Topik Terkait: Maqam Ibrahim (halaman 3)

  • Kisah Nabi Ibrahim Mengajarkan Agama Tauhid
    Hikmah
    Minggu, 19 Desember 2021 - 21:44 WIB
    Nabi Ibrahim alaihissalam sosok teladan Nabi yang sangat dihormati. Al-Quran menceritakan kisah beliau mengajarkan agama Tauhid kepada ayahnya dan kaumnya.
  • 5 Doa Nabi Ibrahim dalam Al-Quran yang Bisa Kita Amalkan
    Tausyiah
    Kamis, 23 Juni 2022 - 21:10 WIB
    Ada banyak doa Nabi Ibrahim alaihissalam diabadikan Al-Quran dan bisa kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut doanya lengkap dengan bacaan Arab dan latin.
  • Berserah Diri Pada Allah, Nabi Ibrahim Tolak Bantuan Mikail
    Hikmah
    Kamis, 23 April 2020 - 07:56 WIB
    Sebenarnya patung yang besar itulah yang melakukannya. Maka tanyakanlah kepada berhala itu, jika mereka dapat berbicara, ujar Nabi Ibrahim ketika ditanya Namrudz,
  • Simbol Ketakwaan Sejati itu Dicontohkan Ibrahim dan Ismail
    Tips
    Jum'at, 08 Juli 2022 - 18:31 WIB
    Simbol ketakwaan yang sesungguhnya kepada Allah Rabbul Alamin adalah pengorbanan Ibrahim (seorang ayah) yang menyembelih Ismail (anaknya).
  • Doa Nabi Ibrahim untuk Kedua Orang Tuanya, Yuk Amalkan!
    Tips
    Rabu, 03 Januari 2024 - 13:59 WIB
    Nabi Ibrahim alaihissalam sangat berbhakti kepada kedua orang tuanya, meskipun berbeda dalam keyakinan. Doa-doa yang dipanjatkan Nabi Ibrahim untuk orang tuanya ini diabadikan dalam Al-Quran, khususnya dalam surat Ibrahim ayat 41.
  • Doa Nabi Ibrahim agar Terhindar dari Sasaran Fitnah
    Tips
    Minggu, 01 Oktober 2023 - 07:29 WIB
    Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami (sasaran) fitnah bagi orang-orang kafir. Dan ampunilah kami, ya Tuhan kami. Sesungguhnya Engkau yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
  • Kisah Nabi Ibrahim Diusir dari Babilonia dan Menangis saat Meninggalkan Siti Hajar di Makkah
    Hikmah
    Senin, 14 Agustus 2023 - 05:25 WIB
    Amaliqa, yang menguasai wilayah-wilayah itu, menyambutnya dengan hangat dan memberikan kepadanya banyak hadiah, satu di antaranya adalah seorang budak perempuan bernama Hajar.
  • Nasihat Kepemimpinan Anwar Ibrahim yang Sarat Hikmah dan Pelajaran
    Dunia Islam
    Selasa, 10 Januari 2023 - 22:34 WIB
    Hari Senin kemarin, 9 Januari 2023, diadakan acara dialog kepemimpinan bersama Dato Dr Anwar Ibrahim, yang baru saja dilantik menjadi Perdana Menteri (PM) Malaysia.
  • Nabi Ibrahim Khitan di Usia 120 Tahun, Nabi Ismail 13 Tahun
    Hikmah
    Sabtu, 04 November 2023 - 10:10 WIB
    Nabi Ibrahim khitan saat usianya sudah sepuh yakni 120 tahun. Sedangkan Nabi Ismail dikhitan pada usia 13 tahun. Hal ini disampaikan dalam hadis yang dishahihkan oleh Ibnu Hibban dari Abu Hurairah ra.
  • Misteri Batu Ash-Shakhrah di Baitul Maqdis, Tempat Mihraj nya Rasulullah dan Tempat Nabi Ibrahim Menyembelih Putranya bagi Yahudi
    Dunia Islam
    Rabu, 18 Oktober 2023 - 16:51 WIB
    Batu Ash-Shakhrah di Baitul Maqdis jadi salah satu tempat bersejarah bagi umat Islam karena diyakini sebagai batu pijakan Nabi Muhammad SAW ketika hendak melakukan perjalanan Mihraj menuju langit.
  • Kisah Nabi Ibrahim dan Raja Namrud yang Sombong
    Hikmah
    Sabtu, 14 Desember 2019 - 05:15 WIB
    Dalam kajian rutin di Srengseng Jakarta Barat, Ulama asal Mesir Syeikh Ahmad Al-Mishri mengulas kisah Nabi Ibrahim yang menakjubkan. Nasab Beliau bersambung kepada Nabi Nuh.
  • Israel, Hamba Tuhan Keturunan Nabi Ibrahim yang Meresahkan Dunia
    Dunia Islam
    Selasa, 24 Oktober 2023 - 15:42 WIB
    Sejarah menunjukkan bahwa orang-orang Yahudi atau Bani Israil adalah sekelompok kecil manusia di jagad Allah, sejak abad sebelum masehi hingga dewasa ini, dengan mitos-mitosnya telah meresahkan dunia
  • Sejarah Kurban dan Kekayaan Nabi Ibrahim yang Mencapai 12.000 Ekor Ternak
    Hikmah
    Jum'at, 31 Juli 2020 - 19:19 WIB
    Hari ini umat Islam yang tidak berhaji merayakan Idul Adha dengan menyembelih hewan kurban. Bagaimana sebenarnya sejarah kurban hingga menjadi tradisi setiap Hari Idul Adha? Berikut ulasannya.
  • Ini Alasan Mengapa Ibrahim bin Adham Tidak Menikah
    Hikmah
    Sabtu, 23 Oktober 2021 - 14:17 WIB
    Kenapa Ibrahim bin Adham tidak menikah? Wanita mana pun yang aku nikahi akan tetap kelaparan dan telanjang. Jika pun aku dapat (menikah), aku akan menceraikan diriku sendiri, jawabnya.
  • Kisah Nabi Ibrahim, Saat Bayi Jari-Jarinya Mengeluarkan Susu, Madu, dan Keju
    Hikmah
    Kamis, 27 Januari 2022 - 12:15 WIB
    Nabi Ibrahim AS sudah mendapat mukjizat dari Allah SWT sejak bayi. Kekasih Allah ini lahir di dalam gua. Saat bayi tidak ada yang menyusuinya. Dia bertahan hidup, bahkan tumbuh secara menakjubkan.
  • Tanda-tanda Mencapai Maqam Badal Menurut Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani
    Tausyiah
    Senin, 09 November 2020 - 05:00 WIB
    Bila kau telah sampai pada kebenarannya kebenaran, yang disebut pencelupan (mahwu) atau peleburan (fana), berarti kau berada pada maqam badal yang patah hati demi Dia.
  • Nabi Ibrahim Menyuruh Nabi Ismail Ceraikan Istrinya, Ini Sebabnya
    Hikmah
    Selasa, 06 Oktober 2020 - 10:12 WIB
    Suatu ketika, Nabi Ibrahim alaihissalam datang ke Mekkah untuk mengunjungi anaknya, yaitu Nabi Ismail. Ketika itu, Nabi Ibrahim memerintahkan Nabi Ismail untuk menceraikan istrinya.
  • Ibadah Haji: 3 Prinsip Keyakinan yang Dianut Nabi Ibrahim
    Hikmah
    Kamis, 09 Mei 2024 - 12:33 WIB
    Keteladanan Nabi Ibrahim antara lain diwujudkan dalam bentuk ibadah haji dengan berkunjung ke Makkah, karena beliaulah bersama putranya Ismail yang membangun kembali fondasi-fondasi Kakbah.
  • Begini Kisah Nabi Ibrahim dalam Taurat yang Dikoreksi Hadis Nabi
    Hikmah
    Selasa, 06 Oktober 2020 - 11:39 WIB
    Apa yang disebutkan di dalam hadis tentang keadaan Hajar, habisnya air, sai Hajar di antara Shafa dan Marwah, datangnya Jibril yang memancarkan air, dan perincian-perincian lain tidaklah disinggung dalam Taurat.
  • Kisah Nabi Ibrahim Mengunjungi Makkah tapi Tak Berjumpa Ismail
    Hikmah
    Rabu, 16 Agustus 2023 - 14:20 WIB
    Pada salah satu perjalanannya, ia sampai di Makkah dan mendapatkan bahwa putranya tidak ada di rumah. Waktu itu, Ismail telah tumbuh menjadi lelaki dewasa dan telah kawin.