Topik Terkait: Politik Uang (halaman 4)

  • Kendati Banyak yang...
    Hikmah
    Senin, 20 Juli 2020 - 17:16 WIB
    Menjelang wafat, Umar bin Khattab menyampaikan wasiat kepada kaum Muslimin soal pemilihan khalifah penggantinya. Beliau melarang anak-anaknya menjadi pejabat apa pun.
  • Kebijaksanaan yang Diperjualbelikan:...
    Hikmah
    Jum'at, 10 Juli 2020 - 06:27 WIB
    Kalau benar ini Cincin Sulaiman Yang Agung, Yang Terhormat itu, berilah aku, wahai Roh Cincin, sebuah akhir yang berguna bagi kesulitan-kesulitanku, harap Saiful Muluk.
  • Al-Walid Khalifah Bani...
    Hikmah
    Kamis, 19 September 2024 - 15:52 WIB
    Kalifah Al-Walid mewarisi stabilitas politik yang memungkinkannya dapat membangun negara. Oleh sebab itu, dia memperluas Masjid Makkah, membangun Masjid Madinah.
  • Menasihati Pemimpin...
    Tausyiah
    Rabu, 14 Februari 2024 - 09:43 WIB
    Islam memiliki etika tersendiri dalam menasihati pemimpin, bahkan mempunyai kaidah-kaidah dasar yang tidak boleh dilecehkan sebab, pemimpin tidak sama dengan rakyat
  • Politik dalam Islam:...
    Tausyiah
    Rabu, 14 Februari 2024 - 09:36 WIB
    Penyair berkata: Kekuasaan yang bersanding dengan agama akan menjadi stabil, dan agama yang bersanding dengan kekuasaan akan menjadi kuat dan kokoh.
  • Istri Ambil Uang di...
    Dunia Islam
    Minggu, 19 Juni 2022 - 19:50 WIB
    Masalah demi masalah di sampaikan oleh para jamaah saat live Siraman Qolbu mamah Dedeh di Studio MNC Studio Kebon Jeruk dan terjawab langsung oleh mamah Dedeh. Program Siraman Qalbu Bersama Mamah Dedeh tayang setiap Senin Jumat dan pukul 06.00 WIB.
  • Perempuan Berpolitik:...
    Tausyiah
    Selasa, 20 Agustus 2024 - 18:27 WIB
    Apakah wanita memiliki hak-hak dalam bidang politik? Paling tidak ada tiga alasan yang sering dikemukakan sebagai larangan keterlibatan perempuan berpolitik.
  • Pengertian Ashabiyah...
    Hikmah
    Selasa, 07 Februari 2023 - 12:03 WIB
    Berikut ini pengertian ashabiyah serta hadis yang membahasnya. Secara bahasa, ashabiyah adalah kata yang mengandung arti saling menjaga dan melindungi.
  • Kisah Harun Al-Rasyid...
    Dunia Islam
    Selasa, 31 Mei 2022 - 18:25 WIB
    Pada tahun kedua, pemerintahan Khalifah Harun Al-Rasyid, wilayah Dinasti Abbasiyah mendapat rongrongan baru dengan lahirnya Dinasti Idrisiyah di Maroko dan bangkitnya Kekaisaran Carolingian di Eropa Barat.
  • Suksesi Kepemimpinan:...
    Dunia Islam
    Selasa, 25 Oktober 2022 - 16:55 WIB
    Mengapa Kaum Anshar selalu mengalah dengan Muhajirin dalam hal suksesi kepemimpinan pasca-Nabi Muhammad SAW menjadi pertanyaan menarik. Soalnya, sejak Abu Bakar Ash-Shiddiq, kepemimpinan dipegang terus kaum Muhajirin.
  • PCINU Jerman kaji konsep...
    Hikmah
    Senin, 22 Juli 2013 - 12:44 WIB
    Munir menjelaskan bahwa Prof. Quraish Shihab merupakan mufassir (Ahli tafsir) Alquran terkenal asal Indonesia. Salah satunya yang kemudian menjadi karya monumental adalah Tafsir Al Misbah. Quraish Shihab berpendapat bahwa Alquran hanya mengatur secara detail dan tegas urusan aqidah dan hal-hal yang tidak mengalami perubahan atau perkembangan.
  • Rasulullah SAW Terharu...
    Hikmah
    Jum'at, 17 September 2021 - 17:35 WIB
    Begitu mendengar cerita sang ayah yang mencuri uang anaknya, airmata Nabi SAW jatuh berlinang seperti untaian mutiara menimpa janggutnya yang suci,
  • Israel Eksploitasi Serangan...
    Dunia Islam
    Rabu, 31 Juli 2024 - 05:15 WIB
    Di X, Physicians for Human Rights Israel menyebut penundaan itu kejam dan berbahaya dan mengatakan kematian 12 orang muda di Majdal Shams tidak boleh dieksploitasi untuk motif politik yang sinis.
  • Lebih Afdhal Mana Mengeluarkan...
    Tausiyah
    Sabtu, 09 Juni 2018 - 03:35 WIB
    Seiring kemajuan zaman dan kemudahan teknologi saat ini mengharuskan para ulama mujtahid kontemporer melihat lebih banyak lagi hukum syariat yang relevan dengan persoalan kekinian.
  • Dinasti Ghaznawi, Kesultanan...
    Dunia Islam
    Kamis, 10 Maret 2022 - 09:01 WIB
    Dinasti Ghaznawi didirikan oleh Alptigin, seorang budak dari dinasti Samaniah, pada permulaan paruh kedua abad X Masehi. Mulanya ini hanyalah sebuah kerajaan kecil yang penuh intrik
  • Marwan bin Muhammad,...
    Dunia Islam
    Rabu, 16 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Hal pertama yang Marwan lakukan ketika menjabat khalifah adalah membongkar kuburan Yazid III dan menyalibnya. Hal ini ia lakukan karena Yazid III telah membunuh Walid II.
  • Kisah Khalifah Hisham,...
    Dunia Islam
    Rabu, 09 Maret 2022 - 13:55 WIB
    Khalifah kesepuluh Dinasti Umayyah, Hisham bin Abdul-Malik, dikenal sebagai khalifah yang sarat nepotisme. Keputusannya yang kontroversial adalah ketika ia mengangkat pamannya sebagai Gubernur Madinah
  • Prinsip-Prinsip Kekuasaan...
    Tausyiah
    Rabu, 10 Januari 2024 - 09:45 WIB
    Ikatan ini terjalin antara sang penguasa dengan Allah SWT di satu pihak dan dengan masyarakatnya di pihak lain. Perjanjian dengan Allah dinamai oleh-Nya dalam Al-Quran dengan ahd.
  • Politik Jihad Khalifah...
    Dunia Islam
    Rabu, 03 November 2021 - 05:15 WIB
    Angkatan laut Islam sempat moncer di era Daulah Umayyah. Namun tatlala era Daulah Abbasiyah, jihad laut seakan tenggelam, kecuali pada era Khalifah Harun Ar-Rasyid armada laut mulai menggeliat kembali.
  • Quraish Shihab: Pernikahan...
    Tausyiah
    Jum'at, 05 Juli 2024 - 14:20 WIB
    Prof Quraish Shihab mengatakan secara tegas Al-Quran memerintahkan kepada calon suami untuk membayar mahar. Hal ini tertuang dalam Al-Quran Surat An-Nisa ayat 4