Topik Terkait: Perbedaan Hari Raya Idul Adha (halaman 2)

  • Cara Menabung untuk Kurban Sesuai Syariat
    Tips
    Selasa, 25 Januari 2022 - 16:00 WIB
    Kurban yang dilaksanakan pada setiap perayaan Idul Adha merupakan syiar agama dan simbol ketakwaan dan kecintaan kepada Allah Subhanahu wa taala
  • Adab dan Amalan Sunnah bagi Perempuan pada Hari Raya Idul Adha
    Muslimah
    Rabu, 29 Juli 2020 - 07:00 WIB
    Idul Adha merupakan peristiwa penting dan hari besar Islam yang penuh berkah dan kegembiraan. Oleh karena itu, saat pelaksanaan salat Ied dianjurkan dihadiri semua kaum muslim, baik tua, muda, dewasa, anak-anak, laki-laki dan perempuan.
  • Keistimewaan Hari Tasyrik, Harinya untuk Berzikir dan Menyantap Daging
    Tausyiah
    Senin, 11 Juli 2022 - 09:03 WIB
    Pada hari Tasyrik (tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah (kalender Islam), hari tersebut seluruh jemaah haji di Tanah Suci sedang melaksanakan prosesi lempar jumrah di Mina. Sedangkan , umat Islam di negeri lainnya sibuk dengan menyembelih hewan kurban.
  • 1 Zulhijjah 1442 H Ditetapkan Jatuh Pada Minggu (11/7/2021)
    Dunia Islam
    Minggu, 11 Juli 2021 - 07:43 WIB
    Pemerintah telah menetapkan 1 Zulhijah 1442 H jatuh pada Minggu (11/7/2021) hari ini. Dengan begitu, Hari Raya Idul Adha akan dilaksanakan pada Selasa, 20 Juli 2021.
  • 6 Amalan di Malam Takbiran dan Hari Raya Idul Fitri
    Tausiyah
    Selasa, 12 Juni 2018 - 09:40 WIB
    Malam Idul Fitri dan Idul Adha atau dikenal dengan malam takbiran adalah malam istimewa bagi umat Islam. Para ulama sepakat agar menghidupkan malam Idul Fitri dan Idul Adha dengan salat atau amalan sunnah lainnya.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Khutbah Idul Adha: Kurban sebagai Perwujudan Takwa
    Tausyiah
    Senin, 19 Juli 2021 - 17:29 WIB
    Naskah khutbah Idul Adha ini disusun oleh Prof Dr KH Ahmad Thib Raya, MA, guru besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Isinya antara lain mengangkat pesan penting di balik ibadah kurban.
  • Idul Adha, Ajari Anak Cinta Rasulullah dan Ahli Baitnya
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juli 2021 - 13:45 WIB
    Mengapa kisah momentum Hari Raya Idul Adha yang selalu diceritakan adalah tentang pengorbanan dan hubungan seorang ayah terhadap anak?
  • 3 Alasan Kenapa Harus Berkurban di Hari Raya Idul Adha
    Tausyiah
    Senin, 27 Juli 2020 - 17:52 WIB
    Di pengujung bulan ini bertepatan Jumat 31 Juli 2020 (10 Dzulhijjah 1441 Hijriyah) umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Ada tiga alasan kenapa kita harus berkurban di Hari Idul Adha.
  • Tajammul di Hari Raya, Inilah Adab dan Tuntunannya
    Muslimah
    Jum'at, 24 Juli 2020 - 10:10 WIB
    Salah satu tuntunan Islam ketika hari raya adalah tajammul, atau berpenampilan sebaik mungkin, pada tubuh maupun pakaian. Baik muslim dan muslimah, disunnahkan untuk memakai pakaian bagus dan terbaik yang dia miliki.
  • Khutbah Idul Adha Singkat, Dahsyatnya Pahala Berkurban
    Tausyiah
    Senin, 11 Juli 2022 - 17:47 WIB
    Umat muslim telah menunaikan salah satu ibadah mulia pada Hari Raya Idul Adha, Ahad kemarin. Berikut Khutbah Idul Adha singkat yang dapat kita jadikan iktibar.
  • Idul Adha, Kurban, dan Keteladanan Nabi Ibrahim AS (2)
    Hikmah
    Rabu, 05 Agustus 2020 - 08:10 WIB
    Nabi Ibrahim AS adalah yang meletakkan fondasi bagi kebangkitan Khaer Ummah yang menjadi representasi para nabi dan rasul dalam mengemban amanah risalah samawi ini.
  • Tata Cara Sholat Idul Fitri dan Amalan Sunnah Saat Hari Raya Ied
    Tips
    Senin, 17 April 2023 - 17:13 WIB
    Tata cara sholat Idul Fitri dikerjakan secara berjamaah. Sholat Idul Fitri sendiri adalah sholat yang dilaksanakan pada tanggal 1 Syawal tahun Hijriah setelah berakhirnya bulan Ramadan.
  • Idul Adha dan Doa Nabi Ibrahim yang Sangat Populer
    Hikmah
    Kamis, 08 Agustus 2019 - 16:22 WIB
    Menjelang Idul Adha yang jatuh pada 10 Dzulhijjah (Minggu, 11 Agustus&nbsp 2019) ini, pikiran kita akan tertuju kepada dua sosok Nabi mulia yakni Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail Alaihimas Sallam.
  • Makna Kurban Sejatinya Pangkas Sikap Intoleran dan Eksklusif
    Dunia Islam
    Kamis, 14 Juli 2022 - 11:17 WIB
    Ketua Program Studi Doktor Politik Islam-Ilmu Politik UMY, Zuly Qodir mengatakan, Idul Adha merupakan momentum untuk memangkas sikap intoleran dan ekslusif.
  • Kenapa Hari Raya Iduladha NU dan Muhammadiyah Berbeda ? Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Selasa, 13 Juni 2023 - 18:12 WIB
    Setiap tahunnya, umat Islam akan merayakan hari raya sebanyak dua kali yaitu Hari Raya Idulfitri dan Hari Raya Iduladha. Setelah merayakan Idulfitri, kini masyarakat tengah bersiap untuk menghadapi perayaan Iduladha 2023.
  • 4 Keutamaan Berkurban dalam Islam, Umat Muslim Harus Tahu
    Hikmah
    Kamis, 15 Juni 2023 - 17:17 WIB
    Terdapat empat keutamaan berkurban ketika Hari Raya Idul Adha yang perlu diketahui oleh umat muslim. Karena merupakan ibadah setahun sekali, tentunya umat Islam harus memanfaatkannya dengan baik.
  • Nasihat Buya Yahya di Hari Idul Fitri, Bergembiralah!
    Tausyiah
    Senin, 25 Mei 2020 - 21:57 WIB
    Bulan Ramadhan boleh berlalu, namun semangat untuk beribadah jangan sampai mengendur. Umat Islam harus berusaha istiqamah sebagai wujud syukur kepada Allah Taala.
  • 11 Amalan Sunnah Hari Idulfitri, Nomor 9 Cukup Populer di Indonesia
    Tausyiah
    Sabtu, 22 April 2023 - 05:05 WIB
    Menghidupkan Hari Raya Idulfitri dengan amalan sunnah merupakan perkara yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW. Berikut 11 amalan sunnah Hari Raya Idulfitri.
  • Iduladha Berbeda, Kapan Jadwal Puasa Arafah? Ini Penjelasannya
    Dunia Islam
    Minggu, 25 Juni 2023 - 05:20 WIB
    Tahun ini umat Islam di Indonesia kembali berbeda dalam merayakan Hari Raya Iduladha. Sebenarnya hal ini tak perlu diperdebatkan andai masing-masing mengerti dan memahami persoalannya.
  • Ucapkan Selamat Idul Adha 2022, Menag: Mari Kita Rayakan dengan Gembira
    Dunia Islam
    Minggu, 10 Juli 2022 - 03:48 WIB
    Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan ucapan selamat merayakan Idul Adha untuk seluruh jamaah haji dan seluruh umat Islam yang ada di Indonesia.