Topik Terkait: Pansus Haji (halaman 496)

  • Doa agar Dijauhkan dan...
    Tips
    Kamis, 08 Agustus 2024 - 11:25 WIB
    Doa agar dijauhkan dan terhindar dari riba atau harta haram ini, penting diketahui umat muslim. Dengan memperbanyak doa ini, kita memohon perlindungan Allah SWT agar tidak terjerumus dalam praktik riba.
  • Kisah Pasukan Muslim...
    Hikmah
    Selasa, 16 Juli 2024 - 14:49 WIB
    Kala itu, penjaga kota berjumlah 50.000 pasukan. Sedangkan pasukan Muslim diperkirakan hanya 12.000 orang saja. Pasukan Romawi itu sudah yakin bahwa kalau mereka kalah, kedaulatan Romawi di Mesir tamat sudah.
  • Kisah Dampak Kematian...
    Hikmah
    Selasa, 16 Juli 2024 - 14:57 WIB
    Setelah kematian Heraklius, bala bantuan Romawi ke Kota Iskandariah pun terputus. Padahal kala itu, kota ini dikepung pasukan Muslim di bawah Amr bin Ash.
  • Tragedi Karbala dan...
    Hikmah
    Rabu, 17 Juli 2024 - 05:15 WIB
    Di kalangan Syiah, hari Asyura (10 Muharram) memperoleh kedudukan yang sangat sakral dan memiliki nilai historis yang tak terlupakan karena pada hari itu Husain terbunuh.
  • Hukum Tajwid Surat Yasin...
    Tips
    Rabu, 17 Juli 2024 - 13:05 WIB
    Hukum tajwid Surat Yasin ayat 77 penting dipelajari kaum muslim. Tak sekadar menambah pengetahuan, namun juga ditujukan agar nantinya tidak keliru ketika membacanya.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • 10 Muslimah Berpengaruh...
    Dunia Islam
    Jum'at, 19 Juli 2024 - 14:19 WIB
    Berikut ini 10 muslimah berpengaruh dalam sejarah Islam. Mereka ini memainkan peran yang signifikan dalam dunia Muslim sebagai intelektual, penyair, mistikus, penguasa, dan pejuang.
  • Larangan Jilbab di Olimpiade...
    Dunia Islam
    Jum'at, 19 Juli 2024 - 16:27 WIB
    Fokus yang intens terhadap jilbab dan pakaian wanita Muslim secara umum di Prancis sering kali berkedok laicite, yakni bentuk sekularisme yang melarang simbol-simbol agama di lembaga-lembaga negara.
  • Kecam Negara-Negara...
    Dunia Islam
    Jum'at, 19 Juli 2024 - 18:56 WIB
    Houthi menganggap bantuan kepada Israel sebagai pengkhianatan terhadap perintah Tuhan dan ajaran Nabi Muhammad (SAW) serta kemunafikan yang nyata.
  • Doa-doa Pendek Setelah...
    Tips
    Sabtu, 20 Juli 2024 - 14:26 WIB
    Doa-doa pendek ini dianjurkan dibaca setelah menunaikan salat, terutama salat fardhu. Berdoa setelah salat juga termasuk amalan yang dianjurkan Nabi shallallahu alaihi wasallam.
  • Israel Mempersenjatai...
    Dunia Islam
    Minggu, 21 Juli 2024 - 05:15 WIB
    Selain melakukan genosida di Jalur Gaza yang membunuh hampir 39.000 warga sipil, Israel mempersenjatai para pemukim Yahudi di Tepi Barat. . Mereka dibantu tentara mengusir warga Palestina .
  • ICJ Macan Ompong di...
    Dunia Islam
    Minggu, 21 Juli 2024 - 05:56 WIB
    Keputusan yang dibacakan para hari Jumat 19 Juli 2024 itu oleh aktivis dan pakar hukum di Tepi Barat dianggap tidak akan banyak memperbaiki kehidupan warga Palestina.
  • Yerusalem: Kota Damai...
    Hikmah
    Senin, 22 Juli 2024 - 05:15 WIB
    Yerusalem pada waktu itu lebih berperan sebagai kota agama daripada kota perdagangan ataupun pemerintahan, karena Yahudi dan Kristen tumbuh dan berkembang di kota tersebut.
  • Perang Salib di Era...
    Hikmah
    Senin, 22 Juli 2024 - 05:38 WIB
    Perang Salib tidak terjadi secara spontan, akan tetapi benih-benih timbulnya perang tersebut telah dimulai sejak lama. Salah satu pemicu perang ini adalah karena terganggunya ritual keagamaan kaum Kristen di Yerusalem.
  • Pengin Sukses Berdagang?...
    Hikmah
    Senin, 22 Juli 2024 - 11:01 WIB
    Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam dikenal sebagai seorang pedagang yang sukses sebelum beliau diangkat sebagai Rasul Allah. Mau tahu apa rahasianya?
  • Hukum Boneka Mainan...
    Tausyiah
    Senin, 22 Juli 2024 - 13:49 WIB
    Syaikh Yusuf Al-Qardhawi mengatakan Islam tidak akan bersempit dada dan tidak menganggap suatu dosa terhadap macam daripada patung yang tidak dimaksudkan untuk diagung-agungkan.
  • Hukum Gambar dan Lukisan...
    Tausyiah
    Selasa, 23 Juli 2024 - 12:33 WIB
    Bagaimanakah hukumnya gambar-gambar dan lukisan-lukisan seni yang dilukis di lembaran-lembaran, seperti kertas, pakaian, dinding, lantai, uang dan sebagainya itu?
  • Waspada, 6 Tanda Kerusakan...
    Tausyiah
    Selasa, 23 Juli 2024 - 13:49 WIB
    Adanya perbuatan dosa, alah satunya karena terjadinya kerusakan pada hati manusia. Kerusakan hati ini, dalam syariat bisa terjadi karena berbagai faktor. Faktor apa saja dan apa penyebabnya?
  • Kisah Waria di Zaman...
    Hikmah
    Rabu, 24 Juli 2024 - 09:34 WIB
    Sosok waria (wanita pria) kembali viral, setelah seorang selegram Wanda Hara memakai cadar dan mengikuti pengajian di kelompok muslimah. Muncul pertaanyaan, bagaimana pandangan Islam terhadap masalah kelamin ganda ini?
  • Kisah Amr bin Ash Jadi...
    Hikmah
    Rabu, 24 Juli 2024 - 14:39 WIB
    Kisah Amr bin Ash menjadi tawanan perang Romawi terjadi pada saat terjadi pertempuran penaklukan Iskadaria oleh muslim di era Khalifah Umar bin Khattab.
  • Kisah Warga Palestina...
    Dunia Islam
    Kamis, 25 Juli 2024 - 05:39 WIB
    Muhammad Bhar, dibunuh oleh seekor anjing tentara Israel di siang hari bolong. Pria Palestina berusia 24 tahun yang dibunuh itu tengah menderita sindrom Down dan autisme.