Topik Terkait: Membantu Orang Lemah (halaman 330)

  • Siapakah yang Dimaksud...
    Tausyiah
    Rabu, 21 Desember 2022 - 12:36 WIB
    Penafsiran kata sufaha dalam ayat tersebut dengan pengertian yang dimaksud adalah kaum wanita secara khusus, atau wanita dan anak-anak, adalah penafsiran yang lemah.
  • Zakat Tak Ada Kaitannya...
    Tausyiah
    Senin, 19 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Kiai Masdar mengatakan bicara soal zakat dikaitkan dengan pemerataan ada kesan memaksakan diri, mangada-ada! Anehnya orang tak kunjung kapok menjadikannya sebagai tema
  • Agama Warga Negara Kamboja...
    Dunia Islam
    Senin, 19 Desember 2022 - 16:25 WIB
    Kamboja adalah negara di Asia Tenggara dengan bentuk pemerintahan monarki konstitusional. Di negara ini, raja menjadi kepala negara, sedangkan kepala pemerintahan dipimpin perdana menteri.
  • Rusaknya Hati Bermula...
    Tausyiah
    Senin, 19 Desember 2022 - 22:52 WIB
    Hati adalah sesuatu yang sangat berharga. Apabila ia rusak, maka dapat menyebabkan musibah dan rusaknya amal perbuatan. Ada enam perkara yang menyebabkan rusaknya hati.
  • Kisah Muslimah Amerika...
    Dunia Islam
    Kamis, 22 Desember 2022 - 07:55 WIB
    Attallah Shabazz adalah seorang aktris, penulis, diplomat, dan pembicara motivasi Amerika. Dia putri sulung pasangan Malcolm X dan Betty Shabazz.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Bolehkah Membaca Al-Quran...
    Tips
    Kamis, 29 Desember 2022 - 21:10 WIB
    Banyak Hadis menerangkan keutamaan membaca Al-Quran, salah satunya diganjar 10 kebaikan dari satu huruf yang dibaca. Pertanyaannya, bolehkah membaca Al-Quran tanpa berwudhu?
  • 12 Nabi yang Diutus...
    Dunia Islam
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 13:21 WIB
    Ada 12 nabi yang diutus untuk kaum Bani Israil. Mereka diutus Allah Subhanahu wa taala dengan tujuan berdakwah dan menyeru manusia kembali ke jalan yang lurus.
  • Kisah Muslim Pakistan...
    Dunia Islam
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 14:54 WIB
    Keluarganya hidup dalam kebudayaan Islam. Ketika dia menyatakan minatnya untuk sekolah ke luar negeri, dia diperingatkan tentang kebobrokan moral yang harus dihindarinya di Amerika.
  • Tipu Daya dan Kejinya...
    Hikmah
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 15:04 WIB
    Tatkala Nabi Isa mulai berdakwah, pembesar Yahudi dan ulama mereka melakukan pertemuan dan musyawarah menghadapi persoalan tersebut, Mereka takut Isa akan merusak agama mereka.
  • Ketika Eropa Anggap...
    Dunia Islam
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 16:55 WIB
    John Louis Esposito mengatakan tak lama setelah Perang Salib berlalu, Eropa harus berhadapan dengan ancaman kekuatan kaum Muslim yang berupa kerajaan Utsmaniyah.
  • Kiyai Ahmad Syahrin:...
    Tausyiah
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 17:13 WIB
    Sosok istri seperti ini mungkin sangat jarang ditemui pada zaman ini. Kisahnya sangat menyentuh dan menusuk relung qalbu. Berikut kisahnya diceritakan KH Ahmad Syahrin Thoriq.
  • Ayat-ayat Al-Quran tentang...
    Muslimah
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 19:30 WIB
    Allah Subhanahu wa taala memerintahkan hamba-hambanya untuk selalu mawas diri dan menjauhi larangan-laranganNya. Caranya dengan selalu melakukan muhasabah diri
  • Asosiasi Mahad Aly Indonesia...
    Santri
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 22:43 WIB
    Asosiasi Mahad Aly Indonesia (Amali) menggelar Rakernas penguatan kurikulum dan regulasi sebagai respons atas UU Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren dan Peraturan Menteri Agama.
  • Merawat Kebhinekaan...
    Dunia Islam
    Sabtu, 24 Desember 2022 - 17:04 WIB
    Ketua Umum PB Mathlaul Anwar, KH Embay Mulya Syarief menyatakan takdir yang diberikan oleh Allah SWT berupa perbedaan merupakan rahmat bagi bangsa Indonesia.
  • Anda Ingin Berhijrah?...
    Muslimah
    Senin, 26 Desember 2022 - 10:34 WIB
    Ada keinginan untuk berhijrah? Maka, tentu ada banyak hal yang harus kita persiapkan dalam hijrah tersebut. Apa saja persiapannya?
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Senin, 26 Desember 2022 - 22:48 WIB
    Asbabun Nuzul Surat Al-Falaq berkaitan dengan sakit yang pernah dialami Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam. Surat ini memiliki keutamaan sebagai perlindungan.
  • Ilmu Tasawuf: Cabang...
    Hikmah
    Selasa, 27 Desember 2022 - 10:39 WIB
    Sebelum kita membahas ilmu tasawuf: cabang keilmuan, dasar dan bentuk ajarannya kita patut mengetahu definisi tasawuf. Harun Nasution menyebut 5 arti kata sufi dan tasawuf.
  • Penjelasan Mengapa Manusia...
    Tausyiah
    Jum'at, 30 Desember 2022 - 11:01 WIB
    Amalan kebaikan apapun yang dikerjakan manusia pasti tidak mendapatkan pahala yang maksimal di sisi Allah Subhanahu wa Taala ketika ibadah sholatnya buruk, apalagi meninggalkan sholat
  • Sebagian Ahlus Sunnah...
    Hikmah
    Rabu, 04 Januari 2023 - 13:54 WIB
    Banyak pula di antara mereka yang berusaha meluruskan dan mempertimbangkannya dengan timbangan Al-Quran dan As-Sunnah. Salah satu ulama itu adalah Ibnul Qayyim.
  • 3 Keutamaan Membaca...
    Tips
    Kamis, 05 Januari 2023 - 19:39 WIB
    Membaca Surat Ad-Dhukhan pada malam Jumat termasuk sunnah yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW di samping membaca Surat Al-Kahfi. Berikut tiga keutamaannya.