Topik Terkait: Perang Diponegoro (halaman 13)

  • Sayyidah Shafiyah: Tawanan...
    Hikmah
    Sabtu, 07 Mei 2022 - 16:15 WIB
    Sebelum memeluk Islam, Sayyidah Shafiyah pernah menikah dengan Salam ibn Abi Haqq, kemudian dengan Kinanah ibn Abi al-Haqq, penguasa Benteng al-Qumush, benteng yang paling megah di Khaibar.
  • Ini Mengapa Kisah Tsalabah...
    Hikmah
    Senin, 22 Maret 2021 - 17:59 WIB
    Al-Albani berkata: Hadis ini mungkar, sekalipun sangat masyhur. Kecacatannya terletak pada Ali bin Yazid Al-Alhani, dia seorang yang matruk. Dan Muan juga seorang yang lemah.
  • Kisah Warga Asing yang...
    Dunia Islam
    Senin, 06 November 2023 - 06:41 WIB
    Fady Abukhousa bersama anak dan istrinya melakukan perjalanan ke Jalur Gaza beberapa minggu lalu dari Australia. Dia tidak pernah membayangkan akan terjadinya peristiwa buruk yang akan mereka alami.
  • Perang Irak di Era Khalifah...
    Hikmah
    Senin, 21 September 2020 - 13:31 WIB
    Abu Ubaid berangkat dari Madinah dengan empat ribu orang, yang dalam perjalanan kemudian anggota pasukannya bertambah jumlahnya menjadi sepuluh ribu.
  • Omong Kosong Israel...
    Dunia Islam
    Kamis, 12 Oktober 2023 - 09:45 WIB
    Israel meraih semua sasaran perangnya, di antaranya adalah didudukinya seluruh tanah Palestina, termasuk Jerusalem Timur yang milik Arab, Semenanjung Sinai milik Mesir, dan Dataran Tinggi Golan milik Syria.
  • Kisah 3 Sahabat Nabi...
    Hikmah
    Kamis, 18 Agustus 2022 - 18:13 WIB
    Tatkala Nabi berangkat dalam ekspedisi Tabuk, ada tiga orang sahabat yang enggan ikut dalam barisan pasukan Nabi, yaitu Kaab bin Malik, Hilal bin Umayyah dan Mararah bin Rabiah
  • Lari dari Perang Uhud,...
    Hikmah
    Minggu, 29 September 2024 - 05:15 WIB
    Karena Utsman tidak termasuk di antara mereka, ada beberapa orang yang telah mengecamnya dalam kekhalifahannya. Tetapi ia menjawab: Bagaimana orang mengecam saya padahal Allah sudah memaafkan saya.
  • Kisah Tragis Kekalahan...
    Hikmah
    Selasa, 30 Juli 2024 - 16:53 WIB
    Pada tahun 1097, pasukan Salib memasuki wilayah Kekhalifahan Turki Seljuk. Kala itu, Pasukan Salib menaklukkan satu per satu wilayah Islam di Eropa.
  • Inilah Sosok Sahabat...
    Hikmah
    Selasa, 04 Juli 2023 - 14:06 WIB
    Perang Uhud menunjukkan bagaimana pasukan muslim bertarung hingga titik darah penghabisan. Dari perang ini pula, muncul banyak pahlwan dari kalangan muslim, salah satunya adalah Thalhah bin Ubaidillah.
  • Ini Dia Komandan Perang...
    Hikmah
    Kamis, 06 Juni 2024 - 09:44 WIB
    Siapa sejatinya yang memimpin pembebasan Baitul Maqdis di era Khalifah Umar bin Khattab, terdapat beda pendapat di kalangan sejarawan. Ada yang menyebut Abu Ubaidah bin Jarrah, ada juga yang bilang Amr bin Ash.
  • Pohon Gharqad, Tempat...
    Hikmah
    Kamis, 02 Februari 2023 - 21:41 WIB
    Pohon Gharqad akan menjadi tempat persembunyian kaum Yahudi saat terjadinya perang akhir zaman. Pohon ini akan melindungi kaum Yahudi dari kejaran pasukan muslim.
  • Kisah Pemanah Ulung...
    Hikmah
    Kamis, 07 Desember 2023 - 20:54 WIB
    Orang-orang Nubia, bila sudah membidik dengan panah tak pernah meleset. Yang dijadikan sasaran ialah mata sampai tercungkil, sehingga orang-orang Arab menyebut mereka pemanah-pemanah ulung
  • Doa Ketika Perang yang...
    Tips
    Jum'at, 04 Maret 2022 - 23:54 WIB
    Doa ketika perang pernah dibaca Rasulullah SAW saat umat muslim diserang oleh orang-orang kafir Quraisy. Berikut lafaz doanya berikut baca latin dan artinya.
  • Siapakah Bangsa Rum?...
    Dunia Islam
    Kamis, 02 November 2023 - 05:10 WIB
    Siapakah bangsa Rum? Kaum yang akan mengkhianati umat Islam ketika terjadi perang besar di akhir zaman. Benarkah bangsa Rum (Romawi) adalah Rusia dan Eropa? Simak ulasan berikut ini.
  • Masjid Khandaq, Pelajaran...
    Dunia Islam
    Selasa, 18 Juli 2023 - 13:47 WIB
    Masjid Khandaq atau Masjid Al Ahzab merupakan salah satu destinasi bersejarah di Kota Suci Madinah. Masjid yang berjarak 2,5 kilometer dari Masjid Nabawi ini menjadi saksi bisu peristiwa perang Khandaq.
  • Apakah Perang Israel...
    Hikmah
    Selasa, 13 Agustus 2024 - 05:15 WIB
    Apakah perang Israel vs Iran tanda akhir zaman? Dr Yusuf bin Abdillah bin Yusuf al-Wabil menulis tanda-tanda kecil kiamat, di antaranya adalah kaum muslimin memerangi orang-orang Yahudi di akhir zaman.
  • Pembebasan Irak: Kisah...
    Hikmah
    Kamis, 18 Januari 2024 - 14:28 WIB
    Yang mendorong semangat orang-orang Persia berperang di Ullais itu ialah kabilah-kabilah Arab juga. Jika kabilah-kabilah ini pada suatu waktu tenang-tenang saja berarti besok mereka akan membuat tipu muslihat
  • Benarkah Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Kamis, 02 Juli 2020 - 05:00 WIB
    Pengalaman perang pertama beliau adalah pada Perang Fijar, yakni perang yang terjadi antara kabilah Quraisy dan sekutu mereka dari Bani Kinanah melawan kabilah Qais dan Aylan.
  • Kini Menginjakkan Kaki...
    Dunia Islam
    Jum'at, 05 Mei 2023 - 14:46 WIB
    Pada 20 tahun silam, sebelum Amerika Serikat dan sekutunya menghancurkan Irak, menginjakkan kaki di tanah lingkungan istana Saddam Hussein adalah di luar imajinasi terliar siapa pun.
  • Sa’ad bin Muadz (3-Habis):...
    Hikmah
    Selasa, 07 September 2021 - 14:29 WIB
    Saad bin Muadz ra syahid dalam perang khandaq. Sebelum ia syahid, Rasulullah SAW meminta dirinya untuk mengambil keputusan hukum kelompok Yahudi Bani Quraidha yang mengingkari perjanjian damai.