Topik Terkait: Kisah Dusta

  • Kisah Hikmah : Jangan Berdusta Walaupun Hal Ringan
    Hikmah
    Minggu, 08 Januari 2023 - 14:40 WIB
    Ada kisah ringan dari seorang shahabiyah (sahabat perempuan Nabi SAW) Asma binti Umais. Ia adalah salah seorang wanita yang pertama memeluk Islam.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Kisah Api
    Hikmah
    Jum'at, 05 Juni 2020 - 05:59 WIB
    Kalian mesti belajar bagaimana mengajarkan sesuatu kepada orang lain, sebab manusia tidak ingin diajar. Pertama-tama, beritahu mereka cara belajar.
  • Kisah Hikmah: Menyembunyikan Kebaikan
    Muslimah
    Minggu, 21 Maret 2021 - 16:31 WIB
    Menyembunyikan kebaikan dan kehebatan yang dimiliki akan bernilai baik manakala disertai dengan niat ikhlas lillahi taala. Namun, menampakkan kebaikan sebagai sarana untuk mengajak orang lain agar juga mau berbuat baik, juga dianjurkan.
  • 3 Macam Kisah dalam Al-Quran dan 4 Hikmahnya
    Hikmah
    Jum'at, 20 Mei 2022 - 16:57 WIB
    Ada tiga macam kisah dalam Al-Quran. Dan adanya kisah-kisah yang ada dalam Al-Quran itu mempunyai beberapa tujuan atau hikmah. Berikut penjelasannya.
  • Kisah-kisah dalam Al-Quran, Pelajaran Penting Umat Manusia
    Tausyiah
    Senin, 13 April 2020 - 11:12 WIB
    Al-Quran merupakan bacaan sempurna dan mulia. Tidak ada satu bacaanpun sejak manusia mengenal tulis-baca lima ribu tahun yang lalu dapat menandingi Al-Quran.
  • Kisah Abu Bakar yang Menangis Ketika Bermimpi
    Hikmah
    Minggu, 20 Mei 2018 - 16:05 WIB
    Dalam Kitab An-Nawaadir karya Imam Al Qalyubi diceritakan suatu malam Khalifah Abu Bakar Radiyallahu Anhu (RA) bermimpi dalam tidurnya. Kemudian beliau menangis dalam mimpinya itu.
  • Kisah Bijak: Orang-Orang Buta dan Gajah
    Hikmah
    Sabtu, 09 Mei 2020 - 17:17 WIB
    Pengetahuan bukanlah sahabat orang buta. Ciptaan tidak mengetahui tentang keilahian. Tak ada jalan dalam pengetahuan ini yang bisa ditempuh dengan kemampuan biasa.
  • Kisah Seorang Pendosa Selamat Berkat Tauhidnya
    Hikmah
    Kamis, 06 Januari 2022 - 21:42 WIB
    Sepintas kisah ini sulit diterima akal, namun begitulah Allah berkehendak dengan kekuasaan-Nya. Berkat tauhid yang dimilikinya, seorang pendosa selamat dari azab Allah.
  • Kisah Orang Buta yang Sembuh Berkat Jubah Rasulullah
    Hikmah
    Kamis, 17 Mei 2018 - 21:50 WIB
    KISAH ini adalah satu dari sekian banyak kisah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam (SAW) yang perlu kita ketahui. Selain menarik, kisah ini mengandung hikmah yang besar.
  • Kisah Barshisa, Ahli Ibadah yang Mati sebagai Penyembah Iblis
    Hikmah
    Senin, 06 September 2021 - 09:48 WIB
    Di saat Barshisa terlentang di tiang salib menanti saat-saat kematiannya, Iblis kembali datang ke hadapannya dan berkata, Aku dapat menolongmu , asalkan kau bersedia bersujud kepadaku.
  • Kisah Dusta? Ali bin Abu Thalib Duel dengan Jin di Sebuah Sumur
    Hikmah
    Selasa, 02 Maret 2021 - 19:48 WIB
    Para sahabat di belakang Ali merinding ketakutan tetapi Ali gagah melangkah menebas kepala-kepala itu, dan akhirnya diapun mengambil air dari sumur anker tersebut.
  • Kisah Khalifah Umar dan Gadis yang Jujur
    Hikmah
    Senin, 28 Mei 2018 - 17:11 WIB
    Khalifah Umar bin Khaththab radhiallahu anhu (RA) memiliki kegemaran ronda malam sendirian untuk melihat langsung kondisi rakyatnya.
  • Kisah Raksasa yang Gagal Membunuh Guru Sufi
    Hikmah
    Kamis, 11 November 2021 - 17:30 WIB
    Raksasa itu terpana: sebab orang sering kali takjub pada hal-hal yang tak mereka pahami, dan benar-benar menilainya tinggi, lebih tinggi dari semestinya,
  • Kisah Sufi: Berharga dan Tak Berharga
    Hikmah
    Selasa, 23 November 2021 - 13:08 WIB
    Raja yang disinggung dalam kisah ini diduga adalah mendiang Nadir Shah dari Afghanistan, yang diabdi oleh Sufi Abdul-Hamid Khan, dan yang wafat pada tahun 1933.
  • Menimbang Hadis tentang Al-Mahdi dan 3 Orang Anak Khalifah yang Dibunuh
    Hikmah
    Minggu, 14 Agustus 2022 - 10:14 WIB
    Ada tiga orang yang akan dibunuh dalam kejayaan kalian, dan semuanya anak khalifah, tetapi tidak seorang pun yang terkena, begitu penggalan sebuah hadis.
  • Kisah Sufi: Emas Keberuntungan dari Saudagar Dermawan Abdul Malik
    Hikmah
    Jum'at, 19 November 2021 - 14:48 WIB
    Kisah ini lebih condong pada bentuk perumpamaan daripada kebanyakan kisah sejenis. Pusatkan perhatian pada bagian awal cerita, bukan pada pesan moralnya. Itu menunjukkan padamu tentang metode.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Toko Lampu
    Hikmah
    Senin, 20 Juli 2020 - 06:00 WIB
    Orang itu mengaku telah diberitahu oleh para ahli bahwa di tempat itu mereka menjual alat-alat tertentu yang memungkinkan orang bisa membaca dalam gelap.
  • Kisah Sufi Abdullah Ansar: Bila Takdir Telah Campur Tangan
    Hikmah
    Minggu, 19 Desember 2021 - 08:05 WIB
    Nasihat lapis pertama kisah ini adalah bahwa ketika manusia diberi sesuatu yang bernilai besar bagi masa depannya, ia tidak mempergunakannya dengan cukup baik.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Isa dan Para Peragu
    Hikmah
    Selasa, 04 Agustus 2020 - 06:12 WIB
    Tradisi menyebutkan bahwa tokoh yang sering mengulang-ulang kisah ini adalah salah seorang dari orang-orang pertama yang menyandang gelar Sufi: Jabir bin Al-Hayyan
  • Kisah Bijak Para Sufi: Penyusunan Tradisi
    Hikmah
    Senin, 15 Juni 2020 - 12:50 WIB
    Dalam ajaran kejiwaannya, para sufi menganggap penyampaian pengetahuan secara biasa niscaya rentan terhadap penyimpangan dan kekeliruan oleh sebab penyuntingan