Topik Terkait: Universitas Islam Madinah (halaman 121)

  • Apakah Al-Quran Mengemukakan...
    Tausyiah
    Selasa, 09 Januari 2024 - 15:11 WIB
    Hingga kini kita telah membicarakan dua jenis pernyataan Quran tentang masa depan yang tidak di-sangka-sangka: satu tipe mengenai nasib Quran itu sendiri, dan yang lain mengenai masa depan Islam.
  • Fungsi Pakaian Menurut...
    Tausyiah
    Senin, 01 Juli 2024 - 15:41 WIB
    Prof Quraish SHihab mengatakan dari sekian banyak ayat Al-Quran yang berbicara tentang pakaian, dapat ditemukan paling tidak ada empat fungsi pakaian.
  • Biografi dr Zakir Naik,...
    Dunia Islam
    Selasa, 10 Agustus 2021 - 13:22 WIB
    Biografi dr Zakir Naik pendakwah dari India ini sangat patut diketahui umat muslim. Kepiawaiannya dalam berdebat sangat mengagumkan, terutama ilmu tentang tauhid.
  • Romawi Merebut Kembali...
    Hikmah
    Rabu, 16 Oktober 2024 - 05:15 WIB
    Kaisar menyiapkan sebuah armada terdiri dari 300 buah kapal lengkap dengan tenaga manusianya, dipimpin oleh Manuel, dan dikerahkan ke tempat Iskandariah.
  • Kemaksiatan Hati yang...
    Tausyiah
    Senin, 14 Oktober 2024 - 13:49 WIB
    Jika ada kesempatan untuk meraih kepentingan dunia dan akhirat, maka orang itu lebih mengutamakan kepentingan yang pertama daripada kepentingan yang kedua. Inilah yang menyebabkan kehancurannya di dunia dan di akhirat kelak
  • 3 Hak Anak yang Wajib...
    Tausyiah
    Senin, 10 Agustus 2020 - 17:30 WIB
    Islam adalah agama yang sempurna karena tidak hanya mengatur urusan ibadah (hablumminallah), tetapi juga mengatur hubungan manusia dengan sesama manusia (hablumminannas).
  • 10 Doa Agar Dikaruniai...
    Tausyiah
    Senin, 13 Juli 2020 - 19:42 WIB
    Salah satu doa mustajab yaitu doa orang tua kepada anaknya. Bagi yang menginginkan anak saleh/saleha, baik, dan pintar, berikut doa yang bersumber dari Al-Quran dan Hadis.
  • Pandangan Fikih Islam...
    Tips
    Kamis, 21 Mei 2020 - 03:30 WIB
    Jika sebelumnya salat Jumat tak bisa dilangsungkan karena kekhawatiran bahaya virus ini, maka bagaimana dengan pelaksanaan Salat Idul Fitri yang hanya sekali dalam setahun?
  • Ngerinya Laki-laki Dayyuts,...
    Muslimah
    Rabu, 09 Februari 2022 - 08:59 WIB
    Ada ancaman mengerikan bagi laki-laki yang memiliki sifat dayyuts, apa itu? Dayyuts adalah laki-laki, baik itu ayah, suami, abang atau adik laki-laki yang tidak memiliki rasa cemburu.
  • Kisah Nabi SAW Mencintai...
    Hikmah
    Jum'at, 10 Maret 2023 - 11:56 WIB
    Rasulullah SAW sangat mencintai pamannya, Abbas bin Abdul Muthalib ra. Kendati demikian, beliau tidak memberi jabatan di pemerintahan kepada Abbas padahal sang paman sangat menginginkan jabatan tersebut.
  • Tren Mengonsumsi Serangga:...
    Hikmah
    Kamis, 07 September 2023 - 15:17 WIB
    Kini, serangga sudah dijajakan dalam bentuk produk olahan di sejumlah negara. Lalu bagaimana sesungguhnya hukum mengonsumsi serangga seperti itu?
  • Sejarah Salat, Awalnya...
    Hikmah
    Jum'at, 24 April 2020 - 08:23 WIB
    Menukil riwayat Imam Ahmad melalui jalur Muadz bin Jabal menceritakan pensyariatan salat, awalnya Nabi Muhammad SAW tiba di Madinah dan beliau salat selama 17 bulan menghadap arah Baitul Maqdis
  • Perempuan dalam Keluarga...
    Muslimah
    Kamis, 07 September 2023 - 11:27 WIB
    Islam menegaskan bahwa wanita berhak memilih suami dan berhak meminta cerai jika dia memang tidak menyukai suaminya, walaupun dia tidak dirugikan oleh suaminya.
  • Mengenal Lebih Dekat...
    Hikmah
    Minggu, 24 November 2019 - 05:55 WIB
    Jika ingin tau seberapa hebat dan dalamnya ilmu suatu mazhab maka pelajarilah ilmu tentang mazhab tersebut. Mazhab Syafii adalah satu dari empat mazhab ahlussunnah wal-jamaah (Hanafi, Maliki, Syafii, Hanbali).
  • Membaca Kisah Para Nabi...
    Tausyiah
    Rabu, 31 Agustus 2022 - 12:54 WIB
    Seorang muslim harus punya target dalam hidupnya. Hindari hidup yang mengalir begitu saja karena sesuatu yang mengalir pasti mengalir dari atas ke bawah. Karena itu harus semangat dan punya target dalam hidup.
  • Bolehkah Ngaji dari...
    Hikmah
    Rabu, 09 Juni 2021 - 15:20 WIB
    Jangan ngaji dari internet, Ngaji kok sama Mbah Google! Ungkapan-ungkapan seperti ini sering kita dengar sebagai nasihat dalam belajar agama. Berikut pesan Ustaz Ahmad Sarwat.
  • Daker Madinah Siapkan...
    Dunia Islam
    Senin, 10 Juli 2023 - 14:02 WIB
    Daker Madinah terus melakukan persiapan jelang kedatangan jemaah haji Indonesia gelombang kedua. Salah satunya menyiapkan fasilitas bagi jemaah haji lansia.
  • Hukum Menjadikan Lukisan...
    Tausyiah
    Sabtu, 26 Agustus 2023 - 13:06 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan menjadikan lukisan atau gambar sebagai sarana kemewahan, adalah terlarang dalam Islam. Hal ini sebagaimana pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW di rumahnya.
  • Karomah KH Muntaha al-Hafizh,...
    Dunia Islam
    Sabtu, 10 September 2022 - 15:12 WIB
    Kisah karomah KH Muntaha al-Hafizh, beras 10 kg dan gula 1 kg untuk sebulan ini dituturkan oleh Sayyid Fahmi Ismail Badr, salah seorang dosen yang diperbantukan di UNSIQ.
  • Macam-macam Talak Menurut...
    Muslimah
    Kamis, 24 Februari 2022 - 10:57 WIB
    Macam-macam talak menurut syariat Islam ada beberapa jenis, ada yang berdasarkan jumlah, boleh tidaknya rujuk, keadaan istri, dari segi penyampaian, serta dari segi langsung atau tidaknya suami menjatuhkan talak.