Topik Terkait: Provinsi Jawa Tengah (halaman 7)

  • Sikap Norwegia Membela...
    Dunia Islam
    Senin, 27 Mei 2024 - 06:05 WIB
    Langkah diplomatik yang kuat dari Oslo menandakan dukungan bagi masyarakat di Timur Tengah dan dunia Muslim serta warga negara-negara Selatan yang menderita akibat kekerasan dan konflik yang berkepanjangan.
  • Ini Lokasi Salat Iduladha...
    Dunia Islam
    Selasa, 27 Juni 2023 - 10:04 WIB
    Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan bahwa Idul Adha 10 Zulhijah 1444 H jatuh pada Rabu, 28 Juni 2023. Menyambut momen agung ini, berikut lokasi salat Iduladha di kawasan Kota Bekasi.
  • Begini Cara Syekh Maulana...
    Hikmah
    Rabu, 06 Januari 2021 - 06:47 WIB
    Di malam keempat, sesudah melaksanakan salat sunnah hajat ditiupkan wajah sang putri tiga kali. Seketika sang putri membuka matanya dan bangkit dari tidurnya.
  • Tips Agar Senantiasa...
    Tips
    Kamis, 27 Mei 2021 - 22:55 WIB
    Umat Islam diperintahkan memperbanyak zikir agar tidak tercatat sebagai orang yang lalai. Bagaimana solusi agar dapat mendawamkan zikir di tengah kesibukan kerja?
  • Lebaran Ketupat, Peninggalan...
    Dunia Islam
    Minggu, 23 April 2023 - 06:34 WIB
    Lebaran ketupat murni berasal dari tanah Jawa, sejak pemerintahan Paku Boewono IV. Tradisi lebaran ketupat yang disertai dengan acara halalbihalal tidak ditemukan di negara lain selain di Indonesia.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Al Ain di UEA, Ibu Kota...
    Dunia Islam
    Jum'at, 09 Februari 2024 - 16:53 WIB
    Gulf Cooperation Council (GCC) atau Dewan Kerja Sama untuk Negara Arab di Kawasan Teluk telah mendeklarasikan Al Ain sebagai ibu kota pariwisata Teluk pada tahun 2025.
  • Kisah Persahabatan Shalahuddin...
    Dunia Islam
    Senin, 20 November 2023 - 18:50 WIB
    Shalahuddin Al Ayyubi biasa dikenal bangsa Barat sebagai Saladin. Ia merupakan salah seorang panglima Muslim yang cukup terkenal di eranya.
  • Ibadah Ramadhan di Tengah...
    Tausiyah
    Kamis, 09 April 2020 - 03:38 WIB
    Berdasarkan pertimbangan para ahli, virus Corona yang kini tengah mewabah masih akan berlangsung hingga Mei. Itu sebabnya PBNU memutuskan ibadan di bulan Ramadhan dilakukan di rumah.
  • ISNU Targetkan Jawa...
    Dunia Islam
    Kamis, 28 Maret 2024 - 11:58 WIB
    Potensi produk halal di Jawa Timur (Jatim) sangat besar. Melihat itu, Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jatim menargetkan provinsi ini bisa menjadi Central Halal Nasional pada 2027.
  • Di Tengah Ancaman Covid-19,...
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 10:57 WIB
    Pada kondisi saat ini umat Islam hendaknya menggalakkan sikap berbuat baik (ihsan) dan saling menolong (taawun) di antara warga masyarakat.
  • Tiba Tengah Malam, Jamaah...
    Dunia Islam
    Jum'at, 10 Juni 2022 - 11:44 WIB
    Di atas panggung itu, jamaah haji kloter 6 Embarkasi Padang kemudian mendapat siraman bunga mawar, percikan air dan terakhir diberi buah kurma.
  • Ulama Kurdistan Ikut...
    Dunia Islam
    Selasa, 04 Oktober 2022 - 18:22 WIB
    Terdapat indikasi orang-orang Arab Yaman yang memperkenalkan kitab-kitab maulid di Indonesia. Selain itu para pendakwah dari Kurdistan juga ditengarai yang mengajarkan kasidah maulid.
  • Terkumpulnya 3 Doa Mustajab...
    Tips
    Minggu, 01 Mei 2022 - 15:19 WIB
    Tahukah Anda, bahwa pada mereka yang tengah bersafar (mudik) dalam keadaan berpuasa, terkumpul keutamaan doa yang mustajab. Doa apa saja, dan apa dalilnya?
  • Komunitas Muslim Bikers...
    Hikmah
    Minggu, 05 April 2020 - 22:20 WIB
    Apa yang dilakukan Komunitas Muslim Bikers Indonesia (MBI) patut diapresiasi. Di tengah pandemi Covid-19, mereka membantu para pekerja harian di wilayah Jabodetabek.
  • Fatwa MUI Terkait Panduan...
    Dunia Islam
    Senin, 12 April 2021 - 16:05 WIB
    Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan Fatwa Nomor 24 Tahun 2021 tentang panduan penyelenggaraan ibadah bulan Ramadhan dan Syawal 1442 Hijriah.
  • Tangis Si Kecil di Tengah...
    Hikmah
    Rabu, 24 Juni 2020 - 18:10 WIB
    Ia membenarkan bahwa dirinya telah membunuh seorang jiwa ketika sang bunda bertanya apakah dirinya telah berbuat jahat atau telah membunuh orang?
  • 4 Ulama dan Dai Asal...
    Dunia Islam
    Sabtu, 18 November 2023 - 22:31 WIB
    Empat Ulama dan Dai Delegasi English for Ulama Provinsi Jawa Barat berdakwah di Inggris mempromosikan Islam yang damai dan rahmatan lilalamin kepada komunitas internasional.
  • Ini Akibat Mengerikan...
    Dunia Islam
    Kamis, 26 Oktober 2023 - 15:15 WIB
    Israel telah bertindak sebagai polisi nuklir wilayah Timur Tengah, dengan akibat-akibat yang mengerikan. Pemboman pada 1981 atas fasilitas riset nuklir Osirak milik Irak di dekat Baghdad adalah contohnya.
  • Di Tengah Wabah, Meraih...
    Tips
    Selasa, 05 Mei 2020 - 17:10 WIB
    Ibadah yang sangat galak dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW ketika masuk 10 terakhir Ramadhan ialah beritikaf. Lalu, apa ini juga jadi syarat meraih lailatul qadar?
  • Rasyid Ridha Ditanya...
    Dunia Islam
    Senin, 25 Desember 2023 - 19:16 WIB
    Hal ini menurutnya bermula dan pertanyaan seseorang dari Jawa (Indonesia) tentang hukum mengawini wanita-wanita penyembah berhala semacam orang-orang Cina (dan memakan sembelihan mereka).