Topik Terkait: Khalifah Abu Abbas AS Saffah (halaman 31)

  • Amalan Doa Agar Rezeki...
    Tausyiah
    Rabu, 11 November 2020 - 22:08 WIB
    Sebagai manusia, kita memang diperintahkan untuk tawakkal (berserah diri), namun bukan berarti mengabaikan ikhtiar (usaha) dalam mencari rezeki. Berikut doa melancarkan rezeki.
  • Arab Saudi Gelar 20...
    Dunia Islam
    Jum'at, 16 Juni 2023 - 14:43 WIB
    Arab Saudi menggelar 20 pameran pada musim haji tahun ini. Pameran tersebut untuk membantu lebih memperkaya pengalaman ziarah bagi para jemaah haji.
  • Imam Mahdi Akan Muncul...
    Hikmah
    Selasa, 01 November 2022 - 23:26 WIB
    Tersebut dalam Hadis bahwa kemunculan Imam Mahdi merupakan salah satu tanda dekatnya Hari Kiamat. Namun, kapan dan dari mana munculnya menjadi hal yang sering dibincangkan.
  • Bahlul kepada Harun...
    Hikmah
    Selasa, 21 Desember 2021 - 10:43 WIB
    Bahlul mengatakan jangan engkau bayar utang dengan utang. Kembalikanlah hak orang kepada pemiliknya. Bayarlah utang dirimu sendiri. Karena dirimu adalah jiwa yang satu.
  • Ramalan Khalifah Umar...
    Hikmah
    Rabu, 06 Januari 2021 - 05:00 WIB
    Gejala individualisme, mementingkan diri sendiri dan golongan, yang pada masa Khalifah Umar r.a. berhasil dipangkas tunas-tunasnya, tumbuh kembali dengan suburnya di masa Khalifah Utsman r.a.
  • Sumber Hukum Islam yang...
    Muslimah
    Selasa, 06 Juli 2021 - 17:43 WIB
    Umat Islam mengenal empat sumber hukum sebagai pijakan menjalani kehidupan bermasyarakat. Keempat sumber hukum itu adalah Al-Quran, As-sunnah (Hadis), Ijma, dan Qiyas.
  • Abu Nawas Mati, Lalu...
    Hikmah
    Selasa, 05 Mei 2020 - 01:29 WIB
    Seketika pengusung jenazah ketakukan, apalagi melihat Abu Nawas bangkit berdiri seperti mayat hidup. Seketika rakyat yang berkumpul lari tunggang langgang.
  • Kisah Bajak Laut dari...
    Hikmah
    Senin, 24 Januari 2022 - 05:15 WIB
    Di tengah perjalanan, Syekh Ibrahim as-Samarkandi berjumpa dengan bajak laut yang paling ganas. Thio Bun Cai, bajak laut itu, terpana ketika menyaksikan karomah anggota Walisongo ini.
  • CAIR Prihatin atas Sikap...
    Dunia Islam
    Sabtu, 07 Oktober 2023 - 14:20 WIB
    Council on American-Islamic Relations (CAIR) prihatin atas sikap Amerika Serikat yang menolak resolusi terkait pencegahan atas kebencian Islam oleh Dewan Hak Asasi Manusia PBB (HRC).
  • Kisah Nabi Isa dalam...
    Hikmah
    Minggu, 25 Desember 2022 - 19:07 WIB
    Nabi Isa alaihissalam adalah seorang Rasul bergelar Ulul Azmi yang diutus Allah Taala untuk Bani Israil. Dalam lisan Arab, beliau bernama Isa Al-Masih dan Isa ibnu Maryam.
  • Tafsir Ayat Poligami...
    Tausyiah
    Kamis, 10 Maret 2022 - 10:10 WIB
    Suatu ketika hubungan Khalifah Al-Mansur dengan istrinya memanas, gara-gara sang Khalifahh berniat menikah lagi atau berpoligami. Mereka pun sepakat meminta nasihat Imam Abu Hanifah.
  • Sejarah Tarawih: Mulai...
    Hikmah
    Minggu, 03 April 2022 - 17:01 WIB
    Pada zaman Rasulullah SAW, istilah sholat tarawih belum dipopulerkan. Istilah tarwih mulai dikenal di era Khalifah Umar bin Khattab dan setelah itu berkembang dinamis dari masa ke masa.
  • Kisah Sahabat yang Wafat...
    Hikmah
    Kamis, 17 September 2020 - 05:05 WIB
    Ucapan dan prediksi Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam atas sesuatu selalu benar. Salah satunya tentang perjalanan hidup seorang sahabat mulia yang menjadi kenyataan.
  • Khalifah Umar Pecat...
    Hikmah
    Rabu, 13 Mei 2020 - 16:32 WIB
    Mendengar keterangan Umar yang tegas menegakkan tauhid itu Khalid menerima kebijakan khalifah dengan ikhlas. Maka besoknya ia kembali ke medan perang.
  • Kisah Pembangkangan...
    Hikmah
    Jum'at, 22 Januari 2021 - 18:43 WIB
    Memecat Muawiyah tidaklah mudah. Ia relatif lama menjadi penguasa di Syam. Ia bukan hanya membangkang, bahkan menentang kekhalifahan Ali secara terang-terangan.
  • Kisah Nabi Adam Kenal...
    Tausyiah
    Rabu, 22 Juni 2022 - 19:23 WIB
    Tatkala Adam melakukan kesalahan, dia berkata, Wahai Tuhanku, aku memohon ampunan-Mu demi Muhammad. Maka Allah berfirman, Wahai Adam bagaimana engkau mengenal Muhammad sedang Aku belum menciptakannya?
  • Pembebasan Irak: Kisah...
    Hikmah
    Jum'at, 19 Januari 2024 - 16:53 WIB
    Khalid tinggal di Hirah dan sekaligus dijadikan markas komandonya. Itulah ibu kota Islam pertama di luar negeri Arab. Tetapi pimpinan pemerintahan diserahkan kepada tokoh-tokoh anak negeri itu.
  • Perancang Busana AS...
    Dunia Islam
    Rabu, 21 Februari 2024 - 15:07 WIB
    Nefertari Moonn, seorang komikus internet Amerika dan perancang busana independen, mengatakan dia masuk Islam setelah dipengaruhi oleh komitmen dan pendirian Palestina.
  • Tragedi Qaramithah:...
    Hikmah
    Rabu, 03 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Seorang lelaki memukul dan mencongkel Hajar Aswad. Dengan nada menantang, Abu Thahir sesumbar : Mana burung-burung Ababil? Mana bebatuan dari Neraka Sijjil?
  • Simak Ucapan Para Khalifah...
    Hikmah
    Minggu, 13 Desember 2020 - 11:44 WIB
    Di ambang kematiannya, Ibnu al-Munkadir menangis. Ia ditanya, Kenapa engkau menangis? Jawabnya, Demi Allah, aku tidak menangisi suatu dosa yang dengan sadar sudah terlanjur aku lakukan.