Topik Terkait: Sejarah Tradisi Yasinan (halaman 3)

  • Inilah Asal-usul dan Sejarah Salat Tarawih di Malam Ramadan
    Tausyiah
    Rabu, 13 Maret 2024 - 09:21 WIB
    Malam-malam di bulan Ramadan diramaikan dengan amalan salat tarawih. Mengapa salat tarawih hanya ada di bulan Ramadan, dan bagaimana asal usul serta sejarahnya?
  • Sejarah Ilmu Tafsir Al-Quran, Pengertian dan Jenisnya (2)
    Hikmah
    Rabu, 14 April 2021 - 14:41 WIB
    Dalam memahami dan menafsirkan Al-Quran diperlukan bukan hanya pengetahuan bahasa Arab, tetapi juga berbagai macam ilmu pengetahuan yang menyangkut Al-Quran dan isinya.
  • Instruksi dan Tradisi Chisytiyah: Kaum Sufi Adalah Pembohong
    Hikmah
    Selasa, 13 Oktober 2020 - 15:22 WIB
    Kedudukan kaum Sufi seperti orang asing di sebuah negeri, seperti tamu di sebuah rumah. Siapa pun dalam kemampuan masing-masing berpikir pada mentalitas lokal.
  • Sejarah Nuzulul Quran, saat Dakwah Mewujudkan Prestasi Besar
    Tausyiah
    Selasa, 19 Maret 2024 - 02:00 WIB
    Sejarah nuzulul Quran atau turunnya Al-Quran terbagi dalam 2 periode. Menurut para ulama Ulum Al-Quran, periode pertama adalah periode sebelum hijrah. Kedua, periode sesudah hijrah.
  • Masjid Kwitang, Saksi Sejarah Kedekatan Soekarno dengan Habib Ali Al-Habsyi (1)
    Dunia Islam
    Kamis, 12 Agustus 2021 - 18:25 WIB
    Tak berlebihan kiranya jika kita mengagumi sosok Ir Soekarno. Kedekatannya dengan Habib Ali Al-Habsyi Kwitang menjadi berkah tersendiri bagi beliau dan juga bangsa Indonesia.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Ulama Kurdistan Ikut Andil Memasukkan Tradisi Maulid ke Indonesia
    Dunia Islam
    Selasa, 04 Oktober 2022 - 18:22 WIB
    Terdapat indikasi orang-orang Arab Yaman yang memperkenalkan kitab-kitab maulid di Indonesia. Selain itu para pendakwah dari Kurdistan juga ditengarai yang mengajarkan kasidah maulid.
  • Kisah Khalifah Hisham, Angkat Keturunan Penghuni Neraka Saqar sebagai Gubernur Madinah
    Dunia Islam
    Rabu, 09 Maret 2022 - 13:55 WIB
    Khalifah kesepuluh Dinasti Umayyah, Hisham bin Abdul-Malik, dikenal sebagai khalifah yang sarat nepotisme. Keputusannya yang kontroversial adalah ketika ia mengangkat pamannya sebagai Gubernur Madinah
  • Anak-Anak Arab Saudi Merayakan Gargeean pada 15 Ramadan
    Dunia Islam
    Rabu, 27 Maret 2024 - 17:38 WIB
    Anak-anak di Arab Saudi berdandan dan menyiapkan keranjang mereka untuk merayakan Gargeean, hari raya yang terjadi dua kali dalam satu tahun Islam pada tanggal 15 Syaban dan 15 Ramadan.
  • Sejarah Sunan Gunung Jati dan Jakarta, Beda  Fatahillah dan Syarif Hidayatullah
    Hikmah
    Rabu, 18 Agustus 2021 - 17:19 WIB
    Sejarah Sunan Gunung Jati dan Jakarta tak bisa dipisahkan. Hanya saja, seringkali terjadi kerancuan antara nama Fatahillah dengan Syarif Hidayatullah yang bergelar Sunan Gunung Jati.
  • Catatan Sejarah: Omong Kosong Yitzhak Rabin tentang Resolusi PBB 242
    Dunia Islam
    Sabtu, 14 Oktober 2023 - 15:25 WIB
    Mengomentari resolusi ini, Perdana Menteri Israel Yitzhak Rabin yang menjabat pada 1974 1977 mengatakan Resolusi PBB 242 memerlukan perundingan-perundingan antara kedua belah pihak.
  • Islam di Eropa, Bagian Sejarah dan Budaya Tak Terpisahkan dari Benua Biru
    Dunia Islam
    Rabu, 11 Agustus 2021 - 10:48 WIB
    Islam di Eropa telah jadi bagian tak terpisahkan dari sejarah dan budaya, dan bukan sesuatu dari luar Benua Biru.
  • Kisah Sayyid Abdul Aziz, Keturunan Nabi Muhammad yang Jadi Raja Islam Pertama Nusantara
    Dunia Islam
    Minggu, 16 Oktober 2022 - 11:11 WIB
    Raja Islam pertama di Nusantara adalah Sayyid Abdul Aziz. Dia adalah keturunan Nabi Muhammad SAW. Ia dilantik secara resmi menjadi Raja Kerajaan Perlak, pada tahun 1214.
  • Sejarah Kemunafikan di Zaman Nabi dan 4 Ciri Orang Munafik
    Hikmah
    Minggu, 20 Desember 2020 - 22:04 WIB
    Apabila kebenaran dibolak-balik, dusta dianggap biasa, khianat merajalela, ketahuilah bahwa fitnah besar sedang terjadi. Penyebabnya tak lain karena keberadaan orang-orang munafik.
  • Dinasti Ayyubiyah: Sejarah, Peradaban dan Keruntuhannya
    Dunia Islam
    Minggu, 01 Januari 2023 - 14:30 WIB
    Dinasti Ayyubiyah merupakan salah satu dinasti yang pernah eksis dan berpengaruh dalam sejarah peradaban Islam. Kerajaan Islam ini muncul setelah runtuhnya Dinasti Fatimiyah.
  • Anak-Anak Irak Hidupkan Kembali Tradisi Ramadan Majina Ya Majina
    Dunia Islam
    Rabu, 27 Maret 2024 - 17:32 WIB
    Di jantung kota Bagdad, tradisi lama Majina Ya Majina dihidupkan kembali. Ramadan ini kali, anak-anak kembali datang dari rumah ke rumah sambil menyanyikan lagu tradisional, meminta permen dan jajanan.
  • Sejarah Puasa: Rahasia Dipilihnya Bulan Ramadhan sebagai Waktu Berpuasa
    Tausyiah
    Selasa, 29 Maret 2022 - 15:24 WIB
    Ada kriteria yang telah terpenuhi oleh Ramadhan, sehingga bulan ini dipilih menjadi momen umat Islam berpuasa. Di bulan ini, turun Al-Quran, dasar agama Islam sekaligus mukjizat paling agung.
  • Sejarah Disyariatkannya Puasa Ramadhan dan Perintah Jima di Malam Hari
    Hikmah
    Jum'at, 24 April 2020 - 07:24 WIB
    Dai yang juga pengajar Rumah Fiqih Indonesia, Ustaz Muhammad Saiyid Mahadhir mengulas sejarah disyariatkannya puasa Ramadhan dalam bukunya Bekal Ramadhan dan Idul Fithri (1): Menyambut Ramadhan.
  • 10 Ragam Tradisi Menyambut Kedatangan Ramadan di Indonesia
    Dunia Islam
    Rabu, 15 Maret 2023 - 12:58 WIB
    Masyarakat Indonesia menyambut bulan suci Ramadan dengan beragam tradisi. Setidaknya ada 10 tradisi di berbagai daerah. Tradisi ini berbeda-beda antara satu daerah dengan daerah lainnya.
  • Makna Beragam Sekaten, Salah Satunya Syahadatain
    Dunia Islam
    Selasa, 26 September 2023 - 05:15 WIB
    Sekaten dari kata Syahadatain artinya meyakini dua perkara yaitu Syahadat Tauhid atau percaya adanya Allah YME dan Syahadat Rasul yang artinya percaya kalau Nabi Muhammad itu adalah utusan Allah.
  • Sejarah Salat, Awalnya 17 Bulan Menghadap ke Baitul Maqdis Palestina
    Hikmah
    Jum'at, 24 April 2020 - 08:23 WIB
    Menukil riwayat Imam Ahmad melalui jalur Muadz bin Jabal menceritakan pensyariatan salat, awalnya Nabi Muhammad SAW tiba di Madinah dan beliau salat selama 17 bulan menghadap arah Baitul Maqdis