringatan bagi orang yang lalai).
  • Akhir Tragis Muhammad...
    Hikmah
    Sabtu, 13 Februari 2021 - 20:31 WIB
    Menurut berbagai sumber riwayat, sejak terjadinya pembunuhan terhadap Muhammad bin Abu Bakar, Sitti Aisyah tidak mau lagi makan panggang daging sampai akhir hayatnya.
  • Ayat-Ayat Al-Quran tentang...
    Tausyiah
    Kamis, 24 Agustus 2023 - 13:06 WIB
    Kezaliman-kezaliman ala jahiliah yang kerap menimpa wanita, di antaranya, adalah: orang tua merasa susah dan senantiasa murung jika yang dilahirkan adalah bayi perempuan.
  • Kisah Persembunyian...
    Hikmah
    Sabtu, 11 Juli 2020 - 11:29 WIB
    Pikiran Abu Bakar bukan apa yang akan menimpa dirinya, tetapi yang dipikirkannya adalah Rasulullah, kalau sampai kaum Quraisy itu berhasil membunuhnya.
  • Penaklukan Yerusalem:...
    Hikmah
    Kamis, 06 Juni 2024 - 10:02 WIB
    Khalifah Umar bin Khattab meninggalkan Madinah menuju Yerusalem setelah tercapai persetujuan damai dengan pihak Aelia atau Illia, Yerusalem. Kepemimpinan di Madinah diserahkan kepada Ali bin Abi Thalib.
  • Isa bin Maryam Memberi...
    Tausyiah
    Senin, 13 September 2021 - 05:15 WIB
    Ibnu Katsir dalam bukunya berjudul Dahsyatnya Hari Kiamat memaparkan sejumlah hadis yang menerangkan tentang penjelasan Isa bin Maryam terkait turunnya Yajuj dan Majuj menjelang hari kiamat.