Topik Terkait: Satwa Liar (halaman 18)

  • Sejarah Maulid Nabi...
    Hikmah
    Jum'at, 08 November 2019 - 05:15 WIB
    Besok, Sabtu (9/11/2019) bertepatan 12 Rabiul Awal 1441 Hijriyah, umat Islam di dunia termasuk Indonesia akan memperingati hari kelahiran (maulid) manusia agung Nabi Muhammad shallalallhu alaihi wa sallam (SAW).
  • Hakikat Doa dan Rahasia...
    Tausiyah
    Jum'at, 08 November 2019 - 08:01 WIB
    Doa adalah intisari dari ibadah. Dalam Alquran, Allah memerintahkan kita untuk berdoa kepada-Nya dan Dia pasti mengabulkannya.
  • Mukjizat Nabi SAW Menerangi...
    Hikmah
    Jum'at, 08 November 2019 - 16:51 WIB
    Kisah Nabi Muhammad SAW dan keagungannya tak pernah bosan untuk dipelajari dan diceritakan. Selain kemuliaan akhlak, Rasulullah juga memiliki mukjizat yang membuat sahabat takjub.
  • Doa yang Diajarkan Nabi...
    Tausiyah
    Sabtu, 09 November 2019 - 08:01 WIB
    Dalam Kitab Al-Hikam, Syeikh Ibnu Athoillah As-Sakandariy (wafat 1309) mengulas tentang amal, tawakkal dan makrifat. Beliau menukil hadits berisi doa yang diajarkan Rasulullah SAW agat tetap tawakkal.
  • Kisah Rasulullah dan...
    Hikmah
    Minggu, 10 November 2019 - 05:15 WIB
    Ikhlas adalah salah satu syarat diterimanya ibadah. Bahkan para ulama mengatakan, ruhnya amal adalah ikhlas.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Cara Menjaga Diri dan...
    Tausiyah
    Senin, 11 November 2019 - 19:51 WIB
    Dalam kajian bulanannya, Ustaz Rahmat Baequni menyampaikan cara bagaimana menjaga diri dan keluarga dari fitnah akhir zaman di Masjid Nurul Izzah, Ciater, Tangerang Selatan.
  • Kisah Abu Hanifah Kecil...
    Hikmah
    Selasa, 12 November 2019 - 18:56 WIB
    Ada satu kisah menarik disampaikan Habib Quraisy Baharun (pimpinan Ponpes As-Shidqu Kuningan) yang mengingatkan kita betapa kesombongan sangat dibenci Allah Taala.
  • 40 Hadis Amalan Ringan...
    Tausiyah
    Rabu, 13 November 2019 - 07:30 WIB
    Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk menghidupkan amalan-amalan sunnah karena di dalamnya banyak keutamaan. Berikut hadis-hadis amalan ringan berpahala besar.
  • 40 Hadis Amalan Ringan...
    Tausiyah
    Kamis, 14 November 2019 - 07:30 WIB
    Mengerjakan amalan-amalan sunnah termasuk ibadah mulia yang bisa mengantarkan seseorang masuk surga atas izin Allah Taala. Berikut lanjutan hadis amalan ringan berpalah besar.
  • Hukum Cadar dan Celana...
    Tausiyah
    Kamis, 14 November 2019 - 17:19 WIB
    Cadar dan celana cingkrang sempat ramai diperbincangkan menyusul adanya wacana pelarangan oleh pejabat Kemenag belum lama ini. Bagaimana sebenarnya hukum memakai cadar dan celana cingkrang?
  • Kisah Syeikh Muhammad...
    Hikmah
    Kamis, 14 November 2019 - 18:52 WIB
    Islam mengajarkan untuk tidak berharap selain kepada Allah Taala. Sebab barangsiapa yang menggantungkan nasib kepada sesuatu selain Allah, ia akan tertipu dan kecewa.
  • Dokter Zaidul Akbar...
    Tausiyah
    Jum'at, 15 November 2019 - 05:15 WIB
    Dokter (dr) Zaidul Akbar memberikan tips kesehatan ala Rasulullah saat mengisi kajian di Masjid Daarut Tauhiid (DT) Bandung, beberapa waktu lalu. Beliau mengajak umat Islam memperhatikan pola hidup.
  • 40 Hadis Amalan Ringan...
    Tausiyah
    Jum'at, 15 November 2019 - 14:44 WIB
    Ustaz Maulana Ahmad Faisal merangkum 40 hadis Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) tentang amalan ringan berpahala besar.
  • Nasihat Indah Ustaz...
    Tausiyah
    Jum'at, 15 November 2019 - 16:03 WIB
    Dai kondang lulusan Daarul Hadits Maroko, Ustaz Abdul Somad (UAS) memberi nasihat indah saat merayakan Maulid Nabi di Masjid Al-Ikhlas di Kompleks Garuda Cipondoh, Tangerang, Selasa (12/11/2019).
  • Dahsyatnya Kajian Spesial...
    Tausiyah
    Jum'at, 15 November 2019 - 17:42 WIB
    Tidak ada keterangan paling baik dalam Alquran dari sekian orang yang berinteraksi ilmu syariat kecuali orang yang belajar ilmu Alquran.
  • Nasihat Imam Hasan Al-Bashri...
    Hikmah
    Sabtu, 16 November 2019 - 07:35 WIB
    Nasihat adalah bagian dari syiar dan dakwah. Dalam satu hadis Nabi shallallahu alaihi wa sallam (SAW), Beliau pernah bersabda: Addiinun-nashiihah (agama itu nasihat).
  • Kisah Nabi Idris, Manusia...
    Hikmah
    Sabtu, 16 November 2019 - 05:15 WIB
    Kali ini Syeikh Ahmad Al-Mishry (ulama dari Mesir) mengulas kisah Nabi Idris alaihissalam (AS) dalam kajian rutin malam Jumat di Srengseng Jakarta Barat, (14/11/2019).
  • Inilah Nasab Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Senin, 18 November 2019 - 05:15 WIB
    Salah satu keistimewaan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) adalah memiliki garis keturunan mulia yang nasabnya tersambung hingga kepada manusia pertama Nabi Adam alaihissalam (AS).
  • Kisah Nabi Nuh dan Banjir...
    Hikmah
    Minggu, 17 November 2019 - 05:15 WIB
    Setelah selesai masa kerasulan Nabi Idris alaihissalam (AS), Allah Taala mengangkat Nabi Nuh alaihissalam (AS) untuk melanjutkan tugas kerasulan. Nabi Nuh menjadi Rasul pertama dari golongan Ulul Azmi.
  • Keistimewaan Rasulullah...
    Tausiyah
    Senin, 18 November 2019 - 14:28 WIB
    Sebagai utusan Allah, Nabi Muhammasd SAW dianugerahi banyak mukjizat dan kemuliaan yang tidak dimiliki oleh makhluk apa pun di muka bumi.