Topik Terkait: Universitas Islam Madinah (halaman 181)

  • Kenapa Adab Lebih Utama...
    Tausyiah
    Minggu, 23 Agustus 2020 - 21:23 WIB
    Imam Malik bin Anas berkata: Saat ibuku memasangkan imamah untukku, beliau mengatakan, Pergilah engkau ke Rabiah, dan belajarlah tentang adab sebelum ilmu.
  • Mengapa Islam Diturunkan...
    Tausyiah
    Sabtu, 18 Maret 2023 - 19:10 WIB
    Mengapa Islam diturunkah di Makkah, bukan di Indonesia misalnya. Lalu ada yang menjawab itu karena penduduk Mekah sangat bejat. Begini penjelasan al-Quran.
  • Ketika Ihsan Menjadi...
    Tausyiah
    Selasa, 17 Januari 2023 - 11:25 WIB
    Ihsan adalah pendidikan atau latihan untuk mencapai dalam arti sesungguhnya. Karena itu, ihsan menjadi puncak tertinggi keagamaan manusia. Begini penjelasannya.
  • Hukum Mengadakan Syukuran...
    Tips
    Sabtu, 02 Juli 2022 - 10:26 WIB
    Hukum mengadakan syukuran haji di kampung halaman masih menjadi perdebatan di kalangan ulama. Syukuran atau tasyakuran ibadah haji atau yang dikenal dengan walimatus safar ini, memang cukup populer.
  • Corona Mewabah, Media-media...
    Hikmah
    Sabtu, 14 Maret 2020 - 21:32 WIB
    Di tengah merebaknya virus Corona, media-media di Prancis memuji syariat Islam karena dinilai bermanfaat untuk menghindari dan mengantipasi penyakit menular seperti Corona.
  • Tabdzir dan Isrof, Sikap...
    Muslimah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 08:30 WIB
    Di antara sekian banyak hal yang sering menyibukkan perempuan adalah suka berhias dan berdandan. Sebenarnya hal itu tidak tercela selama masih dalam batas -batas syari dan koridor agama.
  • Hapalan Al Quran Menjadi...
    Muslimah
    Jum'at, 18 Desember 2020 - 14:32 WIB
    Mahar diartikan sebagai harta yang diberikan suami kepada istri sebagai imbalan dan penghargaan atas kesediaanya dihalalkan untuk dinikahi. Bagaimana jika mahar itu diberikan dalam bentuk hapalan Al-Quran, boleh atau tidak?
  • Hukum Memakai Hiasan...
    Muslimah
    Senin, 27 Juni 2022 - 09:38 WIB
    Celak digunakan di sekeliling kontur mata untuk menciptakan berbagai efek estetika. Lantas bagaimana hukum memakai celak ini bagi muslimah? Apakah hiasan tersebut bisa menimbulkan tabarruj?
  • 7 Tempat Bersejarah...
    Dunia Islam
    Jum'at, 05 Mei 2023 - 09:26 WIB
    Madinah merupakan salah satu Kota Suci bagi umat Muslim selain Mekkah yang memiliki sejumlah tempat bersejarah yang dapat dikunjungi.
  • Reconquista: Ini Kenapa...
    Hikmah
    Sabtu, 24 Agustus 2024 - 10:57 WIB
    Salah satu faktor kegagalan Reconquista pada masa awal adalah karena kerajaan-kerajaan Kristen di Semenanjung Iberia belum bersatu dan mempunyai hubungan politik yang buruk.
  • Ayat-ayat Al Quran Tentang...
    Muslimah
    Minggu, 06 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Ada ayat-ayat Al Quran tentang cinta dan jodoh yang bisa menjadi petunjuk dari Allah subhanahu wa taala. Jodoh, rezeki, dan kematian kita sendiri sudah termaktub dalam Lauh Mahfudz, bukan berarti kita tidak dapat memilih jodoh yang kita inginkan
  • Alhamdulillah! Ini Manfaat...
    Tausyiah
    Senin, 08 Februari 2021 - 16:40 WIB
    Salah Tahajud adalah salat yang dikerjakan pada malam hari setelah tidur dari Isya hingga menjelang Subuh. Ibadah ini ternyata memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh.
  • Suka Ikut Kajian? Ini...
    Muslimah
    Minggu, 22 Oktober 2023 - 12:20 WIB
    Belajar dan terus menuntut ilmu merupakan salah satu yang dianjurkan untuk kaum muslimah. Karena kaum muslimah juga mempunyai peran dan tanggung jawab tersendiri dalam kehidupan ini.
  • 7 Etika Calon Jemaah...
    Tips
    Kamis, 16 Mei 2024 - 13:20 WIB
    Ada beberapa etika yang harus diperhatikan calon jemaah haji yang disampaikan oleh Imam Al-Ghazali agar mendapatkan atau yang menginginkan derajat haji mabrur. Etika apa saja?
  • Sekecil Apapun Amal...
    Muslimah
    Rabu, 05 Agustus 2020 - 12:32 WIB
    Ummu Mahjan, itulah nama yang biasa orang memanggilnya. Ia seorang perempuan miskin yang memiliki tubuh yang lemah. Namun, keberadaannya tidak luput dari perhatian Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam.
  • 4 Golongan Manusia yang...
    Hikmah
    Rabu, 10 Juni 2020 - 16:11 WIB
    Mendengar kata surga (Al-Jannah) tentu yang terbayang di benak kita adalah tempat yang penuh kenikmatan dan kebahagiaan. Tidak ada sedih, duka, kesusahan, ketakutan apalagi permusuhan.
  • 8 Derajat Ahli Waris...
    Tausyiah
    Selasa, 20 Februari 2024 - 18:47 WIB
    Di antara ahli waris yang satu dan lainnya mempunyai perbedaan derajat dan urutan. Berikut ini ahli waris berdasarkan urutan dan derajatnya, menurut Prof Muhammad Ali ash-Shabuni.
  • Ramadhan dan Restorasi...
    Tausyiah
    Selasa, 10 Mei 2022 - 16:34 WIB
    Islam dan ibadah ada di masjid, tapi juga di pasar dan parlemen. Islam dan ibadah itu ada di bulan Ramadan dan Dzuhijjah, tapi juga ada di bulan-bulan yang lain.
  • Askar Kauny Bersihkan...
    Hikmah
    Kamis, 04 Juni 2020 - 23:49 WIB
    Meski masa PSBB diperpanjang, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi membolehkan tempat ibadah dibuka mulai besok Jumat, 5 Juni 2020 dengan protokol kesehatan.
  • Wabah Covid-19, Quraish...
    Hikmah
    Senin, 13 April 2020 - 10:35 WIB
    Menurut Quraish Shihab, corona ini bukan siksa, tapi peringatan. Peringatan supaya kita menjadi lebih baik, supaya kita menjadi lebih eling, supaya kita lebih banyak menjalin hubungan antarsesama.