Topik Terkait: Zakat Penghasilan

  • Pengertian Kalkulator Zakat Penghasilan dan Cara Menghitungnya
    Tips
    Rabu, 18 Januari 2023 - 14:23 WIB
    Kalkulator zakat penghasilan merupakan layanan yang disediakan oleh Badan Amil Zakat Nasional untuk menghitung jumlah zakat yang harus dikeluarkan oleh umat Islam.
  • Cara Menghitung Zakat Mal dan Penghasilan yang Benar
    Tips
    Jum'at, 23 Juli 2021 - 15:58 WIB
    Cara menghitung zakat mal yang benar perlu diketahui oleh kaum muslimin. Mengeluarkan zakat mal (harta) adalah salah satu perintah syariat yang wajib ditunaikan.
  • 3 Pandangan Fiqih tentang Zakat Penghasilan dan Profesi
    Tips
    Rabu, 18 Januari 2023 - 16:52 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan ada 3 pandangan fiqih tentang zakat penghasilan dan profesi. Setidaknya begitu jika kita mengacu pada pendapat para ulama. Apa saja?
  • Kalkulator Zakat Ternak Sapi dan Kambing, Begini Cara Menghitungnya
    Tips
    Jum'at, 03 Februari 2023 - 23:49 WIB
    Kalkulator zakat ternak sapi dan kambing termasuk kategori zakat maal. Zakat sapi dan kambing ini wajib dikeluarkan seorang muslim apabila telah mencapai nisab dan haul.
  • Hukum Menunda Zakat Mal Dan Zakat Fitrah
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 05:15 WIB
    Jika waktu tersebut pendek tidak lama, maka tidak mengapa menyimpan zakat tersebut hingga dapat diberikan kepada sebagian orang fakir dari kaum kerabatnya atau orang yang sangat fakir dan membutuhkan.
  • BAZNAS Alokasikan Rp9,5 Miliar untuk Pendistribusian Zakat Fitrah
    Dunia Islam
    Jum'at, 07 Mei 2021 - 11:12 WIB
    Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) telah menyiapkan alokasi dana sebesar Rp9,5 miliar untuk pendistribusian zakat fitrah di seluruh Indonesia.
  • Membayar Zakat Fitrah Secara Online, Sahkah?
    Muslimah
    Selasa, 11 Mei 2021 - 05:55 WIB
    Allah menitipkan harta benda kepada manusia bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga berbagi ke orang-orang sekitar. Zakat juga difungsikan untuk menyucikan harta.
  • Mengapa Islam Mewajibkan Zakat Fitrah? Ini Alasannya
    Tips
    Jum'at, 22 Mei 2020 - 03:15 WIB
    Zakat fitrah (fitri) adalah zakat yang wajib dikeluarkan sekali setahun yaitu di bulan Ramadhan menjelang Idul Fitri. Mengapa umat Islam diwajibkan menunaikan zakat fitrah?
  • Tengku Zulkarnain: Zakat Perkuat Ekonomi Umat Islam
    Tips
    Selasa, 19 Mei 2020 - 04:03 WIB
    Kini baru kita sadari fatwa ketiga Imam tersebut telah menunjukkan kehebatannya, selama 13 abad lebih, yakni dalam menggerakkan kekuatan ekonomi umat Islam.
  • 7 Keutamaan Zakat dalam Al-Quran dan Hadis
    Tausyiah
    Sabtu, 15 April 2023 - 23:27 WIB
    Keutamaan zakat dalam Islam penting diketahui kaum muslim. Kata zakat berasal dari bahasa Arab yang artinya menyucikan. Berikut 7 keutamaan zakat dalam Al-Quran dan Hadis.
  • Mereka yang Wajib Mengeluarkan Zakat Fitri
    Tips
    Selasa, 18 April 2023 - 17:46 WIB
    Ukuran kemampuan, menurut jumhur ulama ialah, seseorang memiliki kelebihan makanan pokok bagi dirinya dan orang-orang yang menjadi tanggungannya, nafkah untuk satu malam Id dan siangnya.
  • Zakat bagi kita
    Tausiyah
    Minggu, 04 Agustus 2013 - 09:05 WIB
    Zakat merupakan salah satu bentuk syariat Allah yang akan memberikan keuntungan itu. Ada banyak nilai dan keuntungan dari zakat bila telah ditunaikan dengan baik. Tiga keuntungan berzakat yaitu membersihkan harta dan jiwa, menumbuhkan dan menambahkan, memenuhi hak.
  • Bukan Sekadar Panitia, Berikut 9 Amil Zakat dan Tugasnya
    Tips
    Senin, 25 April 2022 - 09:05 WIB
    Tugas Amil Zakat adalah mengambil dan mendistribusikan harta zakat kepada mustahiq. Amil tidak sama dengan panitia zakat yang hanya dibentuk atas inisiatif masyarakat.
  • PP Muhammadiyah: Pembagian Zakat Fitri Setelah Sholat Id Tetap Sah
    Tausyiah
    Senin, 25 April 2022 - 14:30 WIB
    Jika pembagian zakat fitri dilaksanakan setelah sholat Idul Fitri disebabkan kesulitan yang tidak mampu ditanggulangi oleh panitia, maka zakat fitri yang diserahkan kepada panitia sebelum pelaksanaan sholat Idul Fitri tetap sah
  • Zakat Fitrah Hanya Diberikan kepada Orang Miskin
    Tausyiah
    Sabtu, 06 April 2024 - 13:47 WIB
    Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah sebagai pembersih bagi orang yang berpuasa dari perkataan yang tak berguna dan kotor, dan sebagai makanan bagi orang-orang miskin.
  • 6 Lafaz Niat Bayar Zakat Fitrah Lengkap dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Senin, 01 April 2024 - 16:05 WIB
    Lafaz niat bayar zakat fitrah ini penting diketahui umat muslim. Meski niat adalah urusan hati, melafalkannya (talaffudh) dianjurkan sebab akan membantu seseorang untuk memantapkan niat tersebut.
  • Hubungan Perintah Sholat dan Zakat dalam Al-Quran
    Tausyiah
    Sabtu, 09 April 2022 - 13:24 WIB
    Perintah sholat dan zakat adalah perintah yang sering kali disebut dan berulang-ulang dibahas dalam Al-Quran. Sholat disebut juga sebagai ibadah habluminaullah, sedangkan zakat disebut hablumninnas.
  • Inilah Golongan yang Tidak Boleh Diberi Zakat Fitrah
    Muslimah
    Rabu, 12 Mei 2021 - 12:01 WIB
    Zakat fitrah tidak diberikan pada sembarang orang, ada 8 golongan yang berhak menerima zakat fitrah ini, dan ada 5 golongan yang tidak boleh diberi zakat fitrah tersebut.
  • Bantu Masyarakat Terdampak Pandemi, Wapres Dorong Segera Keluarkan Zakat
    Dunia Islam
    Selasa, 29 Maret 2022 - 14:26 WIB
    Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mendorong muzakki atau orang yang wajib zakat, agar segera mengeluarkan zakat setahun sekali ketika Ramadhan tiba.
  • Zakat Fitrah, Berapa Jumlah dan Siapa Saja Penerimanya?
    Tips
    Rabu, 27 April 2022 - 09:57 WIB
    Bagi setiap muslim, setelah melaksanakan puasa, ada lagi kewajiban yang harus ditunaikan dalam bulan Ramadhan ini, yakni membayar zakat fitrah.