Topik Terkait: Universitas Islam Madinah (halaman 103)

  • One Day One Hadis :...
    Tips
    Rabu, 08 September 2021 - 07:44 WIB
    One day one hadis, bisa menjadi program buat diri kita dalam upaya menghapal hadis. Sebab, menghapal hadis salah satu kewajiban umat Islam. Salah satu hadis yang bisa dipelajari adalah tentang Suka Menolong
  • Silaturahmi dengan Pemuda...
    Dunia Islam
    Rabu, 14 September 2022 - 21:28 WIB
    Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Komjen Pol (Purn) Syafruddin melepas keberangkatan DPP BKPRMI ke Toronto, Kanada dalam rangka memenuhi undangan konferensi dan pameran artefak Rasulullah yang diikuti Ketua Pemuda Islam Dunia, Rabu (14/9/2022).
  • Doa Awal Tahun Baru...
    Tips
    Selasa, 04 Juli 2023 - 09:53 WIB
    Bacaan doa Tahun Baru Islam lengkap teks Arab, Latin dan artinya penting untuk menyambut 1 Muharram 1445 Hijriyah yang kemungkinan jatuh pada hari Rabu 19 Juli 2023.
  • KH Ahmad Baso: Nasionalisme...
    Dunia Islam
    Senin, 03 Mei 2021 - 10:44 WIB
    Cendekiawan Muslim KH. Ahmad Baso memaparkan bagaimana Walisongo berdakwah di masanya, ketika Nusantara masih didominasi oleh warga beragama Hindu dan Buddha.
  • Beriringan, Hukum Negara...
    Muslimah
    Sabtu, 22 Agustus 2020 - 06:45 WIB
    Kehidupan pernikahan menurut syariat Islam adalah mewujudkan rumah tangga yang sakinah mawaddah wa rahmah. Islam juga mengatur standar kedewasaan untuk menikah terhindar dari pelanggaran syariat Islam.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Benarkah saat Ziarah...
    Hikmah
    Selasa, 05 September 2023 - 16:03 WIB
    Salah satu adab yang terlupa ketika berziarah kubur yakni melepas alas kaki ketika di kuburan. Benarkah demikian? Bagaimana sebenarnya hukumnya dalam Islam?
  • Islam Menolak Keras...
    Hikmah
    Sabtu, 16 Desember 2023 - 07:35 WIB
    Imam Mohammad Jawad Chirri menegaskan Islam dengan tegas menolak azas Trinitas. Hal ini disampaikan ketika menjawab pertanyaaan Prof Dr Wilson H. Guertin: Bagaimana pandangan Islam terhadap azas Trinitas?
  • Terkesan Sepele, 4 Perbuatan...
    Tausyiah
    Selasa, 23 Juni 2020 - 15:11 WIB
    Banyak jalan menuju surga, begitu juga untuk meraih ridha Allah Taala banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan mengamalkan empat perbuatan ini.
  • Kisah Nabi Shaleh dan...
    Hikmah
    Selasa, 03 Desember 2019 - 05:15 WIB
    Nabi Shaleh alaihis salam (AS) memiliki kaum yang dikenal dengan kaum Tsamud. Dalam Aquran, Nabi Shaleh disebut sebanyak 9 kali. Nasab beliau tersambung ke Nabi Nuh.
  • 8 Fakta Apa dan Siapa...
    Dunia Islam
    Selasa, 24 Januari 2023 - 05:15 WIB
    Prof HS Tharick Chehab menyebut 8 fakta, apa dan siapa orang Yahudi itu. Mereka terdiri suku bangsa yang beragam . Adat dan kebudayaan yang datang berkumpul dari 102 negara.
  • Surat Al-Quran tentang...
    Hikmah
    Sabtu, 20 April 2024 - 05:15 WIB
    Surat Al-Quran tentang Kehancuran Israel tercantum dalam Surat Al-Isra Ayat 7. Bani Israil akan membuat kerusakan di muka bumi sebanyak dua kali.
  • Amr bin Ash Bermarkas...
    Hikmah
    Jum'at, 28 Juni 2024 - 21:44 WIB
    Setelah Amr bin Ash puas dengan penempatannya di sana dan melihat anggota pasukan yang 15.500 orang prajurit, ia yakin bahwa saat yang menentukan antara dia dengan pihak Romawi sudah di ambang pintu.
  • Hukum Memakai Behel...
    Muslimah
    Kamis, 08 Februari 2024 - 07:10 WIB
    Bagaimana hukumnya memakai behel gigi dalam Islam? Hukum ini penting diketahui umat Islam, mengingat tengah tren-nya penggunaan alat metode kecantikan tersebut.
  • Doa dan Wirid Akhir...
    Tips
    Senin, 17 Juli 2023 - 14:13 WIB
    Doa dan wirid akhir tahun hijriah ini hendaknya diamalkan sebelum salat Magrib akhir bulan Zulhijjah (29 Dzulhijjah atau malam 1 Muharram).
  • 6 Konsekuensi Bidah,...
    Tausyiah
    Rabu, 13 September 2023 - 09:15 WIB
    Hadis ini menjelaskan dalil haramnya perbuatan bidah atau perkara baru dalam agama yaitu ibadah yang tidak ada contohnya dari Nabi, karena Allah menyempurnakan agama-Nya, tidak butuh tambahan.
  • Kisah Terbelahnya Orientasi...
    Hikmah
    Kamis, 29 Desember 2022 - 14:55 WIB
    Kisah terbelahnya orientasi fiqih menjadi dua kubu, yakni kubu Hijaz (Mekkah dan Madinah) dan Irak terjadi pada masa Khalifah Muawiyah atau Dinasti Umayyah.
  • Mesjid Laweyan, Saksi...
    Hikmah
    Rabu, 09 Juli 2014 - 21:33 WIB
    Masjid yang berada di Kawasan Belukan, Kelurahan Pajang, Kecamatan Laweyan itu dibangun oleh Ki Ageng Henis, penasihat spiritual Kerajaan Pajang pada masa itu.
  • Syaikh Al-Qardhawi:...
    Tausyiah
    Selasa, 30 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Sesungguhnya seruan untuk berijtihad bukan sekadar asal-asalan dan membuka pintunya kepada setiap orang yang mengaku dengan lantang padahal belum terpenuhi syarat-syarat utama dalam ijtihad.
  • Kisah Mualaf Kapolda...
    Dunia Islam
    Selasa, 30 April 2024 - 16:57 WIB
    Kisah Mualaf Mathius D Fakhiri yang saat ini tengah mengemban amanat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Papua menarik untuk dibahas.
  • 4 Dalih Ingkar Hadis...
    Tausyiah
    Rabu, 22 Februari 2023 - 16:06 WIB
    Mereka tidak mengingkari sunnah, karena ingkar pada sunnah Nabi adalah mustahil bagi seorang muslim. Tetapi mereka ini dapat disebut sebagai golongan Ingkar Hadis (sebutlah Inkar al-Hadits).