Topik Terkait: Kesalahan Membaca Al Fatihah

  • Khasiat Membaca Surat Al-Fatihah Sebanyak 7 Kali
    Tips
    Senin, 30 Januari 2023 - 17:24 WIB
    Sebagai induk dari semua isi Al-Quran, Al-Fatihah juga disebut Ummul Quran atau pembuka kitab suci Al-Quran. Surat ini memiliki khasiat dan keutamaan luar biasa.
  • Fadhilah Membaca Al-Fatihah Ketika Membuka Acara Atau Pengajian
    Hikmah
    Rabu, 13 September 2023 - 06:30 WIB
    Keagungan Surah Al-Fatihah tidak ada tandingannya sehingga dijuluki Ummul Quran. Tak heran jika surat yang satu ini sering dibaca ketika membuka acara atau pengajian.
  • Membaca Al Fatihah untuk Orang Sakit
    Tips
    Sabtu, 14 Agustus 2021 - 16:43 WIB
    Membaca Al-Fatihah untuk orang sakit sangat dianjurkan, karena memiliki banyak fadhilah atau keutamaan. Selain itu, surat Al-Fatihah juga dinamakan al-Syifa (obat/penyembuh).
  • Ini Dalil Mendoakan Mayit dengan Membaca Al-Fatihah
    Tausyiah
    Senin, 12 Juli 2021 - 19:47 WIB
    Anjuran mendoakan mayit merupakan bagian dari perintah syariat. Ada yang bertanya, apakah ada dasar hukum mendoakan orang yang meninggal dengan membaca Surah Al-Fatihah?
  • Manfaat Membaca Surat Al-Fatihah 100 Kali
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Desember 2021 - 22:29 WIB
    Ulama ahli tafsir Al-Quran asal Rembang Gus Baha (KH Ahmad Bahauddin Nursalim) menjelaskan manfaat membaca Surat Al-Fatihah 100 Kali. Berikut penjelasannya.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Hukum Membaca Al-Fatihah Sebelum Membaca Al-Quran
    Tips
    Selasa, 06 September 2022 - 11:46 WIB
    Hukum membaca Al-Fatihah sebelum membaca Al-Quran adalah sesuatu amalan yang tidak dicontohkan Rasulullah SAW maupun para sahabat nabi ra. Hal itu sebagai sesuatu yang diada-adakan.
  • Tafsir Al-Fatihah Ayat 4: Peringatan Tentang Hari Pembalasan
    Hikmah
    Rabu, 03 November 2021 - 21:50 WIB
    Surat Al-Fatihah dijuluki Ummul Quran (induk Al-Quran) karena merupakan induk dari semua isi Al-Quran. Berikut tafsir Al-Fatihah Ayat 4 yang wajib kita imani.
  • Jika Imam Membaca Al-Fatihah Terlalu Cepat, Bagaimana Sikap Makmum?
    Tips
    Rabu, 31 Mei 2023 - 17:55 WIB
    Di antara umat muslim mungkin pernah mendapati imam membaca Al-Fatihah terlalu cepat ketika sholat berjamaah. Bagaimana sikap makmum menyikapi hal ini? Berikut penjelasannya.
  • Siapa yang Dimaksud Orang yang Tersesat di Surat Al-Fatihah?
    Tausyiah
    Selasa, 27 September 2022 - 13:00 WIB
    Siapa yang dimaksud orang yang tersesat di Surat Al-Fatihah ayat ke 7. Mengapa Al-Quran menggunakan terminologi ad-Dhoolliin (sesat) dalam ayat terakhir surat Al Fatihah tersebut)?
  • Tafsir Al-Fatihah Ayat 7: Golongan Orang yang Diberi Nikmat dan Dimurkai
    Hikmah
    Kamis, 20 Januari 2022 - 21:53 WIB
    Surat Al-Fatihah menjadi istimewa karena pembuka kitab suci Al-Quran dan juga dijuluki Ummul Quran (induknya Al-Quran). Berikut tafsir Al-Fatihah ayat 7.
  • Imam Ahmad bin Hanbal: Bacalah Surat Al-Fatihah Saat Ziarah ke Kuburan
    Tausyiah
    Kamis, 16 November 2023 - 23:08 WIB
    Ulama ahli Hadis, Imam Ahmad bin Hanbal menganjurkan apabila ziarah ke kuburan hendaklah membaca Surat Al-Fatihah dan tiga surat (Al-Muawwidzatain dan Al-Ikhlas).
  • Koreksi Bacaan Al-Fatihah Bersama Syeikh Ahmad At-Tamadi
    Tausiyah
    Kamis, 19 Desember 2019 - 21:18 WIB
    Syeikh Ahmad At-Tamadi, ahli Qiroah yang juga delegasi Al-Azhar Mesir untuk Indonesia selama 3 tahun mengajak umat Islam untuk mengkoreksi bacaan Surah Al-Fatihah.
  • Tafsir Surat Al Fatihah Ayat 7 : Siapa yang Dimaksud Orang yang Tersesat Itu?
    Tausyiah
    Sabtu, 05 November 2022 - 10:45 WIB
    Siapa yang dimaksud orang yang tersesat di Surat Al-Fatihah ayat ke tujuh. Mengapa Al-Quran menggunakan term ad-Dhoolliin (sesat) dalam ayat terakhir surat Al Fatihah tersebut).
  • Surat Al-Fatihah: Amalan untuk Mendatangkan Jodoh
    Tips
    Kamis, 19 Agustus 2021 - 14:43 WIB
    Surat al-Fatihah adalah surah pertama dalam al-Quran. Sebagian kaum muslim meyakini bahwa fadhilah surat Al-Fatihah antara lain dapat menjadi amalan untuk mendatangkan jodoh.
  • Hadiah Manis dari Allah bagi yang Gemar Membaca Al Quran
    Tips
    Kamis, 25 November 2021 - 07:00 WIB
    Salah satu amal ibadah yang sangat dianjurkan adalah menyibukkan diri dengan Al-Quran. Karena Al-Quran merupakan madubatullah (hidangan Allah), hidangan untuk umat manusia.
  • Apakah Hukum Membaca Al-Fatihah Bagi Makmum?
    Tausiyah
    Kamis, 16 Mei 2019 - 21:24 WIB
    Berikut penjelasan Ustaz Abdul Somad (UAS), dai lulusan S2 Darul-Hadits Maroko mengenai hukum membaca Al-Fatihan bagi mamum.
  • Bolehkah Membaca Al Quran Tanpa Tajwid ? Begini Penjelasannya
    Tips
    Senin, 29 Mei 2023 - 18:58 WIB
    Menurut Syekh Ibnul Jazari, hukum mempelajari ilmu tajwid sebagai disiplin ilmu adalah fardu kifayah. Namun berbeda hukumnya dengan membaca Al Quran menggunakan tajwid maka hukumnya fardhu ain.
  • Bolehkah Wanita Haid Membaca Al-Quran?
    Muslimah
    Selasa, 08 Juni 2021 - 06:45 WIB
    Bolehkah wanita haid membaca Al-Quran? Mengingat membaca Al- Quran merupakan ibadah yang disunahkan bagi umat Islam, serta keutamaan membacanya sangatlah besar.
  • Hukum Membaca Al-Quran di HP
    Tips
    Rabu, 06 Oktober 2021 - 21:17 WIB
    Di era teknologi saat ini, banyak di antara umat Islam memanfaatkan HP untuk beraktivitas termasuk urusan ibadah. Bagaimana hukum membaca Al-Quran di HP?
  • Kapan Waktu Terbaik Membaca Surat Al Kahfi?
    Tausyiah
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 19:25 WIB
    Kapan waktu terbaik membaca surat Al-Kahfi? Amalkan pada malam Jumat atau hari Jumat? Pertanyaan tersebut muncul mengingat banyak keutamaan membaca surat tersebut sebagai amalan Jumat.