Topik Terkait: Nabi Ayyub (halaman 490)

  • Tausiyah: Jangan Melihat...
    Tausyiah
    Sabtu, 30 September 2023 - 21:23 WIB
    Sudah menjadi hal lumrah manusia cenderung melihat sesuatu dari tampilan luar. Banyak yang terlihat jelek di mata kita, ternyata justru mulia di sisi Allah.
  • Tadabbur Al-Anam Ayat...
    Hikmah
    Sabtu, 30 September 2023 - 22:13 WIB
    Tadabbur ayat kali ini membahas tentang jawaban Allah atas pertanyaan kaum musyrik Makkah mengenai kerasulan. Berikut firman Allah dalam Surat Al-Anam ayat 8.
  • Begini Pendapat Sejumlah...
    Dunia Islam
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 11:26 WIB
    Ibnu Hajar mengatakan pelaku bidah itu ada yang menjadi kafir dan fasiq. Bahwa perbuatan bidah ada yang menjadikan pelakunya kafir, ini disepakati oleh para ulama. Misalnya, (bidah) pada ajaran Rafidhah ekstrim.
  • Petarung Perempuan Amber...
    Dunia Islam
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 17:48 WIB
    Petarung MMA terkenal Amber Leibrock mengumumkan perpindahan agamanya ke Islam. Ia menyebut bahwa kedamaian dan kebahagiaan yang ia nikmati saat ini karena keyakinannya.
  • Tadabbur Surat Al-Anam...
    Tausyiah
    Sabtu, 07 Oktober 2023 - 22:22 WIB
    Tadabbur ayat kali ini mengulas tentang penciptaan manusia dari tanah dan ketetapan ajalnya yang ditentukan Allah Maha Pencipta (Al-Khaliq).
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Prof Wilson Bertanya,...
    Hikmah
    Senin, 09 Oktober 2023 - 11:24 WIB
    Islam adalah penerimaan dari suatu pandangan atau suatu keadaan yang mula-mula ditolak atau tidak diterima. Di dalam Al-Quran, Islam diartikan kerelaan dari untuk menjalankan perintah Tuhan dan mengikutinya.
  • Imam Chirri: Pemeluk...
    Hikmah
    Senin, 09 Oktober 2023 - 15:20 WIB
    Imam Mohammad Jawad Chirri mengatakan seorang yang baru memeluk agama Islam lebih beruntung daripada seorang yang sejak lahir telah menjadi Islam.
  • Shalahuddin Al Ayyubi...
    Hikmah
    Kamis, 12 Oktober 2023 - 14:29 WIB
    Pada pada hari Jumat, 27 Rajab 583 H bertepatan dengan 2 Oktober 1187, pasukan Islam yang dipimpin Shalahuddin Al Ayyubi sukses merebut Kota al-Quds dan membebaskan Baitul Maqdis.
  • Kaum Yahudi Tanamkan...
    Hikmah
    Senin, 16 Oktober 2023 - 05:30 WIB
    Orang-orang Yahudi berusaha memasukkan keraguan di hati kaum Muslimin, dengan melontarkan syubhat-syubhat yang dapat menggoyahkan keimanannya terhadap Islam
  • Bagaimana Hukum Tidur...
    Muslimah
    Senin, 05 Juni 2023 - 22:15 WIB
    Ada anjuran bahwa ketika kita tidur sebaiknya tanpa mengenakan pakaian alias telanjang. Bagaimana syariat memandang hal tersebut dan bagaimana hukumnya?
  • Kisah Ahli Ibadah dan...
    Hikmah
    Senin, 05 Juni 2023 - 23:31 WIB
    Hati-hati dengan bujuk rayu dan godaan perempuan. Berikut kisah seorang ahli ibadah yang mampu menahan godaan dan rayuan seorang perempuan cantik.
  • Jadwal Sholat Kota Medan...
    Tips
    Selasa, 06 Juni 2023 - 00:53 WIB
    Berikut jadwal sholat Kota Medan Sumatera Utara Hari ini Selasa 6 Juni 2023 bertepatan 17 Zulkaidah 1444 Hijriyah. Jadwal ini bersumber dari Bimas Islam Kementerian Agama.
  • Jadwal Salat untuk Wilayah...
    Tips
    Selasa, 06 Juni 2023 - 00:24 WIB
    Bagi umat Islam yang tinggal di Kota Surabaya dan sekitarnya, berikut ini adalah jadwal salat untuk hari Selasa, 6 Juni 2023 khusus wilayah tersebut. Jadwal salat ini bersumber dari Bimas Islam Kemenag.
  • Masyumi Uji Materi Pasal...
    Dunia Islam
    Selasa, 06 Juni 2023 - 12:10 WIB
    Partai Masyumi akan mengajukan uji materi ke MK atas Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Pasal 1765 hingga 1768 yang membolehkan bunga bank. Lalu, bagaimana riba menurut al-Quran?
  • Hukum Miqat dari Jeddah...
    Tips
    Selasa, 06 Juni 2023 - 13:45 WIB
    Wajib bagi semua jemaah haji, baik yang datang lewat udara, laut maupun darat, adalah ihram di miqat yang mereka lewati berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW ketika menentukan beberapa tempat miqat.
  • 12 Perkara yang Membatalkan...
    Tausyiah
    Rabu, 07 Juni 2023 - 23:41 WIB
    Perkara yang membatalkan sholat wajib diketahui setiap muslim. Hal ini penting dipelajari agar sholat kita diterima di sisi Allah. Berikut 12 hal yang membatalkan sholat.
  • Jemaah Haji Gelombang...
    Dunia Islam
    Rabu, 07 Juni 2023 - 23:51 WIB
    Jika jemaah haji baru mengenakan kain ihram di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, dikhawatirkan waktu yang tersedia tidak cukup.
  • Begini Makna Setan yang...
    Tausyiah
    Kamis, 08 Juni 2023 - 09:59 WIB
    Said ibnu Jubair telah meriwayatkan dari Ibnu Abbas sehubungan dengan makna firman Allah SWT dalam al-Quran surah An-Nas ayat 4 tentang setan yang biasa bersembunyi.
  • Amalan yang Lebih Baik...
    Tausyiah
    Kamis, 08 Juni 2023 - 22:17 WIB
    Di antara banyak amalan, ada satu amalan yang fadilahnya lebih baik dari mendapatkan tiga unta terbaik. Unta merah merupakan kendaraan terbaik di zaman Rasulullah SAW.
  • Wajib Bersabar Menunggu...
    Tausyiah
    Jum'at, 09 Juni 2023 - 10:49 WIB
    Semua doa pasti dikabulkan Allah Subhanahu wa Taala. Karena hal itu merupakan janji Allah sendiri. Karena itu, Imam Ibnul Jauzi heran masih ada saja seorang hamba yang berprasangka buruk kepada Allah Taala bahwa doanya tidak dikabulkan.