Topik Terkait: Konser Musik (halaman 3)

  • Syaikh Al-Qardhawi:...
    Tausyiah
    Rabu, 09 Agustus 2023 - 18:30 WIB
    Musik dan lagu merupakan kelezatan telinga, sebagaimana makanan yang enak itu kelezatan bagi lidah, pemandangan yang indah itu kelezatan bagi mata dan seterusnya.
  • Para Sufi Manfaatkan...
    Tausyiah
    Sabtu, 04 Juni 2022 - 19:56 WIB
    Imam al-Ghazali mengatakan para sufi memanfaatkan musik untuk membangkitkan cinta yang lebih besar kepada Allah Taala dalam diri mereka, dan dengannya mereka seringkali mendapatkan penglihatan dan kegairanan rohani.
  • Video Santri Tutup Telinga,...
    Tausyiah
    Rabu, 15 September 2021 - 19:56 WIB
    Viralnya video yang memperlihatkan santri menutup telinga mereka saat divaksin mengapungkan kembali perdebatan mengenai halal dan haramnya seni musik dan seni suara. Begini pendapat Quraish Shihab.
  • Musik dalam Pandangan...
    Tausiyah
    Senin, 03 Februari 2020 - 19:05 WIB
    Banyak yang bertanya bagaimana sebenarnya hukum musik menurut pandangan Islam? Berikut penjelasan Pengasuh Rumah Fiqih Indonesia Ustaz Ahmad Sarwat.
  • Musik sebagai Alat Dakwah...
    Hikmah
    Minggu, 03 Januari 2021 - 11:51 WIB
    Tembang-tembang yang diajarkan Raden Makdum Ibrahim adalah tembang yang berisikan ajaran agama Islam. Tanpa terasa penduduk sudah mempelajari agama Islam dengan senang hati, bukan dengan paksaan.
  • MUI DKI: Musik dan Film...
    Tausyiah
    Kamis, 10 September 2020 - 16:29 WIB
    Aktivitas dakwah ternyata tidak cukup melalui mimbar-mibar majelis taklim. Musik dan film dapat dijadikan sebagai sarana dakwah selama tidak mengandung unsur kemaksiatan.
  • Berikut Ini Daftar Sahabat...
    Tausyiah
    Senin, 14 Agustus 2023 - 20:23 WIB
    Lagu dan musik adalah boleh menurut syariat Islam. Syaikh Yusuf Al-Qardhawi mengutip Imam Syaukani dalam Nailul Authar menyampaikan banyak ulama yang berpendapat sama dengannya..
  • Hukum Musik dan Menyanyi...
    Tausyiah
    Jum'at, 07 Juni 2024 - 08:09 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan di antara hiburan yang dapat menghibur jiwa dan menenangkan hati serta mengenakkan telinga, ialah nyanyian. Hal ini dibolehkan oleh Islam.
  • Santri Tutup Telinga,...
    Tausyiah
    Rabu, 15 September 2021 - 17:23 WIB
    Belakangan viral video yang memperlihatkan santri menutup telinga mereka saat divaksin. Banyak pihak yang mengkritik mereka dan bahkan menyebut mereka radikal. Benarkah musik haram?
  • Beda Pendapat Hukum...
    Tausyiah
    Selasa, 25 Juli 2023 - 08:21 WIB
    Sebuah pertanyaan yang jawabannya banyak diperselisihkan oleh sebagian besar kaum Muslimin dan menimbulkan sikap yang berbeda-beda dari mereka akibat dari jawaban mereka yang berbeda-beda pula.
  • Syaikh Al-Qardhawi:...
    Tausyiah
    Selasa, 08 Agustus 2023 - 05:15 WIB
    Al-Qardhawi mengatakan apabila dalil-dalil yang mengharamkan itu sudah tidak berfungsi, maka yang tetap adalah bahwa hukum menyanyi itu dikembalikan pada asalnya yaitu boleh, tanpa diragukan.
  • 5 Faktor yang Membuat...
    Tausyiah
    Senin, 21 Agustus 2023 - 05:15 WIB
    Imam Al Ghazali menjelaskan beberapa faktor yang mengalihkan dari diperbolehkannya mendengar lagu menjadi tidak. Yakni meliputi lima penyebab sebagai berikut:
  • Hukum Mendengarkan Musik...
    Tausyiah
    Selasa, 20 Desember 2022 - 00:36 WIB
    Hukum mendengarkan musik di kamar mandi perlu diketahui kaum muslim. Seperti kebiasaan banyak orang sering bernyanyi di kamar mandi atau mendengarkan musik.
  • Hadis dari Sayyidah...
    Tausyiah
    Selasa, 01 Agustus 2023 - 05:15 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi menjelaskan di antara ulama yang mengharamkan bahwa musik dan lagu adalah haram bersandar pada hadis dari Sayyidah Aisyah ra. Hadis tersebut berbunyi sebagai berikut:
  • Kisah Budak Perempuan...
    Hikmah
    Minggu, 02 Oktober 2022 - 22:09 WIB
    Memainkan rebana pada momen kebahagiaan bukanlah hal terlarang karena Nabi Muhammad ? sendiri pernah membiarkan seorang budak perempuan menabuh rebana di hadapan Beliau.
  • Hukum Hiburan, Syaikh...
    Tausyiah
    Selasa, 04 Juni 2024 - 14:53 WIB
    Islam adalah agama realis, tidak tenggelam dalam dunia khayal dan lamunan. Tetapi Islam berjalan bersama manusia di atas dunia realita dan alam kenyataan, tulis Syaikh Yusuf al-Qardhawi.
  • Penggunaan Musik dan...
    Tausyiah
    Rabu, 22 Mei 2024 - 11:58 WIB
    Para sufi memanfaatkan musik untuk membangkitkan cinta yang lebih besar kepada Allah dalam diri mereka, dan dengannya mereka seringkali mendapatkan penglihatan dan kegairanan rohani.
  • Hati Itu Bisa Bosan,...
    Tausyiah
    Rabu, 05 Juni 2024 - 14:27 WIB
    Sahabat Nabi Muhammad SAW biasa bergurau, ketawa, bermain-main dan berkata yang ganjil-ganjil, karena mereka mengetahui akan kebutuhan jiwanya dan ingin memenuhi panggilan fitrah.
  • Nyanyian Haram karena...
    Tausyiah
    Jum'at, 04 Agustus 2023 - 09:08 WIB
    Mereka yang berdalil atas haramnya nyanyian wanita salah satunya karena suara wanita itu aurat. Padahal ini tidak ada dalilnya. Tidak pula ada yang mirip dengan dalil dari agama Allah bahwa suara wanita itu aurat.
  • Watak Tak Berdosa dari...
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Juni 2022 - 16:53 WIB
    Imam al-Ghazali mengatakan hati manusia diciptakan bagai sebuah batu api. Ia mengandung api yang terpijar oleh musik dan harmoni serta menawarkan kegairahan bagi orang lain, di samping dirinya.