Topik Terkait: Koleksi Barang Menurut Islam

  • Hukum Gratifikasi, Ada 3 Macam Pemberian Hadiah Menurut Islam
    Tausyiah
    Sabtu, 13 Mei 2023 - 23:24 WIB
    Gratifikasi dalam Islam sudah ada sejak dulu dan bertahan hingga sekarang. Hal ini tidak terlepas dari dasar maknanya yang berarti memberikan sesuatu kepada orang lain.
  • Bagaimana Ketegasan Syariat Islam Soal Hukum Barang Temuan?
    Tausyiah
    Minggu, 13 November 2022 - 13:28 WIB
    Hamba yang shalih jika menemukan barang temuan atau menemukan barang milik orang lain, maka dia akan berpegang pada hukum-hukum syariat yang berkaitan dengan masalah ini.
  • Hukum Menyerobot Tanah Menurut Islam
    Tausyiah
    Senin, 04 Maret 2024 - 14:33 WIB
    PT Berau Coal melalui mitranya PT Kaltim Diamond Coal (KDC) diduga melakukan penyerobotan tanah milik Universitas Muhammadiyah Berau. Bagaimana hukumnya dalam Islam?
  • Hukum Memungut Pajak dari Rakyat dalam Pandangan Islam
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Maret 2023 - 22:01 WIB
    Bagaimana hukum memungut pajak dari rakyat dalam pandangan Islam? Bolehkah hal ini dilakukan negara atau pemerintah? Mari simak penjelasan berikut.
  • Hati-hati dengan Prank, Begini Hukumnya Menurut Islam
    Tausyiah
    Kamis, 10 Juni 2021 - 23:10 WIB
    Di era internet sekarang, istilah Prank sudah dianggap trend bagi kalangan anak muda. Bagaimana pandangan Islam terhadap Prank? Berikut ulasannya.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Persepsi Kristen Terhadap Islam Menurut Montgomery Watt
    Dunia Islam
    Sabtu, 14 Januari 2023 - 15:08 WIB
    Persepsi ini merupakan persepsi yang mempunyai tempat sentral dalam pemikiran Eropa hingga akhir abad ke-19. Perbedaan antara persepsi Kristen ini dapat dikelompokkan menjadi empat.
  • Makna Tegaknya Masyarakat Islam Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Februari 2024 - 06:54 WIB
    Akidah yang tegak di atasnya masyarakat Islam yaitu akidah Laa ilaaha illallah Muhammadan Rasuulullah. Masyarakat Islam benar-benar memuliakan dan menghargai akidah itu.
  • Jenis Permainan yang Diperbolehkan Islam Menurut Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Jum'at, 08 September 2023 - 09:20 WIB
    Islam tidak melarang permainan dengan berbagai macam jenisnya, bahkan Islam melihat itu sesuatu yang diperlukan oleh seseorang , kalaupun tujuannya untuk bersenang-senang.
  • Ini Perbedaan Paham Ekonomi Islam dengan Sosialisme Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Rabu, 12 Juli 2023 - 05:15 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan jika paham ekonomi materialis liberal mengkultuskan kebebasan individu maka paham ekonomi sosialis juga memiliki pandangan tersendiri.
  • Begini Gambaran Tradisi Masyarakat Islam Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tips
    Selasa, 15 November 2022 - 13:58 WIB
    Tata kehidupan dan kebiasaan masyarakat Islam untuk berkhidmah terhadap akidah dan ibadahnya, pemikiran dan perasaannya, kemudian akhlak dan kemuliaannya.
  • Agama Islam dalam Kehidupan Modern Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Sabtu, 11 Maret 2023 - 17:13 WIB
    Puncak dari prinsip itu adalah tauhid. Di sekelilingnya beredar unit-unit bagaikan planet-planet tata surya yang beredar di sekeliling matahari, yang tidak dapat melepaskan diri dari orbitnya.
  • Hukum Donor Organ Tubuh Menurut Pandangan Islam
    Tips
    Selasa, 22 November 2022 - 15:36 WIB
    Aktivitas donor organ tubuh banyak dilakukan masyarakat dengan sejumlah alasan tertentu. Berikut hukum donor organ tubuh dalam pandangan Islam.
  • Cara Bersetubuh yang Terbaik Menurut Islam (1)
    Hikmah
    Kamis, 05 Maret 2020 - 21:48 WIB
    Islam adalah agama yang sempurna karena tidak hanya mengatur hubungan manusia dengan Rabb-nya, tetapi juga mengatur urusan manusia dan keluarga.
  • Kemandirian Seorang Istri dalam Islam Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Rabu, 27 September 2023 - 15:21 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan Islam tidak membiarkan kepribadian wanita itu larut untuk mengikuti kepribadian suaminya sebagaimana tradisi barat.
  • Hukum Memakai Pensil Alis bagi Perempuan Menurut Islam
    Muslimah
    Senin, 03 Januari 2022 - 13:48 WIB
    Hukum memakai pensil alis bagi perempuan diperbolehkan selama tidak berlebihan dan melanggar ketentuan syariat. Islam sangat menganjurkan kerapian baik rambut, bulu alis, kuku, dan lain sebagainya.
  • Mimpi Hamil Menurut Islam, Bagaimana Arti dan Maknanya?
    Muslimah
    Senin, 13 Desember 2021 - 06:26 WIB
    Mimpi hamil menurut Islam, tidak ada penjelasan spesifik tentangnya, begitu juga dengan dalil yang membahasnya. Akan tetapi, mimpi tersebut bisa ditafsirkan banyak arti dan pendapat, tergantung siap yang bermimpi.
  • Inilah 5 Syarat Bertaubat Terbaik Menurut Syaikh Al Utsaimin
    Tausyiah
    Senin, 20 Juni 2022 - 15:02 WIB
    Dalam kitab Majalis Syahri Ramadhan, Syaikh Muhammad bin Shalih Utsaimin mengatakan, Taubat yang diperintahkan Allah Azza wa Jalla adalah taubat nasuha (yang tulus) yang mencakup lima syarat.
  • Adab Bertamu yang Penting Diketahui Menurut Islam
    Tips
    Rabu, 05 Juli 2023 - 18:48 WIB
    Islam mengajarkan adab-adab dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya ketika bertamu ke rumah orang lain. Adab bertamu ini penting diketahui, agar ada norma-norma yang dijaga sebagai akhlak yang baik.
  • Perbudakan: Islam Gunakan Metode Evolusi Bukan Revolusi
    Tausyiah
    Jum'at, 23 Oktober 2020 - 05:00 WIB
    Islam tidak mengharamkan sistem perbudakan. Namun, dalam memecahkan persoalan yang terkait dengan ini, Islam menggunakan metode tidak secara revolusioner melainkan secara bertahap.
  • Pernikahan Anak-Anak di Bawah Umur Menurut Islam
    Tausyiah
    Minggu, 28 April 2024 - 08:32 WIB
    Kasus dugaan pertunangan anak di Sampang, Madura, sempat menjadi perbincangan warganet dan videonya ramai beredar di media sosial. Lalu, bagaimana sesungguhnya hukum pernikahan anak-anak menurut Islam?