Topik Terkait: Pentingnya Perempuan Menuntun Ilmu (halaman 3)

  • Tuntutlah Ilmu Walau ke Negeri China, Hadis atau Bukan?
    Tausyiah
    Minggu, 19 Juni 2022 - 17:50 WIB
    Tuntulah ilmu sekalipun di negeri China. Begitu kalimat yang disebut banyak dai sebagai hadis. Para ulama ahli hadis justru menyebut kalimat tersebut bukan hadis.
  • Begini Keutamaan Memiliki dan Merawat Anak Perempuan
    Tausyiah
    Rabu, 20 September 2023 - 14:37 WIB
    Rasulullah SAW telah menjadikan surga sebagai balasan untuk setiap bapak yang baik dalam memperlakukan anak wanitanya dan bersabar untuk mendidik mereka dan baik dalam mendidiknya.
  • Melindungi  Keistimewaan Tubuh Perempuan dari Risiko Penyakit
    Muslimah
    Senin, 17 Agustus 2020 - 17:30 WIB
    Dari sisi ilmu pengetahuan telah banyak penelitian yang menunjukkan pentingnya jilbab bagi perempuan, karena beberapa hal yang menyangkut kondisi fisik perempuan itu sendiri.
  • Jaminan Pahala Besar bagi Orang Tua dalam Mendidik Anak Perempuan
    Muslimah
    Rabu, 10 Agustus 2022 - 09:43 WIB
    Ada keutamaan bagi orang tua yang mendidik anak-anak perempuan. Bahkan, Nabi Muhammad SAW menekankan ada pahala yang besar yang akan didapat saat mendidik anak perempuan
  • Inilah 5 Dasar Akhlak Mulia
    Muslimah
    Kamis, 05 Agustus 2021 - 13:14 WIB
    Seorang muslim dituntut untuk selalu memperbaiki akhlak serta kondisi keilmuan pribadi masing-masing. Bukan hanya sekedar ilmu duniawi, lebih dari itu, yakni ilmu agama.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Keutamaan Mengajarkan Ilmu
    Muslimah
    Minggu, 26 September 2021 - 05:10 WIB
    Orang yang mengajarkan ilmu, menjadi seorang guru, baik guru dalam ilmu agama maupun ilmu dunia mempunyai keutamaan begitu besar. Sebaliknya orang yang enggan membagikan ilmu yang dimilikinya justru akan merugi.
  • Inilah Dosa Perempuan yang Tidak Memakai Hijab dan Dalil-dalilnya
    Muslimah
    Sabtu, 21 Oktober 2023 - 05:15 WIB
    Dosa perempuan muslimah yang tidak memakai hijab sangat mengerikan, bahkan disebutkan sebagai penghuni kekal neraka. Kenapa demikian?
  • Ayat-Ayat Pembebasan Perempuan dari Kezaliman Jahiliah
    Hikmah
    Jum'at, 08 September 2023 - 08:06 WIB
    Kezaliman-kezaliman ala jahiliah yang kerap menimpa perempuan, di antaranya, adalah orang tua merasa susah dan senantiasa murung jika yang dilahirkan adalah bayi perempuan,
  • Kisah Perempuan di Perang Uhud yang Mengkhawatirkan Rasulullah
    Muslimah
    Jum'at, 16 Oktober 2020 - 16:53 WIB
    Dalam perang Uhud, kaum muslimin banyak mengalami penderitaan dan kesusahan. Bahkan banyak di antara mereka yang mati syahid. Kabar ini telah sampai ke Madinah, sehingga kaum perempuan juga mengetahui berita kekalahan ini.
  • Benarkah yang Dimakan Adam dan Hawa Pohon Ilmu Pengetahuan? Begini Jawaban Imam Chirri
    Tausyiah
    Minggu, 24 Desember 2023 - 07:28 WIB
    Menurut pemikiran Islam, saya yakin bahwa pohon itu bukan pohon ilmu pengetahuan sebab pengetahuan datangnya dari pelajaran dan pengalaman, dan tidak tumbuh dari pohon.
  • Awalnya Perempuan Ini Mengira Nabi Muhammad SAW Punya Sihir
    Hikmah
    Kamis, 21 Juli 2022 - 16:37 WIB
    Nabi SAW memerintahkan untuk mengambil kedua girbah airnya yang masih kosong, kemudian mengusap mulut kedua girbah air tersebut. Semua girbah dan bejana terisi penuh dengan air.
  • 3 Tingkatan Mempelajari Ilmu Al-Quran
    Tausyiah
    Kamis, 04 November 2021 - 17:40 WIB
    Ilmu Al-Quran itu ada banyak jenisnya. Ada ilmu yang sekadar untuk bisa baca saja, tanpa hafal apalagi tahu isinya. Istilahnya ilmu tilawah atau ilmu belajar baca Quran.
  • Hati-hati Ipar Perempuan Adalah Maut
    Tausyiah
    Rabu, 18 Mei 2022 - 21:46 WIB
    Dalam Islam, ipar perempuan atau saudara ipar bukan termasuk mahram. Nabi shallallahu alaihi wasallam mengingatkan kita agar berhati-hati dalam bergaul bersama ipar.
  • 5 Alasan Harus Bersyukur, Nomor Terakhir Bikin Hidup Bahagia
    Tips
    Minggu, 06 Maret 2022 - 17:16 WIB
    Bersyukur dalam segala kondisi, baik susah maupun senang sangat dianjurkan diamalkan setiap muslim. Mengapa diharuskan bersyukur? Karena sangat banyak kenikmatan yang telah Allah Subhanahu wa taala berikan kepada kita
  • Bagaimana Kedudukan Ilmu dalam Islam? Benarkah Menuntut Ilmu Lebih Utama dari Amalan Sunnah?
    Tausyiah
    Senin, 11 September 2023 - 09:44 WIB
    Bagaimana kedudukan ilmu ini dalam Islam? Benarkah menuntut ilmu lebih utama daripada amalan-amalan sunnah? Beginilah penjelasannnya menurut Imam As Syafiii Rahimahullah.
  • 4 Resep Menuntut Ilmu dari Imam Asy-Syabi
    Tausyiah
    Sabtu, 21 Agustus 2021 - 09:05 WIB
    Dai lulusan Universitas Islam Madinah Saudi Arabia, Ustaz Budi Ashari memaparkan empat resep menuntut ilmu dari Imam Asy-Syabi (Amir bin Syurahbil).
  • Begini Kaitan Ilmu Falak dalam Penentuan Awal Waktu Sholat
    Tausyiah
    Minggu, 14 Maret 2021 - 13:02 WIB
    Dapat disimpulkan awal penentuan waktu salat itu didasarkan pada fenomena matahari sehari-hari di dalam perjalanannya dari timur ke barat, ujarnya.
  • Pelajaran dari Hadis tentang Dialog Nabi Muhammad SAW dengan Jibril bagi Para Penuntut Ilmu
    Tausyiah
    Selasa, 29 Agustus 2023 - 05:15 WIB
    Penuntut ilmu hendaknya memerhatikan kebersihan pakaiannya baik ketika menghadiri majelis ilmu, masjid, sekolah, majelis talim, dan sebagainya. Dalam hadis Rasulullah SAW pernah menyatakan:
  • Tips dan Cara Menjaga Keikhlasan Menuntut Ilmu Syari
    Tips
    Kamis, 23 November 2023 - 10:16 WIB
    Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi umat Islam, terutama mencari ilmu agama atau ilmu syari. Namun untuk menjaga keistiqamahan dan keikhlasan belajar ilmu ini tidak sekuat yang dibayangkan.
  • Julaibib dan Pengantin Perempuan
    Muslimah
    Minggu, 24 Januari 2021 - 15:02 WIB
    Seorang perempuan yang tahan memegang bara dan taat kepada Rasulullah dan Rabb-Nya. Jika datang perintah dari syariat kepada salah seorang mereka, dia taat, terima, dan tunduk.