Kumpulan Artikel: Kurban (halaman 5)

  • Sejarah Idul Adha dan Perayaannya di Dalam Al-Quran
    Tausyiah
    Senin, 04 Juli 2022 - 18:44 WIB
    Sejarah Idul Adha dan perayaannya dapat ditemukan di dalam Al-Quran yakni surah as-Saffat 37 ayat 99 hingga 111. Ini adalah tentang kisah perintah Allah Taala kepada Nabi Ibrahim agar menyembelih Nabi Ismail.
  • Bolehkah Menyalurkan Daging Kurban ke Daerah Lain?
    Tausyiah
    Minggu, 03 Juli 2022 - 18:34 WIB
    Umat muslim diperintahkan menyembelih hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha. Pertanyaannya, bolehkah menyalurkan daging kurban ke daerah lain?
  • 2 Hadis Dhaif tentang Kurban Menurut Al-Albani
    Tausyiah
    Sabtu, 02 Juli 2022 - 16:45 WIB
    Syaikh Muhammad Nashruddin al-Albani menyebut 2 hadis dhaif atau lemah tentang ibadah kurban. Salah satu hadis itu berbunyi, Sebagus-bagus binatang kurban adalah domba yang muda.
  • Bagaimana Hukum Kurban Kerbau seperti yang Dilakukan Masyarakat Kudus?
    Tausyiah
    Sabtu, 02 Juli 2022 - 12:40 WIB
    Hukum kurban kerbau adalah sah, dan hukumnya sama dengan berkurban dengan sapi, sebab kerbau merupakan hewan yang masih terkategorikan sebagai spesies dari sapi.
  • Menyebut Asma Allah Waktu Menyembelih Hewan, Bagaimana dengan Sembelihan Ahli Kitab?
    Tausyiah
    Jum'at, 01 Juli 2022 - 17:03 WIB
    Allah memberikan perkenan untuk makan makanan ahli kitab sebagaimana halnya dalam persoalan-persoalan perkawinan. Hal ini sebagaimana difirmankan Allah dalam QS al-Maidah ayat 5.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Rasulullah SAW Pernah Melarang Menyimpan Daging Kurban Lebih dari 3 Hari
    Tausyiah
    Kamis, 30 Juni 2022 - 19:11 WIB
    Di era lemari pendingin yang harganya kian terjangkau, tak sedikit dari umat Islam yang menyimpan daging kurban sampai berhari-hari atau melebih tiga hari. Lalu bagaimana hukum perbuatan semacam ini?
  • Sabda Rasulullah SAW ketika Mendapati Seseorang Mengasah Pisau di Depan Binatang yang akan disembelih
    Tausyiah
    Kamis, 30 Juni 2022 - 19:01 WIB
    Rasulullah SAW mendapati seorang membaringkan seekor kambing sambil ia mengasah pisaunya, maka kata Nabi: Apakah kamu akan membunuhnya, sesudah dia menjadi bangkai?
  • Bolehkah Berkurban untuk Orang Lain?
    Tips
    Rabu, 29 Juni 2022 - 06:45 WIB
    Salah satu pembelajaran tentang kerelaan dan berbagi di momen kurban ialah dengan berkurban untuk orang lain. Pertanyaannya, bolehkah berkurban untuk orang lain?
  • Bolehkah Memberikan Daging Kurban kepada Non-Muslim?
    Tips
    Selasa, 28 Juni 2022 - 22:30 WIB
    Pertanyaan ini sering muncul setiap jelang Hari Raya Idul Adha, apakah boleh memberi daging kurban kepada non-muslim? Berikut penjelasannya.
  • Bolehkan Kurban Online? Begini Menurut Para Ulama
    Tips
    Selasa, 28 Juni 2022 - 00:14 WIB
    Dengan kemajun teknologi, berbagai kemudahan kini bahkan tersedia melalui ujung jari dan gadget. Salah satu kemudahan tersebut adalah dalam beribadah, termasuk berkurban.
  • Cara Membagi Daging Kurban, Tidak Sah Dibagi dalam Keadaan Dimasak
    Tips
    Senin, 27 Juni 2022 - 20:54 WIB
    Umat muslim perlu mengetahui fiqih tentang kurban terutama bagi yang berkurban pada Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah. Salah satunya cara membagi daging kurban.
  • Bolehkah Berkurban Sekaligus Niat Beraqiqah?
    Tips
    Senin, 27 Juni 2022 - 10:47 WIB
    Bagi setiap muslim yang sudah mampu, dianjurkan (sunah muakadah) untuk melaksanakan ibadah kurban. Namun pada saat bersamaan belum berakikah, bolehkah menggabungkan dua niat kurban dan aqiqah?
  • Peringatan Rasulullah Bagi Orang Mampu Tapi Tak Mau Berkurban
    Tausyiah
    Minggu, 26 Juni 2022 - 14:48 WIB
    Bagi orang yang tidak berkurban saat memiliki kelapangan rezeki mendapat ancaman serius sebagaimana disabdakan Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam.
  • 4 Syarat Penyembelihan Binatang Menurut Syariah Islam
    Tips
    Sabtu, 25 Juni 2022 - 13:43 WIB
    Salah satu syaratnya adalah binatang tersebut harus disembelih atau ditusuk dengan suatu alat tajam yang dapat mengalirkan darah dan mencabut nyawa binatang tersebut.
  • Lebih Baik Mana, Hewan Kurban Warna Putih Atau Hitam?
    Tausyiah
    Rabu, 22 Juni 2022 - 18:02 WIB
    Sebagian umat Islam mungkin ada yang bertanya hewan kurban apa yang lebih utama (afdhal). Apakah hewan warna putih warna hitam? Berikut penjelasannya.
  • Mau Kurban Nggak Pakai Ribet? Simak Tipsnya di Sini!
    Tips
    Rabu, 22 Juni 2022 - 10:22 WIB
    Dalam waktu dekat, masyarakat muslim dunia termasuk Indonesia akan merayakan hari raya Idul Adha. Masyarakat pun sudah mulai memilih sapi dan kambing, untuk dikurbankan saat Idul Adha nanti.
  • Mana Lebih Baik Kurban Jantan Atau Betina? Ini Jawaban Mazhab Syafii
    Tausyiah
    Selasa, 21 Juni 2022 - 15:07 WIB
    Mana lebih baik atau lebih afdhol berkurban dengan hewan jantan atau betina? Berikut jawaban Mazhab Syafii dinukil dari Kitab Al-Majmu Syarh Al-Muhadzdzab
  • Apakah Kurban Wajib atau Sunnah? Begini Pendapat Ahli Fikih
    Tips
    Selasa, 21 Juni 2022 - 07:17 WIB
    Apakah kurban wajib atau sunnah? Jumhur ulama berpendapat bahwa ibadah kurban itu hukumnya sunat muakkad. Maknanya, tidak wajib tetapi makruh meninggalkannya bagi mereka yang mampu.
  • Hukum Memotong Rambut dan Kuku Saat Berkurban, Benarkah Haram?
    Tausyiah
    Senin, 20 Juni 2022 - 08:30 WIB
    Tak lama lagi kita akan memasuki bulan Dzulhijjah yang di dalamnya diperintahkan berkurban. Bagaimana hukum memotong rambut dan kuku saat berkurban? Benarkah haram?
  • Larangan Mengambil Daging Kurban sebagai Upah Penjagal
    Tausyiah
    Sabtu, 18 Juni 2022 - 13:30 WIB
    Di beberapa daerah kita sering menemukan panitia kurban memberikan daging atau kulit hewan sebagai upah penjagal atau penyembelih kurban. Hal ini tidak dibolehkan dalam syariat.