Topik Terkait: Malam Takbiran (halaman 3)

  • Amalan Wanita Haid untuk Malam Lailatulqadar, Amalkan Sebanyak-banyaknya!
    Muslimah
    Jum'at, 14 April 2023 - 20:45 WIB
    Ada amalan wanita haid untuk malam lailatulqadar, malam terbaik di antara malam-malam lain dalam setahun, yang beribadah di dalamnya bernilai lebih dari 1000 bulan.
  • Sering Sholat Malam, Ternyata Sangat Baik untuk Kesehatan
    Tips
    Minggu, 15 Mei 2022 - 14:57 WIB
    Qiyamul Lail atau shalat malam yang dilakukan di sepertiga malam menyimpan keagungan dan kemuliaan yang luar biasa untuk mengatasi berbagai problematika kehidupan, dari sisi kesehatan misalnya.
  • Dalil Keutamaan Membaca Surat Yasin di Malam Jumat
    Hikmah
    Kamis, 21 September 2023 - 20:11 WIB
    Bagi mayoritas muslim di Indonesia yang bermazhab Syafii, membaca Surat Yasin di malam Jumat adalah hal yang sangat dianjurkan karena banyak keutamaannya.
  • Menakjubkan! Ini Tanda-tanda Datangnya Malam Lailatulqadar
    Hikmah
    Selasa, 11 April 2023 - 04:00 WIB
    Salah satu keistimewaan bulan Ramadan ini ialah terdapat malam Lailatuladar. Tanda-tanda datangnya malam Lailatulqadar berdasaran hadis Nabi SAW yang dapat dirasakan di pagi harinya.
  • Ceramah Gus Baha Mendapatkan Malam Lailatul Qadar
    Tausyiah
    Rabu, 27 April 2022 - 03:30 WIB
    Ceramah Gus Baha mendapatkan Lailatul Qadar menarik untuk kita simak. Ulama ahli tafsir Al-Quran ini membeberkan hikmah Lailatul Qadar dan cara mendapatkannya.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Besok Malam Nisfu Syaban, Ini Amalan dan Doanya Lengkap Arab Latin
    Tips
    Senin, 06 Maret 2023 - 09:05 WIB
    Malam Nisfu Syaban memiliki fadhilah tersendiri. Malam pertengahan Syaban itu merupakan malam berkah karena turunnya ampunan dan rahmat Allah. Berikut amalan dan doanya.
  • Amalan di Malam Nuzulul Quran Berdasarkan Hadis Nabi SAW
    Tips
    Selasa, 26 Maret 2024 - 09:38 WIB
    Amalan di malam Nuzulul Quran yang paling utama adalah berdoa dan menjadi momen yang paling baik untuk berinteraksi dengan Al-Quran. Kenapa demikian?
  • Keutamaan Malam Nisfu Syaban, Ini Hadis-hadis yang Menerangkannya
    Tausyiah
    Senin, 14 Maret 2022 - 22:26 WIB
    Jumhur ulama berpendapat bahwa menghidupkan malam Nisfu Syaban hukumnya sunnah baik dengan beribadah bersama-sama atau sendiri. Berikutu keutamaannya.
  • Keutamaan Malam Nisfu Syaban Berikut Amalannya
    Tausyiah
    Kamis, 03 Maret 2022 - 21:30 WIB
    Malam Nisfu Syaban tahun ini insya Allah jatuh malam Jumat (17/3/2022) menurut kalender Islamic Global. Berikut keutamaan dan amalan yang dianjurkan.
  • Adakah Dalil Membaca Surat Yasin di Malam Jumat? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Rabu, 07 Februari 2024 - 17:07 WIB
    Dalil membaca Surat Yasin di malam Jumat ini kerap dipertanyakan oleh setiap muslim. Mengingat dalil yang shahih terkait surat dalam Al Quran yang dibaca ketika malam Jumat adalah Surah Al Kahfi.
  • Amalan Malam Nisfu Syaban, Berdoa dan Memperbanyak Membaca Surat Yasin
    Tips
    Senin, 13 Februari 2023 - 09:50 WIB
    Banyak amalan yang bisa dilakukan di malam Nisfu Syaban, salah satunya dengan berdoa dan membaca Surah Yasin. Setidaknya bacalah surat Yasin sebanyak 3 kali, 30 kali bahkan ratusan kali.
  • 2 Macam Takbiran Hari Raya Iduladha dan Dalilnya
    Tausyiah
    Selasa, 27 Juni 2023 - 12:56 WIB
    Salah satu amalan pada bulan Dzulhijjah atau tepatnya menjelang pelaksanaan salat Iduladha. Dalam kitab Fathul Qarib disebutkan bahwa takbir pada malam hari raya disunahkan
  • Bagaimana Cara Mendapatkan Malam Lailatulqadar? Begini Menurut Gus Baha
    Tausyiah
    Jum'at, 07 April 2023 - 11:35 WIB
    Bagaimana cara mendapatkan malam lailatulqadar? Malam lailatulqadar disebutkan sebagai malam yang istimewa karena malam tersebut dinilai lebih baik dari 1.000 bulan.
  • 6 Amalan di Malam Takbiran dan Hari Raya Idul Fitri
    Tausiyah
    Selasa, 12 Juni 2018 - 09:40 WIB
    Malam Idul Fitri dan Idul Adha atau dikenal dengan malam takbiran adalah malam istimewa bagi umat Islam. Para ulama sepakat agar menghidupkan malam Idul Fitri dan Idul Adha dengan salat atau amalan sunnah lainnya.
  • Doa saat Terbangun di Tengah Malam Ini Memiliki Keistimewaan Luar Biasa
    Tips
    Kamis, 05 Januari 2023 - 13:11 WIB
    Nabi Muhammad Shallallaahu alaihi wa sallam, mengajarkan sebuah doa jika kita terbangun di tengah malam, doa ini memiliki keistimewaan yang luar biasa.
  • Doa Malam Idulfitri, Waktu Mustajab untuk Bermunajat
    Tips
    Jum'at, 21 April 2023 - 23:22 WIB
    Berdoa di malam Idulfitri termasuk waktu mustajab dikabulkannya doa dan hajat. Berikut bacaan doa yang dapat dipanjatkan sebagaimana diamalkan Sayyidina Ali bin Abi Thalib.
  • Jangan Tinggalkan Doa Ini pada Waktu Malam, Fadilahnya Sangat Dahsyat
    Tausyiah
    Rabu, 14 September 2022 - 17:17 WIB
    Ketika malam tiba, ada satu amalan yang memiliki fadhilah (keutamaan) sangat dahsyat. Setelah menunaikan sholat Isya, hendaknya umat muslim membaca doa ini.
  • Lailatul Qadar: Rahasia Kata Ma Yudrika dalam Al-Quran
    Tausyiah
    Senin, 01 April 2024 - 05:15 WIB
    13 Kalimat ma adraka terulang dalam Al-Quran. 10 di antaranya mempertanyakan tentang kehebatan yang terkait dengan hari kemudian, seperti Ma adraka ma Yawm Al-Fashl, ... Al-Haqqah .. illiyyun, dan sebagainya.
  • Doa Baca Yasin 3 Kali Malam Nisfu Syaban
    Tips
    Senin, 04 Desember 2023 - 20:27 WIB
    Doa baca Yasin 3 kali malam Nisfu Syaban sangat baik diamalkan umat Islam mengingat malam Nisfu Syaban dikenal dengan Lailatul Baroah.
  • Mengikuti Kebiasaan Salat Malam yang Dilakukan Rasulullah
    Tausyiah
    Sabtu, 17 Oktober 2020 - 08:25 WIB
    Salat malam merupakan amalan para nabi. Hal yang sama juga dilakukan para sahabatnya. Sepanjang malam, Nabi Muhammad SAW mendirikan salat malam dan bermunajat kepada Allah.