Topik Terkait: Sejarah Maulid Nabi (halaman 195)

  • Hadis yang Membahas...
    Hikmah
    Jum'at, 17 Februari 2023 - 11:08 WIB
    Tatkala Rasulullah SAW dinaikkan menghadap kepada Allah Taala, beliau bersua dengan suatu kaum yang memiliki kuku tembaga. Mereka mencakari muka dan dada mereka dengan kuku tembaga itu.
  • Bukan Malaikat dan Sahabat...
    Hikmah
    Sabtu, 25 Juni 2022 - 14:05 WIB
    Menjadi mukmin sejati tentu dambaan setiap muslim karena Allah menjanjikan mereka surga dengan segala kenikmatannya. Siapakah orang yang imannya paling menakjubkan?
  • Kisah Yazid bin Muawiyah,...
    Dunia Islam
    Kamis, 17 Februari 2022 - 18:40 WIB
    Yazid bin Muawiyah adalah putra mahkota pertama dalam sejarah kaum Muslimin. Ia lahir di dalam istana Damaskus pada tahun 25 H. Dalam masanya, Husein dan keluarganya dibunuh.
  • Kisah Syahidnya Umar...
    Hikmah
    Jum'at, 22 Mei 2020 - 08:30 WIB
    Sebelum matahari terbit hari Rabu tanggal 4 Zulhijah tahun ke-23 Hijriyyah, Khalifah Umar bin Khattab radhiallahu anhu keluar dari rumahnya hendak mengimami salat Subuh.
  • Kisah Amr bin Luhay,...
    Dunia Islam
    Selasa, 18 Januari 2022 - 05:15 WIB
    Setelah Amr bin Luhay sukses mengusir suku Jurhum dalam mengelola Kakbah, kerajinan patung di Mekkah maju pesat. Penyembahan berhala kian mewabah, bahkan Mekkah menjadi eksportir patung.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Sejarah Tahun Baru Islam,...
    Tausyiah
    Selasa, 10 Agustus 2021 - 14:41 WIB
    Tahun baru Islam atau tahun Hijriyyah belum dikenal di masa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Penetapan awal tahun baru Islam justru baru ditetapkan setelah wafatnya beliau.
  • Kisah Orang-Orang Menyatakan...
    Hikmah
    Kamis, 26 Januari 2023 - 10:59 WIB
    Tak sedikit orang-orang yang tadinya beriman menyatakan diri keluar dari Islam setelah Rasulullah SAW mengaku di-isra-kan. Abu Jahal benar-benar memanfaatkan momentum tersebut.
  • Kisah Dahsyat Kaum Tsamud...
    Hikmah
    Kamis, 22 Oktober 2020 - 14:03 WIB
    Dalam Al-Quraan dan Hadis kisah Nabi Shaleh dan Kaum Tsamud berisi peristiwa dan kejadian yang jelas lagi terperinci. Kisah ini tidak disinggung di Taurat, dan ahli kitab tidak mengetahui.
  • Makna Sabda Nabi yang...
    Tausyiah
    Kamis, 21 Oktober 2021 - 18:44 WIB
    Rasulullah SAW menjanjikan bagi mereka yang rajin silaturahmi maka akan diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya. Apa ini berarti manusia punya dua usia?
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Sabtu, 21 Januari 2023 - 05:10 WIB
    Dalam Al-Quran Surat Hud ayat 5 ini diceritakan tentang sikap orang-orang munafik yang menyembunyikan wajah mereka dari Rasulullah SAW. Berikut asbabun nuzul ayat ini.
  • 9 Mukjizat Nabi Musa...
    Tausyiah
    Rabu, 13 Desember 2023 - 10:23 WIB
    Mukjizat Nabi Musa AS yang paling dikenal oleh umat Islam mungkin adalah membelah laut merah atau mengubah tongkat menjadi ular. Padahl masih banyak mukjizat Nabi Musa yang dijelaskan dalam Al Quran.
  • Kisah Umar Menangis...
    Hikmah
    Senin, 12 Juni 2023 - 22:20 WIB
    Umar bin Khattab radhiyallahu anhu, salah satu sahabat Nabi yang memiliki banyak keutamaan. Berikut kisah Umar bin Khattab yang sarat hikmah dan pelajaran.
  • Spekulasi Mengapa Umar...
    Hikmah
    Kamis, 10 September 2020 - 15:36 WIB
    Umar cenderung tidak akan membiarkan Khalid sebagai panglima tertinggi di Syam atau di tempat lain. Oleh karenanya ia cepat-cepat mengeluarkan perintah pemecatannya.
  • Begini Doa Lengkap untuk...
    Tausyiah
    Kamis, 10 Desember 2020 - 12:48 WIB
    Segala doa atau kiriman bacaan Al-Quran akan sampai untuk orang yang telah wafat. Berikut ini adalah doa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW bagi orang yang meninggal, laki-laki maupun perempuan.
  • Kisah Hikmah : Obat...
    Hikmah
    Kamis, 16 Mei 2024 - 11:41 WIB
    Ada sebuah kisah yang penuh hikmah dari seorang sahabat Rasulullah Shallalahu alaihi wa sallam, yakni Ibnu Masud Radhiyallahuanhu. Bagaimana kisahnya?
  • Jumlah Marga Keturunan...
    Dunia Islam
    Jum'at, 30 September 2022 - 05:10 WIB
    Jumlah marga keturunan Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam ada sekitar 114 marga tersebar di berbagai negara di dunia. Berikut nama dan asal-usulnya.
  • Sahabat Nabi Banyak...
    Tausyiah
    Jum'at, 02 Agustus 2024 - 14:45 WIB
    Dalam sejarah perjalanan para sahabat Nabi, kita dapati bahwa di antara mereka itu ada yang bekerja sebagai pedagang, pertukangan, petani dan sebagainya.
  • Nasib Bani Israil Setelah...
    Hikmah
    Selasa, 16 November 2021 - 19:52 WIB
    Nasib Bani Israil memasuki babak baru pascakehancuran Firaun dan bala tentaranya. Mereka dijanjikan akan mewarisi berbagai kemuliaan,yang sebelumnya dimiliki Firaun jika mematuhi perintah Allah SWT
  • Detik-Detik Menegangkan...
    Hikmah
    Sabtu, 09 Mei 2020 - 16:44 WIB
    Di mata Quraisy akibat Muta, dipandang sebagai kehancuran buat Muslimin, sehingga tak ada lagi orang yang mau menganggap penting perjanjian dengan mereka.
  • Kisah Louis Farrakhan...
    Dunia Islam
    Rabu, 30 November 2022 - 05:15 WIB
    Louis Farrakhan yakin dirinya telah dipilih secara ketuhanan. Dia tidak melihat dengan cara bagaimana dirinya dapat berhasil jika bukan karena pilihan Tuhan dan dukungan-Nya, untuk membangun Islam di Amerika