Topik Terkait: Komorbid (halaman 85)

  • Ponpes Nurul Ummahat,...
    Santri
    Selasa, 05 Mei 2020 - 08:04 WIB
    Warga Yogyakarta sudah tak asing lagi dengan Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Ummahat. Ponpes yang terletak 300 meter di selatan Lapangan Karang, Kampung Prenggan KG/II RT 27/RW 06, Kotagede, ini adalah pondok putri.
  • Begini 5 Cara untuk...
    Tips
    Selasa, 05 Mei 2020 - 16:38 WIB
    Ahmad Zarkasih, Lc, dalam buku Meraih Lailatul Qadar, Haruskah Itikaf? membagi resep bagi seorang muslim untuk meraih malam Lailatul Qadar. Apa saja?
  • Di Tengah Wabah, Meraih...
    Tips
    Selasa, 05 Mei 2020 - 17:10 WIB
    Ibadah yang sangat galak dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW ketika masuk 10 terakhir Ramadhan ialah beritikaf. Lalu, apa ini juga jadi syarat meraih lailatul qadar?
  • Jibril Mengajari Adam...
  • Kisah Sufi: Keperluan...
    Hikmah
    Selasa, 05 Mei 2020 - 16:30 WIB
    Lantaran kekayaannya, seorang penguasa tiran Turkestan ingin berjumpa dengan Nabi Kidir. Seorang sufi menyanggupinya karena butuh uang untuk keluarganya.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Nuzulul Quran: Tafsir...
    Tausyiah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 04:00 WIB
    Surat pertama yang turun ini memiliki penamaan surat al-alaq, surat iqra, surat bil-qalam karena Allah mengawali surat ini dengan kata-kata tersebut.
  • Konsep Ketenangan Hati...
    Hikmah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 02:37 WIB
    Manakala Allah membuka pintu pemahaman kepada engkau ketika Dia tidak memberi engkau, maka ketiadaan pemberian itu merupakan pemberian yang sebenarnya.
  • Setelah 500 Tahun Berpisah,...
    Hikmah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 02:56 WIB
    Allah mewahyukan kepada Adam: Pindahlah dari negeri Hindi ke Makkah, thawaf-lah di sekitar tempat Baitullah dan mintalah pengampunan dari-Ku, tentu Aku akan mengampuni.
  • Inilah Tanda-tanda Kiamat...
    Hikmah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 07:45 WIB
    Ulama dari Mesir Syeikh Ahmad Al-Misri menjelaskan hadis tanda-tanda Hari Kiamat dalam kajian online di Masjid Raya Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, belum lama ini.
  • Bijak di Medsos untuk...
    Tausyiah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 07:01 WIB
    Dalam bermedsos orang yang sedang berpuasa seyogianya mampu menjaga lisan dengan menghindari bergunjing, ucapan tercela, atau berkata kasar yang bisa mengurangi pahala ibadah.
  • Pada Masa Pandemi, Perempuan...
    Tausyiah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 09:06 WIB
    Umat muslim, terutama kalangan perempuan, perlu menjadi sosok sociopreneurship di tengah situasi pandemi Covid-19. Pada masa sulit seperti ini banyak anggota masyarakat yang membutuhkan bantuan.
  • Hadhramaut, Negeri Wali...
    Hikmah
    Selasa, 05 Mei 2020 - 23:42 WIB
    Hadhramaut, sebuah lembah di negeri Yaman dikenal sebagai surganya ilmu dan buminya para Waliyullah. Dari sinilah lahir para ulama dan embrio penebar dakwah Islam di Nusantara.
  • Penghulu Wanita di Surga,...
    Hikmah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 16:11 WIB
    Rasulullah mengabarkan pada Fatimah, ia adalah orang pertama dari keluarganya yang akan menyusulnya. Beliau berkata: Tidakkah engkau ridha, menjadi penghulu wanita di surga?
  • Kisah Sufi: Bukti Cinta...
    Hikmah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 14:44 WIB
    Ketika tiba giliran lelaki itu Rasulullah saw mengusirnya dan menyuruhnya pergi. Lelaki itu berteriak, Ya Rasulullah, aku ini umatmu yang mencintaimu juga.
  • 3 Amalan yang Dicintai...
    Tips
    Kamis, 07 Mei 2020 - 03:20 WIB
    Tak terasa hari ini sudah memasuki hari ke-14 Ramadhan di tengah suasana pandemik. Dalam konteks puasa (shiyam) banyak amalan yang sudah dilalui (dikerjakan) oleh kaum muslimin.
  • Ibadah yang Kosong dari...
    Tausyiah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 19:28 WIB
    Jika kita mengingat Allah di saat senang, maka Allah akan mengingat kita di saat susah. Jika kita mengingat Allah di saat sehat, maka Allah akan ingat kita ketika sakit.
  • Sejarah Turunnya dan...
    Tausyiah
    Kamis, 07 Mei 2020 - 03:16 WIB
    Quraish Shihab membagi sejarah turunnya Al-Quran dalam tiga periode. Meski pada hakikatnya periode pertama dan kedua adalah kumpulan dari ayat-ayat Makkiyah.
  • Raja Minta Nasehat Agama...
    Hikmah
    Kamis, 07 Mei 2020 - 03:28 WIB
    Engkau kupanggil bukan untuk kupermainkan atau kuperangkap. Aku benar-benar memerlukan bantuanmu, kata Baginda kepada Abu Nawas dengan wajah serius.
  • Nasihat Rasulullah SAW...
    Tausyiah
    Kamis, 07 Mei 2020 - 07:30 WIB
    Filosofi hidup untuk memahami hidup ini, sejatinya kita tak membutuhkan filosof Yunani, filosof Barat maupun Timur. Cukup satu Hadis Nabi Muhammad SAW.
  • Begini Tata Cara Salat...
    Tausyiah
    Kamis, 07 Mei 2020 - 15:42 WIB
    Di tengah wabah corona, umat Islam bisa mengerjakan salat Idul Fitri di rumah masing-masing. Salat Id di rumah itu, lakukan seperti salat subuh. Begini tata caranya.