Topik Terkait: Madura Jawa Timur (halaman 3)

  • Program Nuklir Israel...
    Dunia Islam
    Kamis, 26 Oktober 2023 - 14:55 WIB
    CIA dan para ahli lainnya di seluruh dunia percaya bahwa Israel memiliki bukan hanya senjata-senjata nuklir melainkan juga sarana-sarana untuk mengirimkannya ke jarak jauh.
  • 7 Solusi untuk Konflik...
    Dunia Islam
    Rabu, 11 Oktober 2023 - 20:14 WIB
    Berikut beberapa hal mendasar yang harus diperhatikan untuk menyelesaikan konflik Israel dan Palestina. Salah satunya memandang konflik ini sebagai isu kemanusiaan.
  • Rima Hassan: Israel...
    Dunia Islam
    Rabu, 05 Juni 2024 - 05:40 WIB
    Rima Hassan mengatakan respons Eropa dan Prancis sangat tergesa-gesa, memecah-belah dan terlibat dalam kejahatan Israel, tidak hanya pada konflik Gaza saat ini.
  • Rakyat Nusantara Memeluk...
    Dunia Islam
    Rabu, 17 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Bernard H.M. Vlekke mengatakan masyarakat Nusantara masuk Islam bukan disebabkan keyakinan, tapi disebabkan oleh motif-motif tersembunyi dan non-religius.
  • Ulama Kurdistan Ikut...
    Dunia Islam
    Selasa, 04 Oktober 2022 - 18:22 WIB
    Terdapat indikasi orang-orang Arab Yaman yang memperkenalkan kitab-kitab maulid di Indonesia. Selain itu para pendakwah dari Kurdistan juga ditengarai yang mengajarkan kasidah maulid.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Kisah Sayyid Abdul Aziz,...
    Dunia Islam
    Minggu, 16 Oktober 2022 - 11:11 WIB
    Raja Islam pertama di Nusantara adalah Sayyid Abdul Aziz. Dia adalah keturunan Nabi Muhammad SAW. Ia dilantik secara resmi menjadi Raja Kerajaan Perlak, pada tahun 1214.
  • Apakah Ada Perayaan...
    Hikmah
    Kamis, 29 Agustus 2024 - 10:25 WIB
    Apakah ada perayaan Rebo Wekasan dalam Islam? Ini adalah sebagai tradisi yang sudah identik dan melekat dengan Budaya Jawa. Konon ritual ini dilakukan sejak Sunan Giri.
  • Abul Hasan Asy-Syadzili,...
    Hikmah
    Selasa, 18 Agustus 2020 - 20:44 WIB
    Dai asal Mesir Syeikh Ahmad Al-Misri menceritakan kisah ulama besar sufi yang masyhur di dunia Timur dan Barat saat kajian di Masjid Permata Qalbu, Pos Pengumben, Jakarta Barat.
  • Kisah Raden Fatah: Pendiri...
    Dunia Islam
    Rabu, 19 Oktober 2022 - 11:32 WIB
    Raden Fatah atau Patah adalah raja pertama dan pendiri Kerajaan Islam Demak. Trah Majapahit ini lahir di Palembang yang menolak suksesi di wilayah Sumatra tersebut.
  • Dinasti Timuriyah, Kekaisaran...
    Dunia Islam
    Sabtu, 24 Desember 2022 - 07:13 WIB
    Dinasti Timuriyah adalah kekaisaran yang didirikan sisa pasukan Mongol yang masuk Islam. Ini adalah dinasti Islam Sunni. Luas wilayah yang dikuasai mencapai 4,4 juta km persegi.
  • Kisah Laksamana Cheng...
    Dunia Islam
    Selasa, 09 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Kisah Cheng Ho menyebarkan Islam di Nusantara atau Indonesia cukup membekas. Hanya saja, pada saat Cheng Ho datang ke Indonesia, masyarakat Indonesia sudah banyak yang memeluk Islam.
  • Azyumardi Azra: Para...
    Dunia Islam
    Sabtu, 13 Agustus 2022 - 15:55 WIB
    Azyumardi Azra mengatakan, para sufi pengembaralah yang secara luas menjalankan dakwah Islam. Mereka berhasil mengislamkan penduduk di Nusantara paling tidak semenjak abad ke-13.
  • Ada yang Bilang Walisongo...
    Dunia Islam
    Selasa, 18 Januari 2022 - 20:24 WIB
    Ada juga pendapat bahwa Walisongo atau setidak-tidaknya sebagian dari anggota Walisongo adalah keturunan Cina. Mungkinkan para sayyid atau syarif itu bukan dari Yaman?
  • Syarif Hidayatullah,...
    Hikmah
    Selasa, 27 April 2021 - 15:45 WIB
    Dalam usia muda Syarif Hidayatullah ditinggal mati oleh ayahnya. Ia ditunjuk untuk menggantikan kedudukannya sebagai Raja Mesir, tapi anak muda yang masih berusia 20 tahun itu menolak.
  • Kloter 1 Calhaj Jawa...
    Dunia Islam
    Selasa, 23 Mei 2023 - 15:47 WIB
    Kloter pertama calon jemaah haji (calhaj) Jawa Barat yang berasal dari Kabupaten Garut tiba di Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi, Kota Bekasi, Selasa (23/5/2023) siang. Ratusan calhaj ini selanjutnya melaksanakan pemeriksaan kesehatan dan dokumentasi terakhir sebelum berangkat ke Mekkah, Arab Saudi.
  • Syekh Subakir Meruqyah...
    Hikmah
    Selasa, 28 September 2021 - 14:41 WIB
    Syekh Subakir masuk ke tanah Jawa untuk meruqyah tanah di wilayah Indonesia ini, menyusul tewasnya 6000 keluarga muslim yang dikirim sebelumnya untuk menyebarkan Islam.
  • Jejak Panjang Tradisi...
    Hikmah
    Rabu, 19 Agustus 2020 - 08:16 WIB
    Bulan Suro adalah bulan terjadinya peperangan antara yang baik dan yang buruk, sebagaimana tampak dalam tragedi pembunuhan Sayyidina Husain bin Ali bin Abi Thalib di Karbala.
  • Kemunculan Tanduk Setan...
    Tausyiah
    Rabu, 20 Juli 2022 - 15:55 WIB
    Sebagian besar fitnah yang menimpa kaum muslimin muncul dari arah timur, dari arah keluarnya tanduk setan. Hal ini sesuai dengan yang diberitakan oleh Nabi SAW.
  • Ini Lokasi Salat Iduladha...
    Dunia Islam
    Selasa, 27 Juni 2023 - 10:04 WIB
    Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan bahwa Idul Adha 10 Zulhijah 1444 H jatuh pada Rabu, 28 Juni 2023. Menyambut momen agung ini, berikut lokasi salat Iduladha di kawasan Kota Bekasi.
  • Masjid Bibi-Khanym,...
    Dunia Islam
    Kamis, 11 Mei 2023 - 17:46 WIB
    Nama Masjid Bibi-Khanym, diambil dari nama istri Timur Lenk yang berasal dari negeri Tiongkok. Konon, sebagai lambang cintanya untuk sang permaisuri tersayang, Timur Lenk mendirikan masjid tersebut.