Kumpulan Artikel: Khalifah (halaman 12)

  • Hadis Nabi tentang Sapi dan Srigala yang Berbicara dengan Bahasa Manusia
    Hikmah
    Sabtu, 04 Juli 2020 - 05:00 WIB
    Seolah-olah sapi berkata, kamu telah berbuat zalim kepadaku, karena kamu telah menggunakanku untuk sesuatu di mana Allah menciptakanku bukan untuk hal itu.
  • Detik-Detik Ketika Umar bin Abdul Aziz  Diangkat Jadi Khalifah
    Hikmah
    Selasa, 30 Juni 2020 - 13:44 WIB
    Saat dirinya diangkat menggantikan Sulaiman bin Abdul Malik, sebagai khalifah, Umar bin Abdul Aziz mengatakan, sesungguhnya aku telah mendapat musibah dengan urusan ini.
  • 5 Karomah Sayyidina Ali bin Abi Thalib
    Hikmah
    Senin, 22 Juni 2020 - 17:45 WIB
    Salah satu keistimewaan Ali bin Abi Thalib adalah orang kedua memeluk Islam, setelah Sayyidah Khadijah istri Nabi Shallallahu alahi wa sallam. Selain keistimewaan itu, ada 5 karomah Sayyidina Ali.
  • Akhlak Umar bin Khattab dan Kesedihannya Ketika Nabi Wafat
    Hikmah
    Kamis, 18 Juni 2020 - 18:57 WIB
    Umar tidak percaya Nabi telah wafat. Ia berkata, sungguh, Rasulullah pasti akan kembali seperti Musa. Orang yang menduga bahwa dia telah meninggal, tangan dan kakinya harus dipotong!
  • Di Kaki Kabah, Tatkala Khalifah Meminta Fatwa dari Bekas Budak
    Hikmah
    Kamis, 18 Juni 2020 - 15:07 WIB
    Tiada aku melihat seorangpun yang lebih mengharapkan wajah Allah dengan ilmunya melainkan tiga orang, Atha, Thawus, dan Mujahid (Salamah bin Kuhail)
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Zubair: Orang Pertama yang Menghunuskan Pedang di Jalan Allah
    Hikmah
    Kamis, 11 Juni 2020 - 04:59 WIB
    Khalifat Ali bin Abu Thalib menatap kubur Zubair sambil mengatakan, sungguh kedua telingaku ini mendengar Rasulullah bersabda, Thalhah dan Zubair berjalan di surga.
  • Kisah Cinta Mengharukan Atikah dan Abdullah Putra Abu Bakar
    Hikmah
    Senin, 08 Juni 2020 - 18:16 WIB
    Karena mabuk cinta, membuat Abdullah enggan terlibat dalam berbagai ekspedisi yang dilakukan oleh kaum Muslimin. Inilah yang membuat Abu Bakar marah.
  • Teladan Sikap Wara Rasulullah dan Para Khulafaur Rasyidin
    Tausyiah
    Jum'at, 05 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Asal arti kata wara adalah menahan diri dari yang diharamkan dan merasa risih dengannya. Berikut ada teladan Rasulullah SAW dan para Khulafaur Rasyidin.
  • Karomah Abu Bakar Shiddiq yang Tidak Diketahui Banyak Orang
    Hikmah
    Kamis, 04 Juni 2020 - 07:30 WIB
    Khalifah Abu Bakar As-Shiddiq radhiallhuanhu adalah sahabat yang paling dicintai Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Berikut karomah beliau yang menakjubkan.
  • Umar bin Khattab: Si Kidal Penggembala Unta dengan Ayah yang Pemarah
    Hikmah
    Selasa, 02 Juni 2020 - 16:05 WIB
    Gambaran Umar bin Khattab semasa jahiliyah lebih mirip dalam dunia kelam. Ayahnya yang miskin dan pemarah.Umar adalah si kidal penggembala unta.
  • Pesan Nabi, Teladanilah Dua Orang Ini Sepeninggalku
    Hikmah
    Senin, 01 Juni 2020 - 06:30 WIB
    Para Khalifah yang mulia (Al-Khulafa al Rasyidun) merupakan golongan paling istimewa di antara para sahabat Nabi. Mereka pemilik keutamaan yang sempurna. Dari empat Khulafaur Rasyidin, ada dua sahabat terbaik.
  • Khalifah Umar Pecat Khalid bin Walid demi Selamatkan Tauhid Umat
    Hikmah
    Rabu, 13 Mei 2020 - 16:32 WIB
    Mendengar keterangan Umar yang tegas menegakkan tauhid itu Khalid menerima kebijakan khalifah dengan ikhlas. Maka besoknya ia kembali ke medan perang.
  • Umair bin Saad, Gubernur Miskin yang Menenun Jubahnya Sendiri
    Hikmah
    Senin, 13 April 2020 - 15:41 WIB
    Umair mengambil kantong kulitnya. Ia memasukkan bekalnya. Kemudian menggantungkan peralatan itu di bahunya. Ia berjalan kaki dari Himsha menuju Madinah.
  • Tarawih di  Masa Abu Bakar, Anak-anak Dijadikan Imam
    Hikmah
    Senin, 13 April 2020 - 07:56 WIB
    Di zaman Abu Bakar RA sebagai khalifah, Sayyidah Aisyah menjadikan anak-anak penghafal Al-Quran sebagai Imam salat di malam Ramadhan. Ini berbeda.