Topik Terkait: Qadha Puasa Bagi Mayat (halaman 358)

  • 5 Doa Sebelum Membaca...
    Tips
    Selasa, 27 Desember 2022 - 11:05 WIB
    Membaca Al-Quran memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah Allah subhanahu wataala mengganjar seseorang yang membaca Al-Quran setiap huruf yang ia baca dengan pahala yang besar.
  • Penjelasan Mengapa Manusia...
    Tausyiah
    Jum'at, 30 Desember 2022 - 11:01 WIB
    Amalan kebaikan apapun yang dikerjakan manusia pasti tidak mendapatkan pahala yang maksimal di sisi Allah Subhanahu wa Taala ketika ibadah sholatnya buruk, apalagi meninggalkan sholat
  • Sebagian Ahlus Sunnah...
    Hikmah
    Rabu, 04 Januari 2023 - 13:54 WIB
    Banyak pula di antara mereka yang berusaha meluruskan dan mempertimbangkannya dengan timbangan Al-Quran dan As-Sunnah. Salah satu ulama itu adalah Ibnul Qayyim.
  • 3 Keutamaan Membaca...
    Tips
    Kamis, 05 Januari 2023 - 19:39 WIB
    Membaca Surat Ad-Dhukhan pada malam Jumat termasuk sunnah yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW di samping membaca Surat Al-Kahfi. Berikut tiga keutamaannya.
  • Tafsir Al-Mulk Ayat...
    Hikmah
    Kamis, 05 Januari 2023 - 22:45 WIB
    Pada lanjutan tafsir Al-Mulk, Nabi Muhammad SAW diperintahkan Allah untuk merespons ucapan kaum kafir sebagaimana firman-Nya dalam Surat Al-Mulk ayat 26 berikut.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Kisah Hikmah : Jangan...
    Hikmah
    Minggu, 08 Januari 2023 - 14:40 WIB
    Ada kisah ringan dari seorang shahabiyah (sahabat perempuan Nabi SAW) Asma binti Umais. Ia adalah salah seorang wanita yang pertama memeluk Islam.
  • Kisah Muslimah Amerika...
    Dunia Islam
    Rabu, 21 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Tarajee Abdur-Rahim adalah seorang mualaf Amerika Serikat. Dia dan suaminya yang sama-sama muslim mengidap AIDS. Suaminya meninggal terlebih dahulu. Dan dia tak takut mati.
  • Fadhilah Surat Yasin...
    Tausyiah
    Selasa, 20 Desember 2022 - 11:30 WIB
    Fadhilah surat Yasin ayat 82 sangat banyak. Sering membaca surah Yasin atau kalimat kun fayakun, akan memberikan banyak manfaat layaknya manfaat membaca Al Quran pada orang yang membacanya.
  • Mengapa Tidak Ada Nabi...
    Dunia Islam
    Selasa, 20 Desember 2022 - 13:21 WIB
    Semua umat muslim mempercayai bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah dan hamba-Nya. Ada pertanyaan unik, mengapa tidak ada Nabi yang diutus ke Nusantara?
  • Benarkah Perempuan Jadi...
    Muslimah
    Selasa, 20 Desember 2022 - 13:53 WIB
    Sebagian orang berprasangka buruk terhadap wanita. Mereka menganggap perempuan sebagai sumber segala bencana dan fitnah. Jika terjadi suatu bencana, mereka berkata, Periksalah kaum wanita!
  • Hukum Orang Sakit Mengharap...
    Tips
    Senin, 26 Desember 2022 - 18:58 WIB
    Orang yang sakit diperbolehkan mengeluhkan penderitaannya. Namun, tidaklah baik baginya mengharapkan kematian atau meminta kematian karena penderitaan yang dialaminya.
  • Orientalis Montgomery...
    Dunia Islam
    Rabu, 28 Desember 2022 - 14:58 WIB
    Seorang orientalis William Montgomery Watt (1909-2006), membeberkan persepsi Islam, Kristen, dan Yahudi tentang Nabi Muhammad yang telah diramalkan Bibel.
  • Nasihat yang Mesti Disampaikan...
    Tips
    Rabu, 28 Desember 2022 - 14:33 WIB
    Imam Nawawi mengatakan orang yang sedang menunggu orang yang akan meninggal dunia disukai membangkitkan harapannya kepada rahmat Allah, menganjurkannya untuk berbaik sangka kepada Allah.
  • Kisah Heroik Saifuddin...
    Dunia Islam
    Kamis, 29 Desember 2022 - 05:10 WIB
    Kisah heroik Saifuddin Al-Qutuz menghancurkan pasukan Mongol di Ain Jalut tercatat dalam sejarah Islam. Pasukan muslim berhasil mengalahkan pasukan Mongol yang dikenal sadis.
  • 5 Penyakit Hati yang...
    Muslimah
    Senin, 02 Januari 2023 - 09:47 WIB
    Beberapa perbuatan ini biasa disepelekan, padahal termasuk dalam penyakit hati yang bila dilakukan ternyata termasuk perbuatan dosa.
  • Kisah Sufi: Timur Agha...
    Hikmah
    Minggu, 08 Januari 2023 - 09:59 WIB
    Idries Shah mengatakan kisah ini dikaitkan (dalam bentuk awalnya) dengan Abu Ishak Chishti, pemimpin tarekat Darwis Menyanyi (Singing Dervishes) pada abad kesepuluh.
  • Qariah Disawer Saat...
    Dunia Islam
    Minggu, 08 Januari 2023 - 09:05 WIB
    Peristiwa Qariah disawer beberapa laki-laki saat tilawah Al-Quran pada acara Maulid Nabi di Pandeglang Banten menuai sorotan para ulama. Ini dianggap musibah dalam peradaban Islam.
  • Sifat Muslim Seperti...
    Tausyiah
    Rabu, 21 Desember 2022 - 08:22 WIB
    Kata jujur sering diidentikkan dengan ucapan atau perkataan yang jujur dari lisan kita. Sehingga dinyatakan bahwa kejujuran pada ucapan adalah bentuk kejujuran yang dikenal oleh semua umat manusia
  • Hukum Memasuki Tempat...
    Tausyiah
    Rabu, 21 Desember 2022 - 17:35 WIB
    Hukum memasuki tempat ibadah agama lain perlu diketahui oleh umat muslim. Para ulama menjelaskannya dalam berbagai sudut pandang. Berikut penjelasannya.
  • Persepsi Umum Kenabian...
    Dunia Islam
    Senin, 26 Desember 2022 - 19:59 WIB
    Bagi bangsa Arab, sejarah itu tergantung kepada tradisi oral dari mulut ke mulut. Mereka mengetahui sesuatu dalam sejarah kesukuan dan klen-klen mereka berkenaan dengan sebagian kecil generasi sebelumnya.