Topik Terkait: Puasa Tarwiyah

  • Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah Berikut Fadhilahnya
    Tips
    Kamis, 07 Juli 2022 - 22:31 WIB
    Bagi umat muslim yang melaksanakan Puasa Tarwiyah besok, Jumat (8 Juli 2022), dianjurkan berniat pada malam ini. Berikut bacaan niat puasa Tarwiyah dan Arafah.
  • Niat Puasa Tarwiyah Lengkap Arab Latin
    Tips
    Senin, 19 Juni 2023 - 14:23 WIB
    Niat puasa Tarwiyah lengkap Arab Latin adalah sebagai berikut:. Nawaitu shauma ghadin an ad?i sunnati yaumit tarwiyah lillhi ta?l?. Artinya:.Aku berniat puasa sunnah Tarwiyah esok hari karena Allah SWT
  • 3 Amalan Puasa Sunah Bulan Dzulhijjah yang Fadilahnya Luar Biasa
    Tausyiah
    Selasa, 13 Juni 2023 - 20:10 WIB
    Sebentar lagi, umat Islam akan memasuki bulan Dzulhijjah, bulan mulia yang penuh keutamaan. Di bulan tersebut, ada 3 amalan puasa yang memiliki keutamaan besar.
  • Niat Puasa Arafah dan Tarwiyah Beserta Keutamaannya
    Tips
    Jum'at, 16 Juli 2021 - 08:06 WIB
    Perayaan Hari Raya Idul Adha tinggal bebeberapa hari lagi. Bagi umat muslim di seluruh dunia disunnahkan melaksanakan puasa Tarwiyah dan Arafah. Bagaimana niat dan keutamaannya?
  • Inilah Perbedaan Mendasar Puasa Arafah dan Tarwiyah
    Hikmah
    Jum'at, 23 Juni 2023 - 14:50 WIB
    Perbedaan puasa Arafah dan Tarwiyah adalah terletak pada hari dan tanggal. Puasa tarwiyah dilakukan pada tanggal 8 Dzulhijah karena pada saat itu disebut hari tarwiyah. Sedangkan puasa Arafah dilakukan pada 9 Dzulhijah, yaitu pada hari Arafah.
  • Niat Puasa Idul Adha, Tarwiyah dan Arafah
    Tips
    Senin, 04 Juli 2022 - 20:00 WIB
    Niat puasa Idul Adha dilaksakan di bulan Dzulhijah. Karena bulan ini adalah termasuk bulan yang mulia dengan berbagai amalan mulia terdapat di dalamnya. Di antaranya adalah puasa hari Tarwiyah dan puasa Arafah.
  • Hukum Menggabung Puasa Qadha Ramadhan dan Puasa Sunnah Syawal
    Tausyiah
    Senin, 16 Mei 2022 - 07:30 WIB
    Setelah puasa Ramadhan, umat muslim dianjurkan menunaikan yaitu puasa sunnah enam hari di bulan Syawal. Bolehkah menggabung niat puasa qadha dan puasa Syawal?
  • Niat Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah dan Arafah Lengkap dengan Artinya
    Tips
    Jum'at, 23 Juni 2023 - 16:17 WIB
    Niat puasa Dzulhijjah, Tarwiyah dan Arafah ini dilaksanakan di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Puasa sunah ini dianjurkan diamalkan, karena memiliki keutamaan yang luar biasa dan untuk menghidupkan amalan bulan haram (mulia) tersebut.
  • Menggabung Puasa Qadha Ramadhan dan Puasa Syawal, Berikut Niatnya
    Tausyiah
    Minggu, 16 Mei 2021 - 21:26 WIB
    Puasa merupakan termasuk ibadah paling utama dalam Islam. Puasa juga banyak mengandung kelebihan, baik itu dari segi ilmu agama ataupun ilmu kesehatan.
  • Siap-siap Melaksanakan Puasa Tarwiyah dan Arafah
    Muslimah
    Selasa, 28 Juli 2020 - 06:10 WIB
    Jika sesuai kalender Islam, maka pelaksanaan puasa tarwiyah dan arafah ini akan jatuh pada hari Rabu (29/7) dan Kamis (20/7) besok. Kedua puasa sunnah ini sangat dianjurkan, karena memiliki keistimewaan tersendiri
  • Niat Qadha Puasa Ramadhan Digabung dengan Puasa Sunnah
    Tausyiah
    Sabtu, 05 Maret 2022 - 20:55 WIB
    Bagi Anda yang Ramadhan tahun lalu tidak dapat menjalankan puasa maka diwajibkan mengqadha (mengganti) atau membayar fidyah di bulan ini. Berikut niatnya.
  • Keutamaan Puasa Rajab, Disamakan Puasa Sebulan hingga Diampuni Dosa Selama 60 Tahun
    Hikmah
    Minggu, 14 Januari 2024 - 09:51 WIB
    Keutamaan puasa Rajab banyak disebutkan dalam berbagai hadis yang diriwayatkan Imam Ahmad, Imam Abu Dawud dan Ibnu Majah
  • Bacaan Niat Puasa Harian Dzulhijjah Lengkap Latin dan Artinya
    Tips
    Selasa, 28 Juni 2022 - 21:50 WIB
    Bagi yang ingin meraih fadhilah puasa, bulan Dzulhijjah momentum terbaik untuk menunaikannya. Berikut lafaz niat puasa sunnah harian di bulan Dzulhijjah.
  • Hukum 6 Hari Puasa Syawal Saat Masih Punya Utang Puasa Ramadhan
    Tausyiah
    Rabu, 04 Mei 2022 - 16:45 WIB
    Para ulama berselisih pendapat dalam masalah, apakah boleh mendahulukan puasa sunnah (termasuk puasa enam hari di bulan Syawal) sebelum melakukan puasa qadha Ramadhan.
  • Bacaan Niat Puasa Arafah Lengkap Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Senin, 26 Juni 2023 - 18:42 WIB
    Bacaan niat puasa Arafah ini perlu diketahui umat muslim yang akan melaksanakan puasa Arafah (9 Dzulhijjah). Seperti diketahui, sebelum pelaksanaan Hari Raya Iduladha (10 Dzulhijjah), umat Islam disunahkan untuk melaksanakan puasa sunah itu.
  • Manfaat Puasa Senin Kamis dan Pahala Mengamalkannya
    Tips
    Senin, 06 September 2021 - 17:23 WIB
    Puasa Senin --Kamis merupakan puasa sunnah yang memiliki segudang manfaat. Bahkan puasa ini sangat dianjurkan Rasulullah Sholallahu Alaihi wa sallam untuk melaksanakan dan mengamalkannya secara rutin serta istiqamah.
  • Pahala Puasa Syawal 6 Hari Seperti Puasa Setahun Penuh
    Hikmah
    Senin, 22 April 2024 - 13:26 WIB
    Pahala puasa enam hari di bulan Syawal setelah berpuasa Ramadan, seolah-olah ia berpuasa setahun penuh. Mengapa demikian? Puasa enam hari di bulan Syawal setelah Ramadan hukumnya sunnah.
  • Makna Kesempurnaan Puasa Menurut Imam al-Ghazali
    Tausyiah
    Sabtu, 25 April 2020 - 02:10 WIB
    Orang yang berpuasa hendaknya juga harus menahan anggota tubuh mereka lainnya dari perkara-perkara yang dimurkai oleh Allah sehingga mencapai kesempurnaan berpuasa.
  • Hikmah di Balik Hukum Wajib Puasa Ramadan
    Hikmah
    Rabu, 06 Maret 2024 - 14:19 WIB
    Bagi umat Islam menjalankan puasa Ramadan adalah wajib. Mengapa demikian? Karena di balik hukum wajibnya puasa Ramadan, terkandung banyak hikmah yang sangat agung.
  • Puasa Sunnah Senin, Fadhillah dan Bacaan Niatnya
    Tips
    Minggu, 04 Juli 2021 - 21:12 WIB
    Puasa Sunnah Senin (shouma yaumal itsnain) adalah amalan yang sangat dicintai Allah dan Rasul-Nya. Berikut fadhillah dan bacaan niatnya.