Topik Terkait: Sejarah Alquran (halaman 2)

  • Sejarah Salat, Awalnya 17 Bulan Menghadap ke Baitul Maqdis Palestina
    Hikmah
    Jum'at, 24 April 2020 - 08:23 WIB
    Menukil riwayat Imam Ahmad melalui jalur Muadz bin Jabal menceritakan pensyariatan salat, awalnya Nabi Muhammad SAW tiba di Madinah dan beliau salat selama 17 bulan menghadap arah Baitul Maqdis
  • Inilah Keutamaan Membaca Alquran
    Tausiyah
    Kamis, 31 Mei 2018 - 09:00 WIB
    Bagi Anda yang mencintai Alquran, ada baiknya simak hitungan sederhana ini. Terlebih di bulan Ramadhan, amalan membaca Alquran (tilawah) sangat dianjurkan oleh para ulama.
  • Sejarah Nuzulul Quran dan Turunnya ke Langit Dunia
    Hikmah
    Rabu, 13 April 2022 - 22:44 WIB
    Al-Quran adalah kalamullah yang hanya diturunkan kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Kitab suci ini merupakan penyempurna dari ajaran kitab-kitab sebelumnya.
  • 3 Tujuan Pokok dan Dakwah Menurut Al-Quran
    Tausyiah
    Selasa, 19 Maret 2024 - 03:00 WIB
    Quraish Shihab mengatakan dari sejarah diturunkannya Al-Quran, dapat diambil kesimpulan bahwa Al-Quran mempunyai tiga tujuan pokok. Salah satunya petunjuk akidah dan kepercayaan.
  • Dinasti Mamluk: Sejarah, Perluasan Wilayah dan Keruntuhan
    Hikmah
    Selasa, 10 Januari 2023 - 22:59 WIB
    Dinasti Mamluk atau Mamalik merupakan salah satu dinasti berpengaruh dalam sejarah peradaban Islam, khususnya di wilayah Mesir dan sekitarnya.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Sejarah Kurban dan Kekayaan Nabi Ibrahim yang Mencapai 12.000 Ekor Ternak
    Hikmah
    Jum'at, 31 Juli 2020 - 19:19 WIB
    Hari ini umat Islam yang tidak berhaji merayakan Idul Adha dengan menyembelih hewan kurban. Bagaimana sebenarnya sejarah kurban hingga menjadi tradisi setiap Hari Idul Adha? Berikut ulasannya.
  • Yayasan Muslim Sinarmas Bersinergi dengan ICMI Wakafkan 2.000 Mushaf Alquran
    Dunia Islam
    Minggu, 26 Maret 2023 - 10:08 WIB
    Alquran merupakan kitab suci umat Islam dan sangat dibutuhkan, apalagi di bulan suci Ramadan. Bertadarus Alquran sambil memaknai arti dan makna dari isi itu.
  • Sejarah Perang Khandaq: 3.000 Muslim Pukul Mundur 10.000 Pasukan Kafir
    Hikmah
    Selasa, 10 Januari 2023 - 14:46 WIB
    Sejarah Perang Khandaq menorehkan citra positif bagi umat Islam, kala itu. Perang ini juga dikenal sebagai Pertempuran Al-Ahzab dan Pertempuran Konfederasi.
  • Sejarah Yatsrib Berganti Madinah, Kota yang Didoakan Rasulullah
    Hikmah
    Sabtu, 22 Januari 2022 - 17:27 WIB
    Madinah Al-Munawwarah yang berarti kota bercahaya yang merupakan tempat bersejarah bagi umat Islam. Berikut sejarah Yatsrib yang berubah nama menjadi Madinah.
  • Kisah Yazid bin Muawiyah, Putra Mahkota Pertama dalam Sejarah Kaum Muslimin
    Dunia Islam
    Kamis, 17 Februari 2022 - 18:40 WIB
    Yazid bin Muawiyah adalah putra mahkota pertama dalam sejarah kaum Muslimin. Ia lahir di dalam istana Damaskus pada tahun 25 H. Dalam masanya, Husein dan keluarganya dibunuh.
  • Tadarus Alquran luar biasa
    Tausiyah
    Rabu, 31 Juli 2013 - 07:41 WIB
    Tadarus (membaca) Alquran adalah salah satu amalan sunah utama di Bulan Ramadan. Terlebih, pada bulan suci inilah Alquran mulai diturunkan, sebagaimana firman Allah SWT: ... Bulan Ramadan yang padanya diturunkan Alquran, menjadi petunjuk bagi sekalian manusia dan menjadi keterangan yang menjelaskan, petunjuk dan pembeda antara yang benar dengan yang salah (Al Baqarah: 185)
  • Teori Gujarat Tentang Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia
    Dunia Islam
    Rabu, 10 Agustus 2022 - 09:20 WIB
    Teori Gujarat merupakan salah satu teori yang menjelaskan tentang sejarah masuknya Islam ke Indonesia. Teori ini menyebut, awal penyebaran agama Islam di Indonesia melalui para pedagang dari India muslim (Gujarat).
  • 5 Musibah Wabah Paling Besar dalam Sejarah Islam
    Hikmah
    Rabu, 18 Maret 2020 - 23:01 WIB
    Ada lima peristiwa wabah Thoun (sejenis penyakit mematikan) yang masyhur dan paling besar dalam sejarah peradaban Islam. Berikut ulasan peristiwanya.
  • Penafsiran Al-Quran yang Paling Ideal Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Rabu, 10 Mei 2023 - 16:19 WIB
    Quraish Shihab mengatakan penafsiran al-Quran yang paling ideal adalah tafsir bi almatsur, yakni yang berlandaskan ayat, hadis, dan pendapat sahabat dalam menafsirkan Al-Quran.
  • Nuzulul Quran, Berikut 3 Hafizh Paling Terkenal dalam Sejarah Islam
    Hikmah
    Senin, 18 April 2022 - 23:22 WIB
    Pada peringatan Nuzulul Quran tahun ini umat Islam perlu tahu sosok Hafizh yang berjasa menjaga Al-Quran. Ada tiga sahabat penghafal Quran paling terkenal dalam sejarah Islam.
  • Sejarah Kalender Hijriah dan Penetapan Muharam Sebagai Bulan Pertama
    Dunia Islam
    Jum'at, 21 Juli 2023 - 05:10 WIB
    Sejarah kalender Hijriah dan penetapan Muharam sebagai bulan pertama menarik untuk diketahui. Sudah menjadi tradisi, Tahun Baru Islam diperingati setiap 1 Muharam.
  • Sambut Ramadhan, Ini 5 Aplikasi Al-Quran Terbaik untuk Tilawah
    Tips
    Senin, 07 Maret 2022 - 08:50 WIB
    Ramadhan 1433 Hijriyah tinggal hitungan hari. Saatnya menyiapkan perlengkapan beribadah seperti perangkat aplikasi Al-Quran. Berikut 5 aplikasi Al-Quran terbaik.
  • Sejarah Dinar dan Dirham, Jadi Tolok Ukur dalam Menentukan Nisab Zakat
    Dunia Islam
    Senin, 13 Juni 2022 - 18:39 WIB
    Sejarah dinar dan dirham amatlah panjang dan bukan dimulai dari Islam. Meski begitu, dunia Islam menganggap dinar dan dirham sebagai mata uang yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.
  • Askar Kauny Ajarkan Metode Mudah Hafal Quran di Malaysia
    Tausyiah
    Selasa, 06 Oktober 2020 - 10:37 WIB
    Yayasan Askar Kauny menggelar pelatihan daring metode menghafal Al-Quran semudah tersenyum kepada warga Malaysia dan WNI atau diaspora yang tinggal di Malaysia akhir pekan lalu.
  • Sejarah Pensyariatan Puasa Ramadhan Ternyata Lewat 3 Tahapan
    Hikmah
    Sabtu, 19 Maret 2022 - 15:10 WIB
    Sebelum kita memasuki bulan suci Ramadhan 2022 ada baiknya kita mengetahui sejarah pensyariatan puasa. Seperti apa sejarahnya, mari simak ulasan berikut ini.