Topik Terkait: Menggulung Celana (halaman 246)

  • 3 Amalan yang Dapat...
    Tausyiah
    Rabu, 24 Agustus 2022 - 18:20 WIB
    Nafsu sering diartikan sebagai hasrat atau kecondongan hati untuk memuaskan keinginan. Apabila tidak dikawal, nafsu dapat memicu kejahatan dan maksiat.
  • Kisah Pemuka Quraisy...
    Hikmah
    Rabu, 24 Agustus 2022 - 23:32 WIB
    Suatu malam pemuka-pemuka Quraisy seperti Abu Sufyan, Abu Jahal, Al-Akhnas keluar untuk mendengarkan bacaan Nabi Muhammad shollallohu SAW yang sedang sholat malam di rumahnya.
  • Rasulullah SAW: Surat...
    Tausyiah
    Kamis, 25 Agustus 2022 - 14:59 WIB
    Barang siapa yang mendapat cobaan dari neraka Dajjal, hendaklah ia meminta pertolongan kepada Allah dan hendaklah ia membaca ayat-ayat permulaan sural Al-Kahfi, maka neraka Dajjal akan terasa sejuk.
  • Ketika Para Raja Nusantara...
    Dunia Islam
    Kamis, 25 Agustus 2022 - 14:45 WIB
    Islam Nusantara atau Islam Asia Tenggara merupakan bagian integral Islam global. Hal ini bisa dilihat dari kegigihan penguasa Nusantara yang ingin mendapatkan gelar dari penguasa Timur Tengah.
  • Idries Shah: Praktik...
    Dunia Islam
    Jum'at, 26 Agustus 2022 - 16:04 WIB
    Ada suatu kemiripan yang sangat menarik antara praktik dan pemikiran sufi dengan peribadatan tidak lazim yang menurut orang merupakan suatu tipe kultus Budhistik, yaitu Zen yang dipraktikkan di Jepang.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • 3 Golongan yang Celaka...
    Tausyiah
    Selasa, 30 Agustus 2022 - 11:10 WIB
    Semua orang tentu ingin bahagia di dunia dan akhirat. Rasulullah shollallohu alaihi wasallam mengingatkan kita tentang tiga golongan orang yang celaka.
  • 10 Peristiwa Penting...
    Hikmah
    Rabu, 31 Agustus 2022 - 21:50 WIB
    Meski tidak seagung bulan Muharram, banyak peristiwa bersejarah terjadi di bulan Safar. Safar berasal dari kata Shifr yang berarti kosong. Berikut 10 peristiwa penting di bulan Safar.
  • Kisah Menyayat Hati...
    Dunia Islam
    Senin, 15 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Para syuhada Karbala berjumlah 72 orang, 18 di antaranya adalah Bani Hasyim. Kepala mereka dipenggal dan dibawah ke Syam. Sementara mereka yang tidak syahid diperlakukan sebagai tawanan.
  • Hubungan Suami-Istri...
    Muslimah
    Selasa, 16 Agustus 2022 - 16:46 WIB
    Muamalah antara suami dengan istri yang baik adalah bagaikan pakaian yang berjalan sebagaimana fungsinya. Artinya bahwa suami dan istri adalah perhiasan dan sekaligus sebagai penutup aib di antara keduanya.
  • Rakyat Nusantara Memeluk...
    Dunia Islam
    Rabu, 17 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Bernard H.M. Vlekke mengatakan masyarakat Nusantara masuk Islam bukan disebabkan keyakinan, tapi disebabkan oleh motif-motif tersembunyi dan non-religius.
  • Awas! Berhati-hatilah...
    Tausyiah
    Rabu, 17 Agustus 2022 - 13:42 WIB
    Allah SWT berjanji akan mengabulkan doa orang-orang yang dizalimi meskipun dia adalah orang kafir sekali pun. Doa orang yang terzalimi tersebut pasti akan dikabulkan oleh Allah SWT.
  • Penciptaan Nabi Adam...
    Hikmah
    Selasa, 23 Agustus 2022 - 23:59 WIB
    Nabi Adam alaihissalam tidak dilahirkan begitu saja melainkan melalui beberapa proses tahapan penciptaan. Beliau diciptakan tanpa ayah dan ibu. Simak penjelasannya.
  • Tingkatkan SDM Santri,...
    Dunia Islam
    Rabu, 24 Agustus 2022 - 20:55 WIB
    Gedung Kolaborasi Wakaf One Pesantren One CEO resmi dibangun di lahan Wakaf Yayasan Saif Ar-Rahman di Kemang, Jakarta Selatan. Peletakan batu pertama dilakukan, Rabu (24/8/2022).
  • Kisah Tiga Orang Sakit...
    Hikmah
    Selasa, 30 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Kisah tentang orang yang terkena sakit lepra, orang berkepala botak, dan orang buta berikut ini bersumber dari hadis shahih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim.
  • Kisah Qarun: Ketika...
    Hikmah
    Kamis, 01 September 2022 - 09:00 WIB
    Nabi Musa bersujud kepada Allah SWT, setelah dirinya difitnah Qarun. Allah kemudian memerintahkan kepada bumi agar tunduk kepada perintah Nabi Musa as.
  • Sejarah Sholawat Thala...
    Hikmah
    Senin, 15 Agustus 2022 - 23:12 WIB
    Sejarah Sholawat Thala Al Badru Alaina sering dikaitkan dengan Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah. Kala itu kaum Anshor menyanyikan sholawat ini menyambut kedatangan Beliau.
  • Jangan Lupakan Kerabat,...
    Tausyiah
    Rabu, 17 Agustus 2022 - 22:11 WIB
    Menjalin silaturahim tak hanya mendatangkan manfaat di dunia, namun juga mendapat fadhilah (keutamaan) di Akhirat. Berikut tujuh fadhilah silaturahim.
  • 3 Jenis Jin Berdasarkan...
    Hikmah
    Rabu, 17 Agustus 2022 - 23:41 WIB
    Jin adalah salah satu makhluk Allah yang tak dapat dilihat oleh mata manusia. Keberadaannya ghaib namun memiliki jenis dan golongan berbeda-beda.
  • Istidraj, Inilah Cara...
    Tausyiah
    Kamis, 18 Agustus 2022 - 10:18 WIB
    Pada hakikatnya, cara Allah Taala mengabaikan seorang hamba adalah dengan memberikan istidraj. Allah Subhanahu wa Taala memberikan kenikmatan dunia yang berlimpah, sementara dia masih bergelimang dengan maksiat.
  • Nama Bayi Perempuan...
    Muslimah
    Kamis, 18 Agustus 2022 - 10:39 WIB
    Nama bayi perempuan islami banyak terinspirasi dari arti ayat-ayat Al-Quran yang bermakna dan mengandung arti kata kebaikan. Dalam Islam, memberikan nama telah ditetapkan sesuai syariat serta anjuran Nabi Muhammad SAW.