Topik Terkait: Dighibahi Atau Dizalimi

  • Bolehkah Mengucapkan Kata Buruk Ketika Dighibahi dan Didzalimi?
    Muslimah
    Selasa, 25 Januari 2022 - 09:03 WIB
    Muslimah, ketika kita mendapat perlakukan tidak baik, dighibahi atau didzalimi orang lain, pasti kita merasa sakit hati dan marah. Ada perasaan dendam dan ingin membalasnya bukan?
  • Inilah Sikap Terbaik Ketika Dighibahi atau Dizalimi
    Muslimah
    Sabtu, 03 Juli 2021 - 10:19 WIB
    Ketika kita mendapat perlakukan tidak baik, dighibahi atau dizalimi orang lain, pasti kita merasa sakit hati dan marah. Tapi, ternyata sikap yang baik ketika kita dizalimi adalah istighfar dan melakukan muhasabah.
  • Bagaimana Hukum Mengghibah Orang yang Sudah Terkenal Keburukannya?
    Muslimah
    Senin, 21 Februari 2022 - 10:21 WIB
    Ghibah adalah dosa besar yang telah Allah dan RasulNya telah tegas dengan permisalan yang sangat buruk. Namun bagaimana bila mengghibah orang yang sudah terkenal dengan keburukannya?
  • Sebenarnya Darah itu Suci atau Najis?
    Muslimah
    Selasa, 03 November 2020 - 12:49 WIB
    Sebenarnya darah ini, termasuk suci atau najis? Hal ini penting diketahui kaum muslim, karena menyangkut masalah yang berkaitan dengan thaharah (bersuci).
  • Malam Jumat Baca Surat Al-Kahfi Atau Yasin?
    Tips
    Kamis, 09 Desember 2021 - 18:08 WIB
    Banyak yang bertanya, malam Jumat membaca Surat Al-Kahfi atau Yasin? Mana yang harus diamalkan? Mari kita simak penjelasannya berikut.
  • Lebih Afdhal Mana, Kurban Sapi Atau Kambing? Ini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 13 Juni 2022 - 07:30 WIB
    Umat muslim di Indonesia biasanya berkurban dengan sapi, kambing dan domba. Pertanyaannya, lebih afdhal mana kurban sapi atau kambing? Simak penjelasannya.
  • Mana Lebih Baik Kurban Jantan Atau Betina? Ini Jawaban Mazhab Syafii
    Tausyiah
    Selasa, 21 Juni 2022 - 15:07 WIB
    Mana lebih baik atau lebih afdhol berkurban dengan hewan jantan atau betina? Berikut jawaban Mazhab Syafii dinukil dari Kitab Al-Majmu Syarh Al-Muhadzdzab
  • Mana yang Harus Diutamakan, Nafkah Istri Atau Orang Tua?
    Tips
    Jum'at, 28 April 2023 - 20:58 WIB
    Seluruh ulama sepakat bahwa wajib hukumnya suami memberi nafkah kepada istrinya setelah pernikahan sah. Pertanyaannya, mana yang harus diutamakan, nafkah istri atau orang tua?
  • Bicara yang Baik Atau Diam!
    Tausyiah
    Kamis, 02 Desember 2021 - 08:09 WIB
    Rasulullah SAW sendiri bahkan menjamin surga bagi siapa yang mampu menjaga lisannya. Ini sekaligus menandakan urgensi berhati-hati dalam berkata atau berbicara.
  • Ketika Muslimah Membuka Hijabnya, Kapan Waktunya yang Tepat?
    Muslimah
    Jum'at, 26 November 2021 - 08:02 WIB
    Berhijab atau jilbab merupakan penerapan kaum muslimah dalam melaksanakan perintah menutup aurat. Namun dalam kesehariannya, mereka memilih berjilbab ketika hendak pergi ke luar rumah saja
  • Kurban 1 Kambing Atau Patungan Sapi 7 Orang? Ini Pendapat Gus Baha
    Tausyiah
    Sabtu, 04 Juni 2022 - 08:05 WIB
    Berikut Pendapat Gus Baha tentang mana yang lebih baik, kurban 1 kambing atau patungan sapi dibagi 7 orang. Selama ini kurban patungan sapi lazim dilakukan umat muslim.
  • Keutamaan Antara Mendahulukan Nafkah ke Istri Atau Orang Tua?
    Muslimah
    Kamis, 15 Juli 2021 - 09:08 WIB
    Seorang suami memiliki kewajiban nafkah kepada istri dan anak-anaknya. Ia juga berkewajiban menafkahi orang tuanya. Namun, setelah menikah, seorang lelaki harus bisa bersikap adil dan bijak terhadap istrinya dan terhadap orangtuanya. Lantas mana yang harus didahulukan?
  • Mengenakan Pakaian Populer, Makruh atau Haram?
    Muslimah
    Minggu, 25 Oktober 2020 - 06:54 WIB
    Pakaian adalah perhiasan hidup manusia, dengan pakaian itu manusia akan tampak indah, rapi, menawan sehingga penampilan semakin mantap. Namun demikian, hal yang harus dihindari dalam berpakaian ialah pakaian syuhrah atau pakaian popularitas. Kenapa?
  • Mana yang Lebih Utama, Kurban Sapi Atau Kambing?
    Tausyiah
    Rabu, 22 Juli 2020 - 20:37 WIB
    Pertanyaan fiqih kurban yang satu ini sering muncul di kalangan umat Islam. Lebih utama mana kurban sapi atau kambing? Berikut penjelasan Ustaz Muhammad Ajib.
  • Bercadar Karena Ilmu atau Tren, Ini Pembedanya!
    Muslimah
    Kamis, 27 Mei 2021 - 12:42 WIB
    Pemandangan perempuan bercadar saat ini sudah tidak aneh. Kian banyak kaum muslimah tidak malu-malu lagi mengenakan pakaian yang menutup aurat tersebut. Namun ada pembeda yang bercadar dengan ilmu atau hanya ikut tren semata.
  • Berikut Ini Mereka yang Terpelihara dari Fitnah dan Azab Kubur
    Tausyiah
    Senin, 08 Maret 2021 - 05:00 WIB
    Sebagian kaum mukmin yang melakukan amal-amal besar atau tertimpa musibah besar akan terjaga dari fitnah dan azab kubur. Siapa sajakah mereka itu?
  • Hukum Paylater dalam Islam, Halal atau Haram?
    Tausyiah
    Kamis, 22 Februari 2024 - 10:19 WIB
    Ssistem transaksi digital yang tengah tren adalah paylater (sistem transaksi bisnis yang pembayarannya bisa dilakukan di belakang atau kemudian hari). Bagaimana sebenarnya hukum paylater ini dalam Islam?
  • Pilih Dunia atau Akhirat? Ini Jawaban Alquran
    Hikmah
    Kamis, 10 Oktober 2019 - 05:01 WIB
    Banyak orang mendambakan kehidupan terbaik di dunia dan akhirat. Namun, tak sedikit di antara umat Islam justru kebingungan menentukan jalan hidupnya.
  • Bacaan Doa Setelah Mengalami Mimpi Baik atau Buruk
    Tips
    Rabu, 16 Agustus 2023 - 19:04 WIB
    Ketika hendak tidur, kita diperintahkan berdoa, selain mohon perlindungan dari gangguan setan, doa ini untuk menghindarkan terutama mimpi buruk tersebut.
  • Menelisik Yahudi di Madinah, Keturunan Arab Atau Ibrani?
    Dunia Islam
    Senin, 25 Juli 2022 - 15:19 WIB
    Sejarah yang jelas dan valid mengenai awal keberadaan kaum Yahudi di Yatsrib (yakni Madinah zaman dahulu) tidak diketahui secara pasti. Bahkan, asal-usul orang-orang Yahudi itu pun tidak jelas.