Topik Terkait: Tata Cara Mengurus Jenazah (halaman 3)

  • Tata Cara Puasa Arafah yang Perlu Diketahui
    Tips
    Senin, 19 Juni 2023 - 11:19 WIB
    Tata cara puasa Arafah dan waktu pengerjaannya perlu diketahui umat muslim. Puasa Arafah sendiri hukumnya sunah dan dianjurkan bagi muslim yang tidak menunaikan ibadah Haji.
  • Tata Cara dan Bacaan Niat Salat Gerhana Bulan
    Tips
    Jum'at, 05 Mei 2023 - 19:54 WIB
    Tata cara dan bacaan niat salat gerhana bulan, hendaknya dipahami dan diketahui kaum muslimin yang hendak melaksanakan salat gerhana bulan
  • Pengertian Fidyah dan Tata Cara Membayarnya
    Tips
    Selasa, 19 April 2022 - 13:24 WIB
    Bagi muslimin yang sudah tidak mampu lagi berpuasa, Allah memberikan keringanan untuk mereka dengan adanya fidyah. Apa itu fidyah dan bagaimana cara membayarnya?
  • Shalat Hadiah Bagi Jenazah, Apa Maksudnya?
    Tips
    Kamis, 17 Juni 2021 - 09:59 WIB
    Alam kubur akan menjadi tempat berikutnya bagi mereka yang sudah meninggal. Di alam inilah, sang mayit akan menerima nikmat dan azab atau siksa kubur sesuai dengan amal perbuatannya selama di dunia.
  • Kiat dan Tata Cara Bertobat agar Istikamah
    Tips
    Minggu, 01 Oktober 2023 - 10:39 WIB
    Salah satu ciri hamba yang beriman adalah selalu kembali dan bertobat kepada Allah Subhanahu wa taala dari segala dosa walaupun kesalahan tersebut terus terulang.
  • Fadhilah Wudhu dan Khasiatnya Mencegah Penyakit Kulit
    Tips
    Kamis, 29 September 2022 - 05:10 WIB
    Banyak riwayat menerangkan fadhilah (keutamaan) wudhu. Selain menggugurkan dosa-dosa, berwudhu dapat mencegah seseorang dari berbagai penyakit kulit.
  • Apa yang Dilakukan Setelah Talak? Begini Penjelasan Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Senin, 02 Oktober 2023 - 05:15 WIB
    Mengumpulkan tiga talak dalam satu ucapan itu bertentangan dengan syariat Al Quran. Inilah yang dijelaskan dan diambil oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan muridnya Ibnu Qayyim.
  • Tata Cara Sholat Tahiyatul Masjid dan Bacaan Niatnya
    Tips
    Selasa, 25 Januari 2022 - 18:21 WIB
    Sholat Tahiyatul Masjid adalah sholat sunnah yang dikerjakan ketika kita masuk masjid sebagai penghormatan terhadap masjid. Berikut tata caranya.
  • Mengenal Tiga Jenis Haji dan Tata Cara Pelaksanaannya
    Tips
    Jum'at, 10 Mei 2024 - 15:35 WIB
    Mengenal tiga jenis haji dan tata cara pelaksanaannya ini penting diketahui umat Islam. Yang membedakan dari 3 jenis haji ini yakni tentang tata cara pelaksanaannya.
  • Tata Cara Salat Seorang Difabel Sesuai Ajaran Islam
    Tips
    Senin, 10 Juli 2023 - 14:40 WIB
    Tata cara salat seorang difabel, ketika dia tidak mampu melaksanakan dengan sempurna, dia bisa melaksanakannya semampunya. Allah SWT memberikan kemudahan bagi umat manusia dalam beribadah.
  • Bacaan Niat Haji dan Urutan Tata Cara Pelaksanaannya
    Dunia Islam
    Sabtu, 27 Mei 2023 - 16:54 WIB
    Bagi jemaah haji wajib mengetahui bacaan niat Haji dan urutan tata cara melaksanakannya. Sebagaimana kata Nabi, Haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga.
  • Tata Cara dan Niat Qadha Puasa Ramadan
    Tips
    Kamis, 16 Maret 2023 - 21:53 WIB
    Hari ini kita berada di akhir-akhir bulan Syaban tepatnya 24 Syaban 1444 Hijriyah. Bagi yang memiliki utang puasa Ramadan tahun lalu, masih ada waktu untuk melunasinya.
  • Agar Ikhlas dalam Beramal,  Ikuti Cara Ini!
    Tips
    Kamis, 22 April 2021 - 13:40 WIB
    Ikhlas merupakan amalan hati yang perlu mendapatkan perhatian khusus secara mendalam dan dilakukan secara terus-menerus. Baik ketika hendak beramal, sedang beramal, maupun ketika sudah beramal.
  • Tata Cara Sholat Hajat, Niat, Bacaan Doa dan Waktu Terbaik
    Tips
    Sabtu, 19 Agustus 2023 - 15:37 WIB
    Sholat Hajat sering dikerjakan umat muslim ketika memiliki keinginan atau hajat dengan harapan dikabulkan Allah. Berikut tata cara, niat, doa dan waktu terbaik melaksanakannya.
  • Inilah Cara-cara Mengingat Kematian
    Muslimah
    Selasa, 04 Agustus 2020 - 17:08 WIB
    Di manapun, kapanpun, dan dalam keadaan bagaimanapun, kematian itu pasti akan datang menyergap, baik dalam keadaan siap atau tidak, baik dalam keadaan baik atau buruk, kematian adalah suatu kepastian.
  • Doa Witir:  Begini Tata Cara dan Doa Setelah Sholat Witir
    Tausyiah
    Senin, 08 Maret 2021 - 07:51 WIB
    Salah satu ibadah sunnah yang dikerjakan usai menunaikan sholat tahajud adalah sholat witir. Sholat ini juga dikerjakan pada bulan Ramadhan sebagai penutup sholat tarawih.
  • Apakah Sah Wudu Sambil Telanjang? Ini Penjelasannya
    Tips
    Sabtu, 03 Juni 2023 - 22:28 WIB
    Hukum berwudu dengan keadaan telanjang perlu dipahami kaum muslim. Hal ini termasuk masalah fiqih dalam bab thaharah atau bersuci. Simak penjelasannya berikut ini.
  • Tata Cara Sholat Istikharah Lengkap Niat dan Doanya
    Tips
    Sabtu, 22 Oktober 2022 - 15:50 WIB
    Sholat istikharah adalah sholat sunnah yang dilakukan untuk meminta petunjuk kepada Alah atas sebuah pilihan agar mendapat kebaikan dalam pilihan tersebut. Berikut tata caranya.
  • Tata Cara Salat Hajat Lengkap dengan Niat dan Zikirnya
    Tausyiah
    Selasa, 19 Januari 2021 - 21:27 WIB
    Salat Hajat adalah salat sunnah yang dikerjakan agar hajat (keinginan/kebutuhan) dikabulkan Allah Taala. Hajat yang dimaksud di sini adalah hajat yang dibenarkan oleh syariat.
  • Salat di Kereta Harus Wudu atau Cukup Tayamum? Bagaimana Tata Caranya?
    Tips
    Selasa, 29 Agustus 2023 - 11:34 WIB
    Ketika harus menunaikan salat di kendaraan terutama di kereta api, salah satu syaratnya adalah berwudu. Namun, haruskah berwudu dengan tata cara biasa (air) atau cukup dengan tayamum saja?