Topik Terkait: Maulid (halaman 5)

  • Kakbah Bergetar dan...
    Hikmah
    Jum'at, 30 September 2022 - 15:16 WIB
    Banyak peristiwa aneh terjadi tatkala Nabi Muhammad SAW lahir. Salah satunya adalah peristiwa kakbah bergetar. Konon Kakbah bergetar selama tiga hari dan berhala jatuh sujud.
  • Ulama Kurdistan Ikut...
    Dunia Islam
    Selasa, 04 Oktober 2022 - 18:22 WIB
    Terdapat indikasi orang-orang Arab Yaman yang memperkenalkan kitab-kitab maulid di Indonesia. Selain itu para pendakwah dari Kurdistan juga ditengarai yang mengajarkan kasidah maulid.
  • Teladani, Hayati dan...
    Dunia Islam
    Sabtu, 23 Oktober 2021 - 16:15 WIB
    Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW banyak hikmah dan maknanya yang bisa diambil untuk menciptakan perdamaian, persatuan, dan kecintaan terhadap sesama.
  • Kenabian Muhammad Berbeda...
    Tausyiah
    Kamis, 12 September 2024 - 14:42 WIB
    Sebelum beliau, para Nabi dan Rasul diutus untuk masyarakat dan waktu tertentu, tetapi Nabi Muhammad SAW diutus untuk seluruh manusia di setiap waktu dan tempat.
  • 11 Keutamaan Memperingati...
    Tausyiah
    Senin, 03 Oktober 2022 - 23:00 WIB
    Maulid Nabi biasanya diperingati dengan membaca sholawat, kitab Maulid, memberi makan fakir miskin dan berziarah ke makam Nabi. Berikut 11 keutamaan memperingati Maulid Nabi.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Maulid Nabi Al-Barokah...
    Tausiyah
    Senin, 09 Desember 2019 - 00:29 WIB
    Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar Pengurus DKM Mushalla Al-Barokah Srengseng Jakarta Barat, menghadirkan kiyai kharismatik asal Cirebon, Kiyai Mohamad Fariz NZ sebagai penceramah.
  • Tak Sedikit Kisah-Kisah...
    Hikmah
    Selasa, 27 September 2022 - 16:25 WIB
    Nabi Muhammad SAW dan mukjizat-mukjizatnya banyak diceritakan dalam kitab-kitab cerita Maulid. Hanya saja, tak sedikit kisah yang ditampilkan berlebihan.
  • Nabi Muhammad dalam...
    Tausyiah
    Kamis, 12 September 2024 - 08:00 WIB
    Kematian ayah beliau sebelum kelahiran, kepergiannya ke pedesaan menjauhi ibunya, serta ketidakmampuannya membaca dan menulis merupakan strategi yang dipersiapkan Tuhan kepada beliau
  • Maulid Nabi, Peringatan...
    Dunia Islam
    Sabtu, 30 September 2023 - 10:00 WIB
    Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dinilai merupakan bentuk kecintaan umat Islam terhadap Rasulullah yang menjadi penanda berakhirnya zaman jahiliyah karena membawa risalah penuntun umat manusia.
  • Nasihat Indah Ustaz...
    Tausiyah
    Jum'at, 15 November 2019 - 16:03 WIB
    Dai kondang lulusan Daarul Hadits Maroko, Ustaz Abdul Somad (UAS) memberi nasihat indah saat merayakan Maulid Nabi di Masjid Al-Ikhlas di Kompleks Garuda Cipondoh, Tangerang, Selasa (12/11/2019).
  • Maulid Nabi: Syair Pujian...
    Hikmah
    Kamis, 06 Oktober 2022 - 15:52 WIB
    Maulana Jalaluddin Rumi kerap kali melantunkan puji-pujian pada Rasulullah SAW lewat puisi dan syairnya. Dia persembahkan satu ghazal penuh untuk Nabi.
  • Ustaz Yusuf Mansur Beri...
    Hikmah
    Minggu, 29 Desember 2019 - 17:59 WIB
    Dai kondang Ustaz Kiyai Yusuf Mansur menyemangati warga muslim di Kompleks Taman Villa Meruya, Jakarta Barat, Sabtu malam (28/12/2019). Ini pesannya.
  • Keutamaan Maulid Nabi...
    Hikmah
    Senin, 26 Oktober 2020 - 09:10 WIB
    Rabiul Awal adalah bulan yang di dalamnya terdapat peristiwa agung. Allah Taala memilih Rabiul Awal sebagai bulan dilahirkannya manusia mulia Al-Musthafa Sayyidina Muhammad.
  • Meneladani Rasulullah...
    Dunia Islam
    Jum'at, 07 Oktober 2022 - 15:15 WIB
    Ketua Program Studi Magister Ilmu Al-Quran dan Tafsir Institut PTIQ, Abdul Muid Nawawi mengatakan, Rasulullah memberikan banyak keteladan berbangsa dan bernegara.
  • Inilah Keutamaan Maulid...
    Tausyiah
    Selasa, 17 September 2024 - 10:14 WIB
    Banyak keutamaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang jarang diketahui. Maulid Nabi, atau waktu kelahiran Rasulullah yakni pada 12 Rabiul Awal Tahun Gajah ini ditandai dengan banyak peristiwa dahsyat sebelumnya.
  • Cerita Gus Baha Didebat...
    Tausyiah
    Senin, 18 Oktober 2021 - 09:30 WIB
    Ulama ahli Tafsir Quran asal Rembang Gus Baha menceritakan pengalamannya ketika didebat orang Wahabi soal tanggal kelahiran Nabi Muhammad.
  • Beragam Bacaan Selawat...
    Tips
    Rabu, 11 September 2024 - 10:20 WIB
    Bacaan Selawat Nabi ada beragam macamnya, setidak ada 7 yang penting diketahui umat muslim dan dianjurkan mengamalkannya terutama di Bulan Rabiul Awal ini.
  • Detik-detik Kelahiran...
    Hikmah
    Jum'at, 07 Oktober 2022 - 23:32 WIB
    Detik-detik kelahiran Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam bukan peristiwa biasa. Alam semesta bersuka cita, semua penduduk langit dan bidadari Surga ikut bergembira.
  • Cholil Nafis: Merayakan...
    Dunia Islam
    Minggu, 07 November 2021 - 10:26 WIB
    Menurut KH Cholil Nafis perayaan Maulid Nabi merupakan ajang untuk bercermin, apakah kehidupan yang dijalani sudah sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW.
  • Cinta Tulus Para Sahabat...
    Hikmah
    Senin, 26 Oktober 2020 - 22:02 WIB
    Sungguh, tak ada kisah paling indah dan tak pernah bosan untuk diceritakan kecuali kisahnya Baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.