Topik Terkait: Tradisi Ganti Nama (halaman 5)

  • Menduga Tradisi Pernikahan Putra Mahkota Hussein bin Abdullah II dengan Rajwa Al-Saif
    Dunia Islam
    Kamis, 01 Juni 2023 - 09:29 WIB
    Hari ini, Kamis 1 Juni 2023, adalah hari pernikahan Putra Mahkota Hussein bin Abdullah II dari Yordania dengan Rajwa Al-Saif dari Arab Saudi. Lalu tradisi mana yang dipilih?
  • Begini Tradisi Muslim Jawa dalam Membaca Kitab Maulid
    Dunia Islam
    Selasa, 04 Oktober 2022 - 18:41 WIB
    Pembacaan kitab-kitab maulid dilaksanakan dalam suasana yang dikondisikan secara khusus, terutama pada hari-hari dan momentum yang dipilih. Misalnya sebagai wirid rutin, dipilihlah malam Senin.
  • 8 Nama dan Tingkatan Surga yang Dijelaskan Al-Quran
    Tausyiah
    Kamis, 14 September 2023 - 12:58 WIB
    Al Quran banyak menjelaskan tentang surga dalam ayat-ayatnya. Salah satunya bagaimana surga atau disebut juga Al-Jannah memiliki nama dan tingkatan, selain itu setiap surga berbeda pula kenikmatannya.
  • Belum Ganti Utang Puasa Ramadan? Tuntaskan di Bulan Syaban Ini
    Tausyiah
    Minggu, 11 Februari 2024 - 09:20 WIB
    Bagi kaum muslim yang maish memiliki utang puasa, bulan Syaban merupakan bulan terakhir untuk mengganti., karena menyegerakan qadha (bayar ganti) puasa itu lebih utama.
  • Ritual Karbala: Tradisi Kaum Syiah saat Hari Asyura, Penyesalan Diri Para Pengkhianat
    Dunia Islam
    Senin, 01 Agustus 2022 - 16:09 WIB
    Tradisi kaum Syiah saat Hari Asyura yang biasa dinamakan ritual Karbala merupakan hari yang menandai peristiwa syahidnya cucu Nabi Muhammad SAW, Husein bin Ali bin Abi Thalib dan para sahabatnya dalam perang Karbala.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Doa untuk Menghapus Nama Kita yang Sudah Tercantum di Neraka
    Tips
    Selasa, 07 Maret 2023 - 13:16 WIB
    Ada doa untuk menghapus nama kita dan orang tua kita yang tercantum dalam daftar ahli neraka. Doa ini, dianjurkan diperbanyak pada bulan Ramadan nanti. Kenapa demikian? Karena Ramadan, merupakan bulan ampunan bagi hamba-hamba allah yang mau bertaubat.
  • Bacaan Niat Puasa Ganti Ramadan, Lengkap Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahan
    Tips
    Rabu, 17 Januari 2024 - 09:43 WIB
    Bacaan niat puasa ganti Ramadan penting untuk diketahui setiap Muslim. Terutama bagi yang masih memiliki utang puasa Ramadan di tahun sebelumnya.
  • Nama Buah-buahan Surga yang Ada di Dunia seperti Dijelaskan Al-Quran
    Hikmah
    Rabu, 06 September 2023 - 10:53 WIB
    Salah satu kenikmatan bagi penghuni surga adalah tersedianya makanan yang enak dan lezat. Salah satu makanan surga itu adalah buah-buahan, dan ternyata buah-buahan surga ini ada yang bisa dinikmati di dunia
  • Awas Riba dalam Tradisi Tukar Uang Baru Menjelang Lebaran
    Tips
    Kamis, 20 April 2023 - 08:05 WIB
    Sudah menjadi tradisi menjelang lebaran Idulfitri umat Islam di Indonesia selalu disibukkan dengan aktivitas tukar uang baru. Bagaimana hukum menukar uang baru dalam Islam?
  • Tradisi Lebaran di Negeri Sungai Nil
    Hikmah
    Jum'at, 15 Juni 2018 - 10:00 WIB
    Hari Raya Ied merupakan hari kemenangan yang dirayakan kaum muslimin di seluruh belahan dunia, salah satunya di negeri Sungai Nil, Mesir.
  • Bagaimana Aturan Mengqadha Sholat Setelah Haid?
    Muslimah
    Jum'at, 16 Juli 2021 - 14:20 WIB
    Ada beberapa model perempuan yang haid, tapi dia tetap diperintahkan mengganti beberapa sholat yang ditinggalkan saat haid. Apa saja modelnya dan bagaimana aturan mengqadha sholatnya?
  • Jumlah Marga Keturunan Nabi Muhammad SAW Berikut Nama-namanya
    Dunia Islam
    Jum'at, 30 September 2022 - 05:10 WIB
    Jumlah marga keturunan Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam ada sekitar 114 marga tersebar di berbagai negara di dunia. Berikut nama dan asal-usulnya.
  • Instruksi dan Tradisi Chisytiyah: Tujuh Bersaudara, Sebab dan Akibat
    Hikmah
    Minggu, 11 Oktober 2020 - 14:36 WIB
    Tidakkah mereka sedikit menyadari apa yang sebenarnya terjadi? Mereka hanya melihat satu jenis sebab dan akibat, sementara kadang akibat, seperti yang mereka katakan, muncul sebelum sebab.
  • Nama Bayi Perempuan Islami Terbaik Menurut Syariat
    Muslimah
    Senin, 23 Mei 2022 - 17:00 WIB
    Banyak inspirasi nama bayi perempuan menurut Islam dan Al-Quran. Bahkan, banyak kata dalam Al-Quran yang bermakna dan mengandung arti kata kebaikan.
  • MAHYA Abadikan Nama M Asad Shahab, Jurnalis Arab Penyebar Berita Proklamasi
    Hikmah
    Selasa, 24 Desember 2019 - 01:14 WIB
    MAHYA, organisasi intelektual dan pemikir dari kalangan Habaib baru saja meresmikan nama M Asad Shahab sebagai ruang baca Perpustakaan Kanzul Hikmah.&nbsp
  • Selain Makkah dan Madinah, 8 Kota Ini Tercantum dalam Al Quran
    Muslimah
    Selasa, 09 Maret 2021 - 14:50 WIB
    Ada kisah-kisah dalam Al Quran yang berlatar di kota-kota yang juga mengandung hikmah sekaligus menjadi saksi bagaimana suatu kaum melewati sejarah kegemilangannya.
  • Nama-nama Pakaian Kaum Muslimah di Zaman Nabi SAW
    Muslimah
    Selasa, 05 Juli 2022 - 09:05 WIB
    Pakaian muslimah di zaman Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam merupakan cikal bakal terciptanya busana muslimah yang sesuai syariat saat ini.
  • Kisah Sinead OConnor Memiliki 3 Nama setelah Menjadi Muslimah
    Dunia Islam
    Kamis, 27 Juli 2023 - 18:32 WIB
    Pada 2018 OConnor masuk Islam dan mengadopsi nama Shuhada Davitt, kemudian Shuhada Sadaqat meskipun dia terus menggunakan Sinead OConnor secara profesional.
  • Tradisi Berpuasa Umat Muslim di Negeri Macau
    Hikmah
    Selasa, 14 Mei 2019 - 03:30 WIB
    Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinanti karena pahala yang berlipat ganda ketika seorang muslim melaksanakan ibadah di bulan ini.
  • Memberi Nama Anak yang Disukai Allah Taala
    Muslimah
    Jum'at, 04 Desember 2020 - 10:36 WIB
    Dalam Islam, memberi nama anak yang bagus dan baik sangat dianjurkan. Karena dalam nama biasanya mengandung doa dan harapan. Untuk itulah, setiap orangtua berusaha memberikan nama terbaik bagi sang buah hati.