Topik Terkait: Tausiyah Uas (halaman 2)

  • Puasa melawan nifak-tamak
    Tausiyah
    Senin, 29 Juli 2013 - 09:49 WIB
    Puasa semestinya melahirkan transformasi atau perubahan perilaku yang radikal dalam diri setiap muslim yang menunaikannya. Puasa harus merasuk ke jantung hati untuk membersihkan jiwa dari segala hawa nafsu yang kotor (fuzara) menuju jiwa yang utama atau muttaqa(QS Asy-Syams: 7&ndash8).
  • Tausiyah Gus Baha Tentang Tidurnya Orang Berpuasa, Apakah Termasuk Ibadah?
    Tausyiah
    Minggu, 18 April 2021 - 15:06 WIB
    Selain puasa dan tilawah Quran, tidur merupakan salah satu kenikmatan orang yang berpuasa. Benarkah tidurnya orang berpuasa termasuk ibadah? Mari simak penjelasan Gus Baha berikut.
  • Bijak di Medsos untuk Menjaga Pahala Puasa
    Tausyiah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 07:01 WIB
    Dalam bermedsos orang yang sedang berpuasa seyogianya mampu menjaga lisan dengan menghindari bergunjing, ucapan tercela, atau berkata kasar yang bisa mengurangi pahala ibadah.
  • Ayam Roket
    Tausiyah
    Sabtu, 19 Juli 2014 - 15:04 WIB
    Otak diperas untuk bisa menghafal materi yang diinginkan. Hingga wajah jelek sebab bersungut dan butuh konsentrasi tinggi. Sedikit saja ada gangguan, buyarlah apa yang sudah dihafal.
  • Waktu Itu!
    Tausyiah
    Selasa, 27 April 2021 - 15:03 WIB
    Jika dalam konsep orang lain waktu itu adalah uang (time is money), dalam pandangan Islam justru waktu itu adalah hidup. Hidup manusia di atas dunia ini adalah bilangan waktu.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Meneladani Sifat Dermawan Nabi Muhammad SAW
    Tausyiah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 08:05 WIB
    Hubungan manusia dengan Allah SWT adalah suatu keharusan. Tapi, keseimbangan antara hubungan dengan manusia juga harus diindahkan
  • Bukan Anak Nakal
    Tausiyah
    Jum'at, 12 Juni 2015 - 21:24 WIB
    Bada Maghrib usai salat berjamaah di Mahad Askar Kauny Cijulang, saya melampiaskan amarah. Mendapat laporan dari ummi dan ustadz pengasuh atas kelakuan para santri, maka saya pun berbicara garang di hadapan mereka.
  • Hilang Ingatan
    Tausiyah
    Senin, 14 Juli 2014 - 08:01 WIB
    Semuanya bersaksi bahwa segalanya dari kehidupan dunia ini bisa terlupa dan hilang seketika namun Aquran adalah memori abadi.
  • Libatkan Allah di Setiap Sendi Kehidupan
    Tausiyah
    Sabtu, 17 Juni 2017 - 06:00 WIB
    Menulis, berkata-kata, berbicara, sesungguhnya akan menjadi ibadah dan kebaikan. Bila sedikit saja ada helaan nafas. Hentikan sejenak semesta yang bergerak. Bacalah Bismillaah. Supaya ada Kekuatan Allah Yang Menyertai. Tidak jadi sesuatu yang murahan. Asal nulis, asal berkata-kata, asal bicara.
  • Untuk Jomblo yang Ingin Dekat Dengan Jodoh
    Tausiyah
    Minggu, 25 Juni 2017 - 06:00 WIB
    Dalam berdoa, yakinlah, Allah mendengar semua doa-doa kita, terlepas akan dikabulkan segera atau ditunda atau bahkan diberikan diakhirat kelak.
  • Puasa untuk Jadi Pemenang
    Tausiyah
    Sabtu, 19 Mei 2018 - 13:23 WIB
    Ibadah puasa seharusnya bisa menjadikan kita sebagai orang-orang yang menang. Menang melawan nafsu angkara murka yang bersemayam dalam setiap diri manusia.
  • Melestarikan nilai-nilai Ramadan
    Tausiyah
    Senin, 05 Agustus 2013 - 08:49 WIB
    Tugas berat kita untuk membuktikan keberhasilan ibadah Ramadan itu dengan peningkatan ketaqwaan kepada Allah SWT, karenanya bulan sesudah Ramadan adalah Syawal yang artinya peningkatan. Disinilah letak pentingnya melestarikan nilai-nilai Ibadah Ramadan.
  • Gadget Canggih
    Tausiyah
    Jum'at, 11 Juli 2014 - 13:35 WIB
    Sebab itu dengan senang hati saya menyimpulkan bahwa manusia yang genius adalah mereka yang bisa menghafal Alquran dan Sunnah Rasulullah SAW.
  • Penyakit masyarakat
    Tausiyah
    Kamis, 01 Agustus 2013 - 14:21 WIB
    Penyakit umat-umat (lain) akan mengenai umatku, (yaitu) mengingkari nikmat, sombong, bermegah-megahan, bermusuhan dalam (perkara) dunia, saling membenci, saling mendengki hingga melampaui batas (HR. Hakim).
  • Berpuasa setelah puasa
    Tausiyah
    Selasa, 06 Agustus 2013 - 06:32 WIB
    Nabi Muhammad SAW sendiri sudah menyinggung dalam sebuah hadisnya yang berbunyi, &ldquoBanyak di antara umat-Ku yang melakukan puasa, tetapi mereka tidak mendapatkan apaapa kecuali hanya lapar dan dahaga (kam min shoimin laisa lahu min shiyaihi illa l-juu&rsquo wal athos).
  • Menghafal Aquran Harus Berjamaah
    Tausiyah
    Minggu, 21 Juni 2015 - 09:00 WIB
    Salah satu kunci kesuksesan dalam menghafal Alquran adalah BERJAMAAH. Sebab berjemaah adalah energi peneguh. Dia menguatkan setiap simpulnya dalam berbagai keadaan. Tak ubahnya dalam salat!&nbsp
  • Tiga kekasih ilahi (2)
    Tausiyah
    Selasa, 30 Juli 2013 - 08:50 WIB
    Dalam hadis qudsi yakni wahyu yang tidak termasuk dalam Alquran disebutkan bahwa Allah SWT sampai menyatakan wajib hukumnya atau pasti mencintai orang itu. Bila kita ingin termasuk orang yang dicintai Allah SWT, maka kita lakukan apa yang membuat Allah SWT mencintai manusia.
  • Gus Baha: Orang Indonesia itu Santai Seperti Orang Palestina
    Tausyiah
    Minggu, 30 Mei 2021 - 15:38 WIB
    Dalam satu pengajian Kitab Al-Barzanji bersama para santri, KH Bahauddin Nursalim atau Gus Baha menyampaikan pandangannya tentang sisi lain orang-orang Palestina.
  • Temui yang Punya Dunia
    Tausiyah
    Sabtu, 24 Juni 2017 - 06:00 WIB
    Jangan jauhi yang pada pengen dunia, dari Yang Punya. Ntar pada salah jalan. Kasih motivasi bahwa Allah itu Maha Pemurah dan Pengasih.
  • Penyimpanan Memory Permanen
    Tausiyah
    Rabu, 06 Agustus 2014 - 09:41 WIB
    Dimanakah manusia menyimpan memory? Banyak yang menjawab di otak. Anda pun mungkin berpendapat sama.