Topik Terkait: Puasa Arafah (halaman 343)

  • Kisah Penaklukan Islam...
    Dunia Islam
    Minggu, 01 Januari 2023 - 08:09 WIB
    Penaklukan Islam atas semenanjung Iberia merupakan kelanjutan dari penaklukan Islam atas Afrika Utara. Penaklukan-penaklukan ini terjadi sebagai hasil dari ekspedisi-eksedisi militer.
  • Kisah Kritikus Sastra...
    Dunia Islam
    Senin, 02 Januari 2023 - 05:15 WIB
    Pada awalnya, Kolonel Donald S. Rockwell tertarik dengan Islam karena kemudahan ajaran-ajarannya. Di samping juga daya tarik dan keagungan suasana mesjid-mesjid kaum Muslimin.
  • Deretan Sahabat Nabi...
    Hikmah
    Senin, 02 Januari 2023 - 14:44 WIB
    Ketika dakwah Islam dilakukan terang-terangan di Mekkah, Nabi Muhammad SAW mengalami ujian amat berat. Bahkan para Sahabat Nabi mendapat siksaan keras dari kaum musyrik Quraisy.
  • Manfaat Membaca Surat...
    Tips
    Selasa, 03 Januari 2023 - 11:09 WIB
    Manfaat membaca surat Al Waqiah sebanyak 7 kali disertai dengan keyakinan penuh kepada Allah Subhanahu wa taala, akan mampu mendatangkan rezeki berlimpah
  • 7 Cara Terapi Hati Saat...
    Tips
    Sabtu, 07 Januari 2023 - 08:21 WIB
    Peran doa sangat dibutuhkan saat kondisi hati dan pikiran sedang gelisah, untuk menguatkan iman dan membuat hati kokoh meski seribu satu masalah datang silih berganti.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Siapa Penghuni Surga...
    Muslimah
    Senin, 09 Januari 2023 - 10:07 WIB
    Siapakah penghuni surga yang paling banyak? Ternyata kaum wanitalah yang akan menjadi penghuni terbanyak surga. Ini ditegaskan dalam hadis Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam
  • Hukum Mendengarkan Musik...
    Tausyiah
    Selasa, 20 Desember 2022 - 00:36 WIB
    Hukum mendengarkan musik di kamar mandi perlu diketahui kaum muslim. Seperti kebiasaan banyak orang sering bernyanyi di kamar mandi atau mendengarkan musik.
  • Syaikh Al-Qardhawi Kupas...
    Tausyiah
    Senin, 19 Desember 2022 - 18:03 WIB
    Sayyid Rasyid Ridha mengatakan kita bantu-membantu (tolong-menolong) mengenai apa yang kita sepakati dan bersikap toleran dalam masalah yang kita perselisihkan. Apa maksudnya?
  • Hukum Mengucapkan Selamat...
    Tausyiah
    Senin, 19 Desember 2022 - 19:30 WIB
    Hukum mengucapkan selamat natal untuk seorang Muslim adalah boleh. Prof Dr Muhammad Quraish Shihab berpendapat Al-Quran mengabadikan dan merestui ucapan selamat Natal pertama dari dan untuk Nabi Isa as.
  • Karomah Imam Syafii...
    Hikmah
    Selasa, 20 Desember 2022 - 17:19 WIB
    Di balik keluasan ilmunya, ulama bernama lengkap Abu Abdullah Muhammad bin Idris asy-Syafii ini punya karomah yang jarang diketahui umat muslim. Berikut kisahnya.
  • Benarkah Al-Quran dan...
    Tips
    Sabtu, 24 Desember 2022 - 07:57 WIB
    Al-Quran dan Hadis menyebutkan pengharaman khamar, tetapi tidak terhadap ganja dan heroin. Lalu, bagaimanakah sesungguhnya hukum syara terhadap penggunaan benda-benda tersebut?
  • Begini Cara Pandang...
    Dunia Islam
    Senin, 26 Desember 2022 - 10:20 WIB
    John Louis Esposito mengatakan kalau dogma atau doktrin merupakan ciri pernyataan penting agama Kristen, maka Islam seperti Yudaisme, menemukan pengekspresian utamanya dalam hukum.
  • Hukum Merayakan Tahun...
    Tausyiah
    Senin, 26 Desember 2022 - 21:48 WIB
    Hukum merayakan Tahun Baru Masehi bagi umat muslim terdapat khilaf di antara ulama. Pertanyaan ini selalu muncul setiap tahun dan umat Islam harus bijak menyikapinya.
  • Ayat Al-Quran yang Mengisahkan...
    Tausyiah
    Selasa, 27 Desember 2022 - 09:24 WIB
    Ayat Al-Quran yang mengisahkan Nabi Isa alaihissalam akan turun kembali pada Hari Kiamat secara spesifik terdapat pada Surat An-Nisa ayat 159.
  • Perbedaan Barakallah...
    Tausyiah
    Jum'at, 30 Desember 2022 - 17:12 WIB
    Banyak orang mengira kalimat Barakallah dengan Tabarakallah itu sama. Padahal kedua kalimat tersebut memiliki arti dan makna yang berbeda. Simak penjelasan berikut.
  • Surat Yusuf Ayat 78:...
    Hikmah
    Jum'at, 30 Desember 2022 - 22:57 WIB
    Ketika barang milik kerajaan (gelas) ditemukan di karung Bunyamin (saudara kandung Nabi Yusuf), para saudara Nabi Yusuf memelas dan memohon agar Bunyamin tidak ditahan.
  • Bacaan Doa Awal Tahun...
    Tips
    Sabtu, 31 Desember 2022 - 14:00 WIB
    Bacaan doa awal Tahun 2023 dapat diamalkan umat muslim sebagai wujud rasa syukur. Dalam kaidah fiqih memang tidak ada doa khusus saat pergantian tahun baru.
  • Penyebab Indonesia Mayoritas...
    Dunia Islam
    Minggu, 01 Januari 2023 - 16:24 WIB
    Penyebab Indonesia mayoritas bermazhab Syafii menarik untuk diulas. Mengapa tidak Mazhab Hambali yang populer di Arab Saudi atau Mazhab Maliki yang dipakai Turki dan Asia Tengah lainnya?
  • Kompleksitas Dunia Modern...
    Tausyiah
    Senin, 02 Januari 2023 - 13:43 WIB
    Kata Islaam disebutkan beberapa kali dalam Al-Quran. Satu di antaranya adalah sesungguhnya agama (yang diterima) di sisi Allah adalah Islaam.
  • Taqlid dalam Makna Generik...
    Tausyiah
    Rabu, 04 Januari 2023 - 14:07 WIB
    Cak Nur bilang taqlid dalam makna generik yang positif merupakan dasar penumbuhan kekayaan intelektual yang integral, yakni integral dalam arti bahwa suatu bangunan tradisi intelektual memiliki akar-akar dalam sejarah.