Topik Terkait: Memohon Akhlak Baik (halaman 2)

  • Kenali Akhlak Suami yang Dibenci Allah
    Muslimah
    Rabu, 17 Juni 2020 - 06:01 WIB
    Para suami perlu mengetahui perbuatan-perbuatan yang oleh Islam dikategorikan sebagai tindakan dosa suami terhadap istri sebagaimana dosa yang tak terampuni.
  • 7 Akhlak Rasulullah Terhadap Anak-anak Layak Diteladani
    Tausyiah
    Senin, 02 November 2020 - 20:03 WIB
    Anas bin Malik berkata, Aku tidak melihat ada orang yang paling penyayang kepada keluarganya daripada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.
  • Berbuat Baik Kepada Binatang
    Muslimah
    Kamis, 17 Juni 2021 - 17:49 WIB
    Berbuat baik dan menyayangi binatang adalah bagian dari ajaran Islam. Ketika berbuat baik pada hewan, maka akan mendapat ampunan Allah Taala,. Sebaliknya orang yang menzaliminya akan diancam dengan azab.
  • Ciri-ciri Orang Baik, Salah Satunya Senang Mengucapkan 3 Kata Ini
    Tausyiah
    Sabtu, 25 Desember 2021 - 21:56 WIB
    Dalam satu Hadis diterangkan bahwa yang paling banyak memasukkan seseorang ke dalam surga adalah bertakwa kepada Allah dan berbudi pekerti yang baik. Berikut ciri orang baik.
  • Doa Memohon Agar Pemimpin yang Buruk Bertobat sehingga Menjadi Baik
    Tips
    Jum'at, 09 Februari 2024 - 12:44 WIB
    Ya Allah, jadikanlah pemimpin kami orang yang baik. Berikanlah taufik kepada mereka untuk melaksanakan perkara terbaik bagi diri mereka, bagi Islam, dan kaum muslimin.
  • Berlemah Lemah Lembut Kepada Perempuan adalah Akhlak yang Mulia
    Muslimah
    Selasa, 05 Januari 2021 - 09:00 WIB
    Termasuk akhlak yang dipuji Rasulullah Shallahu alaihi wa aallam adalah akhlak sesorang laki-laki kepada perempuan. Rasulullah senantiasa memberikan wasiat agar berbuat baik kepada kaum perempuan.
  • Mengapa Menjaga Akhlak Kepada Allah Taala Begitu Penting? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Rabu, 22 Juni 2022 - 12:49 WIB
    Akhlak yang baik kepada Allah adalah ridha terhadap hukum-Nya baik secara syari maupun secara takdir. Ia menerima hal itu dengan lapang dada dan tidak mengeluh. Tidak marah dan bersedih.
  • Hadis Arbain: Allah Mahabaik dan Hanya Menerima yang Baik
    Tips
    Rabu, 15 November 2023 - 11:11 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-11 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi. Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Akhlak dan Kepribadian Istri-istri Rasulullah SAW yang Wajib Ditiru Kaum Muslimah
    Muslimah
    Selasa, 01 Februari 2022 - 15:22 WIB
    Para istri Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menjadi potret yang patut dicontoh baik sebagai seorang muslimah ataupun kedudukannya sebagai seorang istri.
  • 3 Doa Memohon Kematian Husnul Khatimah
    Tips
    Minggu, 11 September 2022 - 14:18 WIB
    Semua muslim pasti mendambakan wafat dalam keadaan husnul khatimah (akhir/penutup yang baik) dan Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam mengajarkan umatnya agar memperbanyak doa memohon husnul khatimah.
  • Baik Sangka kepada Allah, Kunci Selesainya Semua Masalah
    Tips
    Sabtu, 19 Maret 2022 - 11:40 WIB
    Seorang ulama Said bin Abdul Aziz rahimahullah berkata: Apabila engkau menghadapi suatu masalah yang engkau tak sanggup untuk mengubahnya, maka bersabarlah. Tunggulah jalan keluar dari Allah.
  • Inilah Buah dan Keutamaan Sikap Tawakkal
    Muslimah
    Sabtu, 12 September 2020 - 07:49 WIB
    Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menganjurkan umatnya untuk senantiasa bertawakkal kepada Allah Taala. Dengan bertawakkal kepada Allah setiap perbuatan akan diridhai-Nya. Bahkan, Allah Taala akan memberikan rezeki kepada orang yang bertawakkal.
  • Pemaaf, Salah Satu Sifat Mulia Nabi Muhammad SAW yang Jadi Cermin Akhlak Muslim
    Hikmah
    Minggu, 16 Juli 2023 - 10:55 WIB
    Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam adalah manusia yang paling pemaaf dan berlapang dada. Pemaaf ini juga merupakan salah satu sifat Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam
  • Hadis Arbain: Kebaikan Itu Adalah Akhlak yang Baik
    Tips
    Jum'at, 17 November 2023 - 11:13 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-27 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi . Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • 3 Macam Akhlak Penghuni Surga
    Tausyiah
    Minggu, 09 Agustus 2020 - 17:39 WIB
    Ulama besar kelahiran Khurasan, Imam Abu Laits As-Samarqandi (wafat 373 H) dalam Kitab Tanbihul Ghafilin menyebutkan tiga macam akhlak penghuni surga.
  • Doa Memohon Takdir yang Baik Lengkap dengan Artinya
    Tips
    Selasa, 23 Mei 2023 - 18:30 WIB
    Sebagai muslim, kita selalu berharap mendapatkan takdir yang baik serta mendapatkan pertolongan dari Allah taala. Dan, takdir seseorang dapat diubah menjadi lebih baik, bila kita selalu menyelipkan doa-doa yang tulus dan terus berikhtiar.
  • Doa Awal Tahun untuk Memohon Harapan dan Kebaikan Hidup
    Muslimah
    Jum'at, 01 Januari 2021 - 09:10 WIB
    Awal tahun adalah awal yang penuh harapan. Harapan dari semua hal, dan tentu saja mendapat kebaikan dalam perjalanan hidup yang akan dilalui kembali
  • Inilah 5 Kebajikan yang Harus Disegerakan
    Hikmah
    Rabu, 20 Maret 2024 - 11:08 WIB
    Dalam Islam, ada beberapa kebajikan yang harus disegerakan dan dilarang ditunda-tunda. Setidaknya ada lima kebajikan yang merupakan sunnah Rasulullah SAW tersebut. Apa saja kebajikan tersebut?
  • Potret Terbaik Pribadi Seorang Perempuan Muslimah
    Muslimah
    Kamis, 03 September 2020 - 06:56 WIB
    Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam adalah sebaik-baiknya teladan dalam kehidupan umat Islam sehari-hari. Begitu juga dengan istri yang telah dipilihnya menjadi pendamping hidup yang taat dan beribadah kepada Allah Taala.
  • Sifat Malu Adalah Kunci dari Semua Kebaikan
    Muslimah
    Rabu, 16 September 2020 - 05:52 WIB
    Di antara akhlak mulia yang wajib dimiliki oleh seorang mukmin yaitu sifat malu, baik itu malu kepada Allah maupun kepada sesama manusia. Karena malu itu adalah kunci dari semua kebaikan.