Topik Terkait: Siswa Tak Mampu (halaman 2)

  • Anak Tak Beri Syafaat kepada Orangtua pada Hari Kiamat karena Tak  Diaqiqahi?
    Tausyiah
    Kamis, 18 Februari 2021 - 18:05 WIB
    Aqiqah dasar hukumnya adalah sunat muakkad meskipun si ayah sedang dalam keadaan susah. Aqiqah telah dilakukan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. dan para sahabat beliau.
  • Ayah Meninggal Tak Datang karena Pesan Suami Tak Boleh Keluar Rumah
    Hikmah
    Minggu, 07 Maret 2021 - 19:01 WIB
    Pernah ada seorang lelaki keluar rumah dan berpesan pada istrinya agar tidak keluar dari rumah. Selang beberapa waktu, ternyata ayahnya yang tinggal berdekatan dengan rumahnya jatuh sakit.
  • Berkurban Hukumnya Wajib Bagi yang Mampu, Benarkah Demikian?
    Tausyiah
    Kamis, 01 Juli 2021 - 05:00 WIB
    Berkurban atau menyembelih hewan kurban hukumnya wajib dan berdosa bila tidak mau menunaikannya. Benarkah demikian? Mari kita simak penjelasan berikut.
  • Istri yang Tak Menikah Lagi untuk Merawat Anak, Mendapat Keutamaan di Akhirat
    Muslimah
    Selasa, 01 Desember 2020 - 08:25 WIB
    Seorang perempuan yang ditinggal wafat suaminya, kemudian memilih single parent untuk merawat anak-anaknya, ternyata memiliki keutamaan yang besar di akherat kelak
  • Ketika Ujian Mendapatkan Suami yang Tidak Saleh
    Muslimah
    Minggu, 03 Januari 2021 - 09:02 WIB
    Suami yang saleh dan taat beribadah, tentu menjadi dambaan setiap muslimah yang sudah menikah. Ketaatan pada Allah Taala yang diwujudkan pada rajin beribadahnya seorang suami tentu akan menjadi penyejuk dalam rumah tangga.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Childfree dalam Islam, Benarkah Menyalahi Sunnah Nabi?
    Muslimah
    Minggu, 22 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Adakah childfree dalam Islam? Bagaimana sebenarnya pandangan syariat tentang hal tersebut? Istilah childfree atau menolak berketurunan oleh pasangan menikah ini tengah ramai diperbincangan di masyarakat.
  • Najiskah Kotoran Cicak di Tempat Sholat? Ini Pendapat Ulama
    Tips
    Selasa, 17 Agustus 2021 - 17:13 WIB
    Najiskah kotoran cicak di tempat sholat? Apa benar kotoran cicak termasuk najis juga? Pertanyaan ini sering muncul di benak kita. Sebab, cicak banyak ditemui di rumah kita
  • Jemaah Haji Diimbau Tak Menyimpang dari Rute saat Lempar Jumrah Agar Tak Kesasar
    Dunia Islam
    Selasa, 20 Juni 2023 - 17:18 WIB
    Jemaah haji Indonesia diimbau tidak menyimpang dari rute yang telah ditentukan saat melaksanakan lempar jumrah.
  • Istri Tak Sholat, Apakah Suami Ikut Menanggung Dosa?
    Tausyiah
    Selasa, 16 Februari 2021 - 23:54 WIB
    Ada yang bertanya, jika seorang istri tidak sholat 5 waktu, apakah suami ikut menanggung dosa? Berikut jawaban Ustaz Farid Numan Hasan.
  • Saat Sakaratul Maut Tak Mampu Ucapkan Syahadat, Rasulullah SAW akan Bakar Al-Qamah?
    Hikmah
    Minggu, 14 Agustus 2022 - 09:32 WIB
    Rasulullah SAW akan membakar Al-Qamah karena pada saat sakaratul maut ia tak mampu mengucapkan laa ilaaha illallah. Hanya saja, sejumlah ahli hadis menyebut kisah ini batil.
  • Hadiah Ini Tak Perlu
    Tausiyah
    Kamis, 18 Juni 2015 - 16:30 WIB
    Dua orang anakku Mumtaz &amp Hamzah turut menjadi santri Mahad Askar Kauny, Cijulang. Meskipun Abi dan Ummi-nya adalah pengasuh Mahad namun kami memperlakukan hak dan kewajiban mereka sama seperti para santri lainnya.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Berharga dan Tak Berharga
    Hikmah
    Sabtu, 27 Juni 2020 - 06:02 WIB
    Aku sudah pernah mendengar beberapa tipuan, tetapi baru kali ini ada orang yang menginginkan buah ceri membungkuk untuk meminta agar buah ini diberikan sebagai derma!
  • Jika Suami Tak Lagi Mencintai Istri..
    Muslimah
    Sabtu, 06 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Apabila terjadi pernikahan, sang istri tahu bahwa suaminya menikah dengannya ternyata tidak terlalu suka dengannya.Apa yang harus dilakukan si istri atau juga suaminya ini?
  • Terminologi Nikah Misyar, Tak Sekadar Bobok-Bobok Siang
    Hikmah
    Selasa, 31 Oktober 2023 - 18:36 WIB
    Pernikahan misyar telah menimbulkan perdebatan terutama di kalangan ulama kontemporer. Karena model nikah misyar baru dikenal masa kini, maka para ulama kontemporer berbeda pendapat menghukuminya.
  • Islam Tak Melarang Memelihara Anjing, Ini Syaratnya
    Tausyiah
    Kamis, 03 September 2020 - 05:00 WIB
    Siapa yang memelihara anjing selain untuk menggembala binatang ternak atau berburu atau menjaga kebun atau tanaman, maka pahalanya dikurangi satu qirath (seperempat gram) tiap harinya
  • Tak Percaya Adanya Dzurriyah Nabi Muhammad? Simak Ulasan Berikut
    Hikmah
    Senin, 30 Oktober 2023 - 22:29 WIB
    Dzurriyah Nabi Muhammad SAW adalah mereka yang memiliki nasab tersambung kepada Rasulullah SAW melalui Sayyidah Fathimah Az-Zahra radhiyallahu anha.
  • Penyebab Manusia Tak Mau Bersedekah, Padahal Fadhilahnya Sangat Besar
    Tausyiah
    Minggu, 04 Desember 2022 - 16:54 WIB
    Al-Quran menjelaskan alasan mengapa manusia tidak mau bersedekah, padahal manfaatnya sangat besar. Salah satu alasannya disampaikan dalam Surat Al-Baqarah.
  • Memperoleh Haji Mabrur Tak Harus Berangkat ke Tanah Suci
    Hikmah
    Senin, 07 Juni 2021 - 12:08 WIB
    Mendengar hal itu, tanpa berpikir panjang Muwaffaq langsung kembali ke rumahnya mengambil tabungannya 350 dirham untuk diserahkan kepada keluarga miskin tersebut.
  • Sering Tak Disadari, Begini Cara Malaikat Mengawasi Manusia
    Hikmah
    Minggu, 20 Februari 2022 - 07:05 WIB
    i antara manusia mungkin banyak yang tak sadar kalau Malaikat selalu hadir mengawasinya. Para Malaikat ini tak pernah lalai dengan tugasnya. Begini cara Malaikat mengawasi kita.
  • Alain Gabon: Tak Ada Keraguan, Israel Telah Lampaui Batasan Genosida
    Dunia Islam
    Rabu, 03 Januari 2024 - 15:44 WIB
    Ada banyak kesalahpahaman populer tentang apa yang dimaksud dengan genosida, yang utama adalah bahwa untuk memenuhi syarat, kekejaman harus mencapai skala dan tingkat Holocaust.