Topik Terkait: Zakat Fitri (halaman 2)

  • Tata Cara, Waktu, dan Niat Zakat Fitrah Lengkap Bahasa Arab, Latin, serta Arti
    Tips
    Minggu, 07 April 2024 - 08:21 WIB
    Tata cara, waktu, dan niat zakat fitrah penting diketahui umat Muslim. Terlebih, saat ini sudah memasuki malam-malam terakhir bulan Ramadan dan menjelang Idulfitri.
  • Bukan Sekadar Panitia, Berikut 9 Amil Zakat dan Tugasnya
    Tips
    Senin, 25 April 2022 - 09:05 WIB
    Tugas Amil Zakat adalah mengambil dan mendistribusikan harta zakat kepada mustahiq. Amil tidak sama dengan panitia zakat yang hanya dibentuk atas inisiatif masyarakat.
  • 8 Golongan Orang yang Berhak Menerima Zakat
    Tausyiah
    Selasa, 26 Maret 2024 - 04:09 WIB
    Dalam prinsip Islam, membayar zakat bukan hanya sekadar kewajiban, tetapi juga merupakan cara untuk membersihkan harta serta memperlihatkan kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan. Lantas siapa saja yang berhak menerima zakat tersebut?
  • Apakah Boleh Bayar Zakat Fitrah Online?
    Tausyiah
    Senin, 01 April 2024 - 12:55 WIB
    Apakah boleh membayar zakat fitrah secara online? Pertanyaan ini mengemuka dengan berkembangnya teknologi digital saat ini, termasuk perihal pembayaran zakat.
  • Zakat Bukan Suatu Kebaikan Hati Pihak yang Memberi, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Jum'at, 05 April 2024 - 05:15 WIB
    Zakat itu bukanlah suatu karitas, bukan suatu kebaikan hati pihak orang yang memberikannya, tapi suatu bentuk keadilan internal yang terlembaga, suatu yang diwajibkan.
  • Inilah Golongan yang Berhak Menerima Zakat Fitrah dan Dalilnya
    Tausyiah
    Selasa, 11 April 2023 - 08:03 WIB
    Zakat fitrah diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan di bulan Ramadan menjelang Idul Fitri. Lantas siapa saja yang berhak menerima zakat fitrah ini?
  • 7 Keutamaan Zakat dalam Al-Quran dan Hadis
    Tausyiah
    Sabtu, 15 April 2023 - 23:27 WIB
    Keutamaan zakat dalam Islam penting diketahui kaum muslim. Kata zakat berasal dari bahasa Arab yang artinya menyucikan. Berikut 7 keutamaan zakat dalam Al-Quran dan Hadis.
  • Niat Sholat Idul Fitri dalam Bahasa Arab dan Terjemahannya
    Tips
    Senin, 17 April 2023 - 13:57 WIB
    Niat sholat Idul Fitri dapat dilakukan dalam hati sebelum melaksanakan sholat Ied. Bagaimana lafadz niat sholat Iidul Fitri ini dalam bahasa arab dan terjemahannya?
  • Idul Fitri dan Keselamatan Jiwa
    Hikmah
    Kamis, 21 Mei 2020 - 15:46 WIB
    Salah satu tujuan paling hakiki agama diturunkan adalah untuk memberi petunjuk supaya umat manusia memperoleh keselamatan di dunia dan akhirat.
  • Begini Ulasan Quraish Shihab Mengenai Esensi Perayaan Idul Fitri
    Tausyiah
    Sabtu, 15 Mei 2021 - 14:44 WIB
    Idul fltri mengandung pesan agar yang merayakannya mewujudkan kedekatan kepada Allah dan sesama manusia. Kedekatan tersebut diperoleh antara lain dengan kesadaran terhadap kesalahan yang telah diperbuat.
  • Menumbuhkan Semangat Saling Berbagi Menuju Jiwa yang Fitri
    Dunia Islam
    Senin, 02 Mei 2022 - 02:57 WIB
    Wakil Sekretaris Komisi Dakwah MUI, KH Khariri Makmun menyatakan, 1 Syawal kembali fitrah dan menang melawan hawa nafsu, termasuk mengembalikan fitrah beragama.
  • Cara Menghitung Zakat Pertanian dan Contoh Perhitungannya
    Tips
    Rabu, 22 Juni 2022 - 10:05 WIB
    Pertanian termasuk salah satu katagori hasil usaha yang wajib ditunaikan zakat-nya. Bagaimana cara menghitung zakat pertanian ini dan apa dalil yang menguatkannya?
  • Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga Lengkap Arab dan Terjemahan
    Tips
    Senin, 25 Maret 2024 - 15:39 WIB
    Bacaan niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga perlu diamalkan umat muslim yang hendak menunaikan kewajibannya. Berikut bacaannya lengkap terjemahan,
  • Hukum Makan Sebelum Sholat Idul Fitri
    Tips
    Minggu, 01 Mei 2022 - 03:30 WIB
    Umat muslim perlu mengetahui hukum makan sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri. Seperti diketahui 1 Syawal merupakan waktu yang diharamkan untuk berpuasa.
  • Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal Berikut Takarannya
    Tausyiah
    Rabu, 19 April 2023 - 07:01 WIB
    Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal penting diketahui kaum muslim berikut takarannya. Untuk diketahui, zakat sudah diwajibkan sebelum masa Rasulullah shollallahu alaihi wasallam.
  • Mengenal Amil Zakat, Tugas, dan Syaratnya
    Tips
    Selasa, 19 April 2022 - 17:06 WIB
    Membayar zakat adalah kewajiban bagi masing-masing umat muslim yang mampu, akan tetapi yang kurang mampu harus menerima zakat. Maka dari itu, kita membutuhkan amil zakat untuk membantu kita.
  • Niat dan Tata Cara Sholat Idul Fitri Lengkap Arab dan Latin
    Tausyiah
    Minggu, 01 Mei 2022 - 23:31 WIB
    Berikut ini kamu ulas kembali bacaan niat dan tata cara sholat Idul Fitri (Ied). Sholat Ied dikerjakan 2 rakaat secara berjamaah. Tidak disyariatkan Adzan padanya.
  • Bacaan Takbir Idul Fitri Lengkap Tulisan Arab, Latin, dan Artinya
    Tausyiah
    Minggu, 01 Mei 2022 - 23:02 WIB
    Menyambut Idul Fitri, Umat muslim dianjurkan mengumandangkan takbir dimulai dari sejak terbenam matahari terakhir Ramadhan sampai selesai pelaksanaan salat Ied.
  • Tantangan bagi Amilin dan Amilat Zakat
    Tausyiah
    Senin, 11 Mei 2020 - 09:03 WIB
    Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah yang di dalam bulan itu Allah SWT memberi kesempatan kepada kita semua untuk memperbanyak amal saleh. Satu di antara amal saleh yang sangat dianjurkan adalah menunaikan zakat.
  • Zakat Yang Penuh Dengan Keberkahan
    Tausyiah
    Selasa, 27 April 2021 - 11:35 WIB
    Berbicara mengenai persoalan zakat, Allah SWT memerintahkan untuk mengeluarkan zakat bagi hambanya di dalam Alquran, dirikan sholat dan tunaikan zakat.