Topik Terkait: Tata Cara Mengurus Jenazah (halaman 2)

  • Tata Cara Tayamum di Kereta dan Syarat-syaratnya
    Tips
    Senin, 04 September 2023 - 18:30 WIB
    Tata cara tayamum di kendaraan, termasuk di kereta penting diketahui, agar yang akan mengamalkan tidak keliru sebagai salah satu syarat sahnya melaksanakan salat di perjalanan atau dalam kendaraan.
  • Tata Cara dan Niat Qadha Puasa Ramadan di Bulan Syawal
    Tips
    Senin, 01 Mei 2023 - 07:38 WIB
    Tata cara dan niat puasa qadha Ramadan di bulan Syawal penting diketahui setia muslim. Apalagi, bila mereka yang sempat meninggalkan puasa Ramadan berarti berhutang kepada Allah Subhanahu wa taala.
  • Besok Gerhana Bulan Total, Berikut Tata Cara Sholat Khusuf dan Niatnya
    Dunia Islam
    Senin, 07 November 2022 - 17:32 WIB
    Gerhana bulan atau khusuful qamar diprediksi terjadi besok Selasa, 8 November 2022. Umat muslim diperintahkan mengerjakan sholat gerhana ini secara berjamaah.
  • Bagaimana Hukum Mandi Taubat, Niat dan Tata Caranya?
    Tips
    Kamis, 12 Oktober 2023 - 12:43 WIB
    Ketika bertaubat dari perbuatan dosa besar, benarkah diharuskan melakukan mandi taubat dulu? Bagaimana hukum, niat dan tata caranya?
  • Ayat Ruqyah Mandiri Lengkap Beserta Tata Caranya
    Tips
    Selasa, 19 September 2023 - 20:35 WIB
    Ruqyah adalah metode pengobatan dengan membaca ayat-ayat Al-Quran atau doa-doa tertentu yang memiliki kekuatan untuk mengusir jin atau setan yang merasuki tubuh seseorang dan bisa dilakukan secara mandiri.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Tata Cara Sholat Sunnah Awwabin, Pahalanya Setara dengan Ibadah 12 Tahun
    Tips
    Rabu, 23 Maret 2022 - 17:45 WIB
    Sholat sunnah Awwabin adalah sholat yang dikerjakan antara sholat Maghrib dan Isya. Keutamaan sholat ini diganjar dengan ibadah 12 tahun.
  • Tata Cara Sholat Tahiyatul Masjid dan Bacaan Niatnya
    Tips
    Selasa, 25 Januari 2022 - 18:21 WIB
    Sholat Tahiyatul Masjid adalah sholat sunnah yang dikerjakan ketika kita masuk masjid sebagai penghormatan terhadap masjid. Berikut tata caranya.
  • 12 Cara Ruqyah yang Benar, Termasuk untuk Diri Sendiri
    Tips
    Jum'at, 28 Oktober 2022 - 13:06 WIB
    Meruqyah termasuk kebiasaan para nabi dan orang-orang saleh. Para nabi dan orang saleh senantiasa menangkis setan-setan dari anak Adam dengan apa yang diperintahkan Allah dan RasulNya.
  • Niat Wudhu, Tata Cara Beserta Doa Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan
    Tips
    Jum'at, 18 Agustus 2023 - 17:04 WIB
    Niat wudhu dan tata caranya wajib diketahui setiap muslim karena wudhu merupakan salah satu syarat sahnya sholat. Berikut bacaan niat dan doa setelah wudhu.
  • Tata Cara dan Doa Sujud Tilawah Berdasarkan Hadis Nabi Muhammad SAW
    Tips
    Minggu, 18 September 2022 - 10:43 WIB
    Sujud tilawah ialah sujud yang dilakukan oleh seorang muslim pada waktu membaca atau mendengar bacaan ayat-ayat sajdah yang dilakukan baik dalam keadaan sedang melaksanakan sholat maupun di luar sholat.
  • Bacaan Niat Sholat Gerhana Bulan Lengkap Tata Caranya
    Tausyiah
    Selasa, 08 November 2022 - 15:57 WIB
    Niat sholat gerhana bulan lengkap tata caranya perlu diketahui kaum muslimin yang diprediksi terjadi pada sore hingga malam ini, Selasa 8 November 2022.
  • Tata Cara Salat Tahajud Lengkap dengan Niat dan Doanya
    Tips
    Rabu, 13 Maret 2024 - 12:50 WIB
    Salat tahajud menjadi salah satu salat sunnah yang sangat dianjurkan untuk ditunaikan oleh setiap muslim demi meningkatkan takwa, termasuk melsanakannya di bulan Ramadan ini.
  • 7 Rukun Sholat Jenazah Lengkap dengan Niat dan Doanya
    Tips
    Selasa, 14 Juni 2022 - 13:53 WIB
    Umat muslim hendaknya mengetahui 7 rukun sholat jenazah lengkap dengan bacaan niat dan doanya. Berdasarkan syariat, sholat jenazah hukumnya fardhu kifayah.
  • Niat Qadha Puasa Ramadan dan Tata Caranya
    Tips
    Senin, 15 Januari 2024 - 14:21 WIB
    Niat qadha puasa Ramadan dan tata caranya ini penting diketahui kaum muslim. Karena menunaikan qadha puasa Ramadan hukumnya wajib bagi yang memiliki utang puasa.
  • Pengertian Talak Raji dan Talak Bain serta Tata Cara Jatuh Talaknya
    Muslimah
    Jum'at, 19 Mei 2023 - 13:48 WIB
    Pengertian talak raji dan talak bain merupakan bagian dari jenis talak berdasarkan boleh tidaknya rujuk yang dilakukan pasangan suami istri. Kenapa demikian?
  • Salat di Kereta Harus Wudu atau Cukup Tayamum? Bagaimana Tata Caranya?
    Tips
    Selasa, 29 Agustus 2023 - 11:34 WIB
    Ketika harus menunaikan salat di kendaraan terutama di kereta api, salah satu syaratnya adalah berwudu. Namun, haruskah berwudu dengan tata cara biasa (air) atau cukup dengan tayamum saja?
  • Siapa yang Berhak Memandikan Jenazah Perempuan?
    Muslimah
    Kamis, 24 September 2020 - 08:37 WIB
    Sebenarnya siapakah yang berhak memandikan jenazah seorang perempuan ini dalam pandangan syariat? Bagaimana pula aturan hukumnya?
  • Bingung Berwudu di Tempat Umum? Begini Tata Caranya untuk Muslimah Berhijab
    Muslimah
    Senin, 25 September 2023 - 12:30 WIB
    Bagi muslimah berhijab, terkadang merasa kebingungan untuk wudu akan salat ketika berada di area publik atau umum. Pasalnya, seringkali mereka kesulitan mendapatkan tempat wudu yang aman.
  • Bacaan Niat Haji dan Urutan Tata Cara Pelaksanaannya
    Dunia Islam
    Sabtu, 27 Mei 2023 - 16:54 WIB
    Bagi jemaah haji wajib mengetahui bacaan niat Haji dan urutan tata cara melaksanakannya. Sebagaimana kata Nabi, Haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga.
  • Tata Cara Sholat Tarawih Sendiri di Rumah
    Tips
    Rabu, 30 Maret 2022 - 15:33 WIB
    Bagi yang tidak mampu ke masjid, berikut tata cara sholat tarawih sendiri di rumah. Namun, bagi yang mampu sebaiknya mengerjakan sholat tarawih di masjid secara berjamaah.