Topik Terkait: Siswa Tak Mampu

  • Hati-hati, Jenis-Jenis Perbuatan Dzalim yang Tak Sadar Sering Dilakukan
    Muslimah
    Rabu, 24 Februari 2021 - 09:00 WIB
    Manusia adalah makhluk yang lemah dan tak luput dari dosa, terkadang mereka lupa hingga akhirnya berbuat sesuatu yang tidak seharusnya. Dan ternyata ada jenis kedzaliman yang tanpa sadar sering dilakukan oleh manusia ini.
  • Kenapa Tak Mau Berlama-lama Dalam Shalat?
    Muslimah
    Senin, 21 Juni 2021 - 08:06 WIB
    Berapa banyak di antara muslimah yang mengerjakan shalat sementara pikirannya pergi ke mana-mana! Sehingga menghalangi kenikmatan shalat, dan hatinya tidak khusyuk, serta badannya tidak tunduk.
  • Adakah Sanksi Syariat untuk Orang Mampu Tapi Tidak Mau Melaksanakan Ibadah Kurban?
    Hikmah
    Sabtu, 01 Juli 2023 - 16:20 WIB
    Hukum melaksanakan kurban adalah sunnah muakkadah (sangat dianjurkan bagi yang mampu). Karena itu makruh bagi orang yang mampu jika ia tidak melaksanakannya. Namun, ada khilaf tentang hukum berkurban dimana Imam Abu Hanifah mewajibkannya.
  • Peringatan Rasulullah Bagi Orang Mampu Tapi Tak Mau Berkurban
    Tausyiah
    Minggu, 26 Juni 2022 - 14:48 WIB
    Bagi orang yang tidak berkurban saat memiliki kelapangan rezeki mendapat ancaman serius sebagaimana disabdakan Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam.
  • Serakah Tak Mengenal Usia: Kisah Nenek Renta dan Khalifah Harun Al-Rasyid
    Hikmah
    Rabu, 07 April 2021 - 22:03 WIB
    Setidaknya, kisah tentang Khalifah Harun ar-Rasyid dan nenek tua memberi contoh betapa cinta harta tak mengenal usia. Harun Ar-Rasyid adalah kalifah kelima dari kekalifahan Abbasiyah dan memerintah antara tahun 786 hingga 803.
  • Bernazar Tak Ingin Hamil Lagi, Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Minggu, 04 April 2021 - 05:00 WIB
    Sebagaian kaum perempuan terutama seorang istri, memiliki rasa trauma ketika proses melahirkan. Kondisi itu, terkadang membuat mereka mengucapkan atau bernazar tak ingin hamil lagi.
  • Hukum Berkurban Bagi yang Mampu Menurut 4 Mazhab
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 10:25 WIB
    Mayoritas ulama 4 mazhab sepakat bahwa hukum berkurban adalah Sunnah Muakkad, yaitu ibadah yang sangat dianjurkan kepada seorang muslim yang memiliki kemampuan secara finansial.
  • Ini Mengapa Penjajahan Tak Mampu Hapus Pola Berpikir Ideologi Islam
    Dunia Islam
    Selasa, 06 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Meskipun perang ini telah membawa keberhasilan Eropa menguasai Dunia Islam selama dua abad, tetapi suatu yang tidak dapat dilakukannya adalah menghapuskan pola berpikir ideologi sosiokultural berlabel Islam.
  • Subhanallah! Api Tak Mampu Membakar Rambut Mulia Rasulullah
    Hikmah
    Senin, 26 April 2021 - 18:16 WIB
    Semua yang menjadi bagian dari Rasulullah termasuk peninggalan beliau adalah kemuliaan. Berikut kisah kemuliaan rambut Nabi Muhammad yang tak mampu dibakar oleh api.
  • Hukum Utang Tidak Dibayar Padahal Mampu
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Juni 2022 - 18:59 WIB
    Hukum utang tidak dibayar padahal dalam kondisi mampu melunasinya tidak dibenarkan dalam Islam. Utang wajib dibayar. Konsekuensi tidak membayar utang dalam Islam amat berat.
  • Fenomena Dua Laut yang Tak Menyatu, Begini Penjelasan Al-Quran dan Sains
    Hikmah
    Minggu, 05 Juni 2022 - 07:15 WIB
    Biasanya ketika air dicampur dengan air maka keduanya menyatu dan bercampur. Namun, di beberapa tempat dua lautan justru tak menyatu. Berikut pandangan Al-Quran dan Sains.
  • Ikuti Cara Para Nabi Berdoa, Doa Tidak Akan Tertolak
    Muslimah
    Jum'at, 08 Januari 2021 - 06:12 WIB
    Ada rahasia dalam berdoa yang mungkin banyak di antara umat Islam tidak memberikan perhatian kepadanya, padahal itulah unsur utama terkabulnya doa. Rahasia apa itu?
  • Jika Suami Tak Lagi Mencintai Istri..
    Muslimah
    Sabtu, 06 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Apabila terjadi pernikahan, sang istri tahu bahwa suaminya menikah dengannya ternyata tidak terlalu suka dengannya.Apa yang harus dilakukan si istri atau juga suaminya ini?
  • Hukum Orang Miskin yang Pernah Mampu tapi Menunda Haji
    Tausyiah
    Sabtu, 18 Juni 2022 - 17:08 WIB
    Jika ia tidak memiliki pekerjaan, juga harta, maka ia hendaknya meminta kepada manusia agar memberikan jatah dari zakat atau shodaqah sehingga ia dapat menunaikan haji.
  • Wajibkah Mengqadha Zakat Fitrah, Ketika Sudah Mampu?
    Tips
    Kamis, 21 Mei 2020 - 17:07 WIB
    Lantas, apakah terdapat kewajiban lain bagi orang yang tidak mampu membayar zakat fitrah? Wajibkah dia mengqadha untuk membayar zakat tatkala ia mampu?
  • Berkurban Hukumnya Wajib Bagi yang Mampu, Benarkah Demikian?
    Tausyiah
    Kamis, 01 Juli 2021 - 05:00 WIB
    Berkurban atau menyembelih hewan kurban hukumnya wajib dan berdosa bila tidak mau menunaikannya. Benarkah demikian? Mari kita simak penjelasan berikut.
  • Kisah Firaun Tak Pernah Sakit Selama 400 Tahun Hingga Mengaku Tuhan
    Hikmah
    Kamis, 11 Mei 2023 - 05:10 WIB
    Firaun memang dikenal sebagai raja yang zalim dan menjadi simbol dari kesombongan dan kedurhakaan anak manusia. Lalu apa yang menyebabkan Firaun mengaku Tuhan?
  • Istri yang Tak Menikah Lagi untuk Merawat Anak, Mendapat Keutamaan di Akhirat
    Muslimah
    Selasa, 01 Desember 2020 - 08:25 WIB
    Seorang perempuan yang ditinggal wafat suaminya, kemudian memilih single parent untuk merawat anak-anaknya, ternyata memiliki keutamaan yang besar di akherat kelak
  • Ummi Pipik : Berdoa di Malam Nisfu Syaban, Doanya Tidak akan Ditolak Allah Taala
    Muslimah
    Kamis, 17 Maret 2022 - 09:44 WIB
    Malam Nisfu Syaban menjadi malam yang istimewa bagi umat Islam. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dalam sabdanya mengatakan, bahwa ada 5 malam yang doanya tidak ditolak oleh Allah Subhanu wa taala
  • Wanita Cantik dan Pernikahan Tak Halal
    Muslimah
    Jum'at, 26 Februari 2021 - 15:13 WIB
    Setiap nabi memiliki ujian masing-masing. Demikian pula yang dialami Nabi Yahya alaihissalam. Dakwah Nabi Yahya terusik sebuah konflik pernikahan yang tak halal dan sosok wanita keji dan ambisius.