Kumpulan Artikel: Fiqih Haji Dan Umrah

  • Bacaan Doa Sa’i  Lengkap dengan Arab, Latin, dan Terjemahannya.
    Tips
    Jum'at, 17 Mei 2024 - 10:22 WIB
    Doa Sai dibacakan saat jamaah melakukan aktivitas berupa lari-lari kecil di antara bukit Safa dan Marwah. Untuk diketahui, Sai juga menjadi salah satu rukun haji
  • Bagaimana Hukum Anak yang Belum Baligh Menunaikan Ibadah Haji?
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Mei 2024 - 05:15 WIB
    Di Indonesia pada umumnya jemaah haji yang berangkat ke Tanah Suci berumur 20 tahun ke atas, bahkan sudah lansia. Namun, di Timur Tengah, banyak anak kecil yang sudah melaksanakan ibadah haji. Bagaimana hukumnya?
  • Mengenal Rukun Haji dan Umrah Beserta Keutamaannya
    Tips
    Rabu, 15 Mei 2024 - 14:30 WIB
    Rukun haji dan umrah merupakan ketentuan syariat yang wajib dipenuhi oleh seorang yang melaksanakan ibadah tersebut. Jika rukun-rukun ini tidak dilaksanakan, maka ibadahnya tidak sah atau batal.
  • Apa yang Dimaksud dengan Haji Ifrad? Simak Penjelasan dan Dalilnya
    Tausyiah
    Rabu, 08 Mei 2024 - 14:33 WIB
    Haji ifrad merupakan jenis ibadah haji di mana seseorang melakukan haji terlebih dahulu, kemudian melakukan umrah secara terpisah. Begini penjelasannya!
  • Bacaan Talbiyah Haji dan Umrah Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan
    Tips
    Rabu, 08 Mei 2024 - 08:48 WIB
    Bacaan Talbiyah untuk ibadah haji dan umrah ini perlu diketahui oleh setiap muslim. Talbiyah sendiri merupakan kalimat yang dibacakan Nabi Ibrahim AS setelah selesai membangun Kakbah.
  • Tata Cara Manasik Haji beserta Urutan, Pelaksanaan dan Bacaan
    Tips
    Rabu, 08 Mei 2024 - 07:45 WIB
    Tata cara manasik haji merupakan pedoman penting bagi umat Muslim yang hendak menunaikan ibadah haji, salah satu rukun Islam kelima.
  • Lafaz Labbaik Allahumma Labbaik dan Artinya
    Hikmah
    Senin, 06 Mei 2024 - 13:11 WIB
    Lafaz atau kalimat Talbiyah, Labbaik Allahumma Labbaik seringkali kita dengar ketika musim haji tiba, atau kalimat yang sering dilatunkan para calon jemaah yang akan menunaikan ibadah haji di bulan Dzulhijjah.
  • Inilah Hikmah Besar Dibalik Ibadah Umrah
    Hikmah
    Sabtu, 22 Juli 2023 - 14:19 WIB
    Melaksanakan ibadah haji dan umrah adalah sebuah momentum besar. Haji dan umrah juga memiliki kesamaan, yakni sama-sama menunaikan ibadah ke KakBah atau Baitullah.
  • Haji itu Miniatur Perjalanan Hidup Manusia, Begini Gambarannya
    Tausyiah
    Kamis, 29 Juni 2023 - 21:40 WIB
    Tak tersangkal lagi bahwa selain sebagai representasi kesempurnaan Islam (kamaliat al-Islam), haji juga sekaligus menjadi gambaran kehidupan manusia secara totalitas.
  • Aktivitas Paling Berat Bagi Jemaah Haji Adalah di Mina
    Hikmah
    Rabu, 28 Juni 2023 - 17:33 WIB
    Ibadah Haji itu umrah plus, tapi plusnya adalah plus ke Arafah, Muzdalifah dan Mina. Di Mina inilah aktivitas paling berat buat para jemaah Haji. Simak ulasannya.
  • 8 Keringanan dan Rukhsah dalam Ibadah Haji
    Tausyiah
    Senin, 26 Juni 2023 - 15:37 WIB
    Ibadah Haji 2023 akan memasuki puncaknya saat Wukuf di Arafah besok Selasa 27 Juni 2023 sesuai ketetapan waktu Pemerintah Arab Saudi. Inilah beberapa keringanan dalam ibadah haji.
  • Tahallul Lebih Utama Gundul, Ini Ganjarannya
    Tips
    Sabtu, 17 Juni 2023 - 15:34 WIB
    Tahallul adalah mencukur habis rambut atau memendekkannya sebagian setelah rukun Sai ketika mengerjakan Haji dan Umrah. Berikut keutamaan menggunduli kepala saat tahallul.
  • 4 Ciri-ciri Haji Mabrur, Salah Satunya Ucapannya Makin Santun dan Lembut
    Hikmah
    Sabtu, 17 Juni 2023 - 14:35 WIB
    Mabrur artinya penuh dengan kebaikan. Adapun Haji Mabrur adalah Haji yang baik dan diterima oleh Allah Taala. Lalu bagaimana ciri-ciri Haji Mabrur? Simak penjelasan berikut.
  • Doa Pulang Haji Berikut Zikir yang Dianjurkan Lengkap Arab dan Latin
    Tips
    Senin, 05 Juni 2023 - 17:24 WIB
    Doa pulang Haji dan Umrah berikut zikirnya sangat baik diamalkan para jemaah haji yang kembali ke rumahnya. Berikut bacaan doa dan zikirnya lengkap Arab dan artinya.
  • Bolehkah Anak Kecil Melaksanakan Ibadah Haji? Ini Penjelasannya
    Tausyiah
    Minggu, 04 Juni 2023 - 04:30 WIB
    Haji merupakan salah satu rukun Islam yang cara pelaksanaannya berbeda dengan empat rukun Islam lainnya. Ibadah yang satu ini hanya bisa dilaksanakan di Tanah Suci Makkah.
  • Bacaan Niat Haji dan Urutan Tata Cara Pelaksanaannya
    Dunia Islam
    Sabtu, 27 Mei 2023 - 16:54 WIB
    Bagi jemaah haji wajib mengetahui bacaan niat Haji dan urutan tata cara melaksanakannya. Sebagaimana kata Nabi, Haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga.
  • Perbedaan Miqat Zamani dan Miqat Makani
    Tips
    Rabu, 24 Mei 2023 - 18:22 WIB
    Salah satu hal yang penting untuk dipersiapkan oleh para jamaah baik umroh maupun haji adalah tempat miqat. Miqat sendiri merupakan batas dimulainya pelaksanaan haji atau umrah.
  • Bacaan Talbiyah Ketika Ibadah Haji dan Keutamaannya
    Dunia Islam
    Senin, 22 Mei 2023 - 16:37 WIB
    Kalimat Talbiyah ini sering kita dengar ketika musim Haji di bulan Duzhijjah. Labbaika, Allahumma Labbaika..... Salah satu keutamaan kalimat ini mengandung pujian kepada Allah.
  • Amalan-amalan Ketika Safar Umrah di Tanah suci
    Tips
    Sabtu, 29 April 2023 - 14:23 WIB
    Banyak amalan yang bisa dilakukan ketika safar umrah di tanah suci. Amalan-amalan tersebut untuk mendapatkan manfaat maksimal dari bersafar umrah ini. Apa saja amalannya?
  • Doa yang Dibaca Saat Menyambut Jamaah Haji
    Tips
    Jum'at, 29 Juli 2022 - 15:13 WIB
    Doa yang dibaca saat menyambut jamaah haji perlu diketahui dan diamalkan umat muslim. Saat ini sudah lebih 33.000 jamaah Indonesia telah kembali ke Tanah Air.