Topik Terkait: Wukuf (halaman 500)

  • Ngabuburit ala seniman Magelang
    Hikmah
    Selasa, 30 Juli 2013 - 18:33 WIB
    Ratusan orang yang mulanya hanya menghabiskan waktu untuk menunggu datangnya buka puasa di Alun-alun Kota Magelang, mendapat siraman rohani dari sejumlah seniman.
  • Berbagi lewat parsel dan kartu Lebaran
    Hikmah
    Rabu, 31 Juli 2013 - 08:46 WIB
    Anak-anak SD Khadijah Surabaya punya cara unik rayakan Ramadan. Salah satunya dengan mengadakan lomba menghias parsel sebagai bentuk kemurahan hati untuk berbagi. Acara yang diikuti siswa kelas I-VI ini sebenarnya merupakan acara puncak dari rangkaian kegiatan pondok Ramadan yang tiap tahun digelar oleh sekolah.
  • Masjid Wotgaleh, bangunan kuno yang jadi favorit
    Hikmah
    Rabu, 31 Juli 2013 - 09:09 WIB
    Bangunan dengan arsitektur khas Keraton Yogyakarta, sampai saat ini terlihat masih tetap terjaga di Masjid Wotgaleh. Bahkan, masyarakat sekitarnya tetap menjadikan masjid tersebut sebagai tempat favorit dalam melakukan kegiatan keagamaan.
  • Penyakit masyarakat
    Tausiyah
    Kamis, 01 Agustus 2013 - 14:21 WIB
    Penyakit umat-umat (lain) akan mengenai umatku, (yaitu) mengingkari nikmat, sombong, bermegah-megahan, bermusuhan dalam (perkara) dunia, saling membenci, saling mendengki hingga melampaui batas (HR. Hakim).
  • Terima kasih Ramadan
    Tausiyah
    Jum'at, 02 Agustus 2013 - 06:37 WIB
    Dalam ibadah puasa tersimpan pembelajaran hidup agar sanggup menunda kenikmatan sesaat untuk tujuan kenikmatan lebih besar di masa mendatang. cara psikologis, bulan Ramadan adalah bulan interupsi, edukasi, dan revitalisasi melawan rutinitas hidup yang cenderung membuat aktivitas kita bersifat mekanistis dan tanpa kedalaman makna.
  • Perang besar
    Tausiyah
    Jum'at, 02 Agustus 2013 - 08:38 WIB
    &ldquoPerang besar apalagi yang akan kita hadapi, ya Rasulullah?&rdquo Nabi Muhammad SAW menjawab, &ldquojihaadun nafsi (perang melawan hawa nafsu).&rdquo Bahwa sesungguhnya perang melawan hawa nafsu itu lebih besar nilainya dibanding dengan perang fisik
  • Dari pengajian lahirlah pemberdayaan
    Hikmah
    Jum'at, 02 Agustus 2013 - 09:23 WIB
    Difasilitasi oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Masyarakat Berdaya Indonesia (MBI) Jateng, Komunitas Angkringan Jamur Petruk juga mampu membagi-bagikan sembako kepada warga yang kurang mampu saat Ramadan ini.
  • Tidak curang
    Tausiyah
    Sabtu, 03 Agustus 2013 - 06:55 WIB
    Rasulullah SAW bersabda: &ldquoKenapa kamu tidak menempatkan bagian yang basah&nbsp di bagian atas hingga dapat dilihat orang . Barangsiapa yang curang terhadap kami, maka ia bukan golongan kami (HR. Muslim, Ibnu Majah dan Tirmidzi).
  • Momentum bersyukur dan jalan menuju fitrah
    Hikmah
    Minggu, 04 Agustus 2013 - 06:54 WIB
    Friderica Widyasari Dewi merasa tahun ini lebih khusyuk dibanding tahun lalu, saat hamil besar. Dia merasa nikmat Allah begitu besar kepadanya dan keluarga.
  • Menjadi relawan itu menyenangkan
    Hikmah
    Senin, 05 Agustus 2013 - 06:53 WIB
    Bagi mereka yang sudah menemukan keasyikan dalam membantu orang lain, hal tersebut menjadi hal berbeda. Bahkan, mereka merasa bangga ketika bisa membantu banyak orang pada saat yang tepat, yakni pada saat mudik.&nbsp
  • Melestarikan nilai-nilai Ramadan
    Tausiyah
    Senin, 05 Agustus 2013 - 08:49 WIB
    Tugas berat kita untuk membuktikan keberhasilan ibadah Ramadan itu dengan peningkatan ketaqwaan kepada Allah SWT, karenanya bulan sesudah Ramadan adalah Syawal yang artinya peningkatan. Disinilah letak pentingnya melestarikan nilai-nilai Ibadah Ramadan.
  • Berpuasa setelah puasa
    Tausiyah
    Selasa, 06 Agustus 2013 - 06:32 WIB
    Nabi Muhammad SAW sendiri sudah menyinggung dalam sebuah hadisnya yang berbunyi, &ldquoBanyak di antara umat-Ku yang melakukan puasa, tetapi mereka tidak mendapatkan apaapa kecuali hanya lapar dan dahaga (kam min shoimin laisa lahu min shiyaihi illa l-juu&rsquo wal athos).
  • Usaha mendapatkan harta
    Tausiyah
    Selasa, 06 Agustus 2013 - 07:40 WIB
    Hijrah Nabi SAW dan para sahabat ke Madinah meninggalkan banyak kisah menarik dan pelajaran yang sangat berharga. Satu diantaranya tentang persaudaraan yang sangat indah.
  • Hebohnya Lebaran
    Tausiyah
    Senin, 12 Agustus 2013 - 13:06 WIB
    Sejak Selasa lalu saya menerima ribuan pesan hari raya dari berbagai penjuru, melalui telepon, kartu Lebaran, Facebook, SMS, dan Twitter. Pada 1 Syawal sejak Rabu jam 23 malam sampai Kamis jam 3.30 pagi saya asyik merespons berbagai pesan yang masuk melalui Twitter maupun SMS.
  • Kisah Siti Khadijah di Surat Al-Muzzammil, Selimut Nabi SAW dari Istri Tercinta
    Tausyiah
    Kamis, 05 Agustus 2021 - 14:56 WIB
    Dalam surat Al-Muzzammil memang tidak menyebut-nyebut nama Siti Khadijah. Namun sejumlah hadist menceritakan tentang kondisi dan situasi saat turunnya Surat Al-Muzzammil itu.
  • Pengaruh Doa Rasulullah SAW Pada Jalan Hidup Ibnu Abbas
    Hikmah
    Kamis, 05 Agustus 2021 - 15:19 WIB
    Ibnu Abbas bersama Rasulullah SAW selagi masih becil. Rasulullah wafat sebelum ia mencapai usia dewasa. Nabi SAW selalu mendoakan supupunya itu. Dan doa itu memperngaruhi jalan hidupnya.
  • Sedekah Ekstrim, Sedekah yang Dibalas Pahala Allah dengan Ekstrem Pula
    Tips
    Rabu, 18 Agustus 2021 - 17:05 WIB
    Sedekah ekstrim atau sedekah dengan harta terbaik yang kita miliki dengan keyakinan akan mendapat balasan langsung yang ekstrem pula, telah dijanjikan Allah dalam Al Quran.
  • Syibl al-Madari: Jika Sudah Rezeki Takkan Tertukar
    Hikmah
    Rabu, 18 Agustus 2021 - 16:53 WIB
    Syibl al-Madari membeli daging. Belum sempat sampai rumah, daging yang ia bawa tiba-tiba direbut burung rajawali. Syibl mengikhlaskan daging itu untuk rajawali.
  • Sejarah Sunan Gunung Jati dan Jakarta, Beda  Fatahillah dan Syarif Hidayatullah
    Hikmah
    Rabu, 18 Agustus 2021 - 17:19 WIB
    Sejarah Sunan Gunung Jati dan Jakarta tak bisa dipisahkan. Hanya saja, seringkali terjadi kerancuan antara nama Fatahillah dengan Syarif Hidayatullah yang bergelar Sunan Gunung Jati.
  • Kisah Bakhtiar Baba, Penguasa Tiran, dan Nabi Khidir
    Hikmah
    Sabtu, 04 September 2021 - 19:13 WIB
    Seorang lelaki miskin dan buta bernama Bakhtiar Baba, menyusun siasat untuk memperoleh uang yang cukup untuk masa depan istrinya dengan cara menipu raja.