Kumpulan Artikel: Pernikahan (halaman 2)

  • Bolehkah Lamaran Tanpa diketahui Orang Tua? Ini Jawabannya
    Tausyiah
    Rabu, 04 Oktober 2023 - 13:10 WIB
    Dalam artikel ini akan membahas sebuah pertanyaan yang berkaitan dengan bolehkah lamaran tanpa diketahui orang tua. Sebab, hal itu sering muncul pada sebuah pasangan yang akan melangsungkan ke jenjang pernikahan.
  • Salah Paham dan Salah Terap dalam Talak Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Rabu, 04 Oktober 2023 - 11:25 WIB
    Kebanyakan kaum Muslimin telah salah dalam menfungsikan talak. Mereka menempatkannya bukan pada tempatnya dan mereka menggambarkan talak itu seakan seperti pedang yang dihunus lalu diletakkan di atas leher sang isteri.
  • 7 Pernikahan yang Tidak Sah alias Harus Dibatalkan, Muslimah Wajib Tahu!
    Muslimah
    Selasa, 03 Oktober 2023 - 11:55 WIB
    Dalam Islam, ternyata ada pernikahan-pernikahan yang wajib dibatalkan karena hukumnya haram dan telah dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya. Jenis pernikahan seperti apa yang tidak sah tersebut?
  • 23 Ucapan Selamat Menikah Penuh Doa dan Menyentuh Hati
    Dunia Islam
    Jum'at, 29 September 2023 - 20:57 WIB
    Ada banyak ucapan selamat menikah yang bisa kita sampaikan kepada pengantin baru. Tak sekadar ucapan selamat, namun di dalamnya terdapat doa dan harapan yang sangat menyentuh.
  • Pernikahan Adalah Tanda Kekuasaan Allah, Begini Penjelasan Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Minggu, 24 September 2023 - 13:13 WIB
    Islam datang untuk mengumumkan batalnya kerahiban dan melarang hidup lajang. Islam mengajarkan kepada kita bahwa pernikahan adalah salah satu dari tanda-tanda kekuasaan Allah dalam kehidupan ini.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Idealnya Pernikahan Itu Melalui Persetujuan Ayah, Ibu dan Anaknya
    Tausyiah
    Sabtu, 23 September 2023 - 11:06 WIB
    Pernikahan yang paling baik itu harus melalui persetujuan ayah, ibu dan anaknya, sehingga tidak ada peluang untuk menjadi pembicaraan di sana sini atau menimbulkan permusuhan dan kebencian.
  • Jangan Takut Menikah! Ini Janji Allah dalam Al-Quran
    Tausyiah
    Sabtu, 23 September 2023 - 00:03 WIB
    Bagi yang belum menikah atau punya keinginan untuk menikah, ada baiknya menyimak firman Allah berikut. Allah menjanjikan kecukupan rezeki bagi mereka yang menikah.
  • Inilah Hak-hak Istri yang Harus Dipenuhi Suami
    Muslimah
    Selasa, 05 September 2023 - 10:24 WIB
    Selain kewajiban yang harus dijalankan, ada hak-hak tertentu seorang istri atas diri suaminya. Soal hak-hak istri atas suaminya ditegaskan Allah Subhanhu wa taala dala Al Quran Surat Al Baqarah ayat 228.
  • 4 Hal tentang Seksual dalam Islam Menurut Abdul Halim Abu Syuqqah
    Tausyiah
    Rabu, 23 Agustus 2023 - 13:11 WIB
    Seks merupakan bagian dari kesenangan di dunia dan di akhirat. Seks itu halal dan baik. Seseorang dapat memperoleh pahala karena melakukan aktivitas seksual yang sesuai dengan batas-batas yang digariskan oleh agama.
  • Larangan Menikah di Bulan Safar, Mitos atau Bukan? Begini Penjelasannya Menurut Islam
    Muslimah
    Kamis, 17 Agustus 2023 - 10:53 WIB
    Masih ada pemahaman dalam masyarakat yang melarang melakukan pernikahan di bulan Safar. Bagaimana sebenarnya hal tersebut dalam pandangan Islam?
  • Inilah Jenis-jenis Pernikahan yang Hukumnya Haram, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Sabtu, 12 Agustus 2023 - 12:35 WIB
    Dalam Islam, tidak semua pernikahan itu halal. Ada pernikahan-pernikahan yang wajib dibatalkan karena hukumnya haram dan telah dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya
  • Bolehkah Melakukan Perjanjian Pranikah dalam Islam?
    Hikmah
    Senin, 31 Juli 2023 - 10:29 WIB
    Perjanjian pranikah, sesuatu yang semula terdengar tabu sepertinya mulai dipopulerkan di Indonesia. Terutama mulai didengar dari model-model pernikahan di kalangan selebritas di Tanah Air.
  • Kisah Ulama Lanjut Usia Menikahi Gadis Muda, Begini Malam Pertamanya
    Hikmah
    Sabtu, 29 Juli 2023 - 23:16 WIB
    Banyak kisah unik terdahulu sarat dengan hikmah namun bisa dijadikan penghibur sekaligus pelajaran berharga. Berikut ini kisah seorang ulama lanjut usia menikahi gadis muda.
  • Hikmah Pernikahan Rasulullah, Begini Penjelasan Ulama
    Hikmah
    Selasa, 25 Juli 2023 - 09:54 WIB
    Rasulullah menikahi beberapa wanita adalah bukan untuk bersenang-senang namun beliau justru memiliki konsokuensi taklif (kewajiban) yang lebih besar dan beban yang lebih berat. Wanta-wanita yang dinikahi oleh Rasulullah SAW adalah petunjuk dan pilihan Allah Taala.
  • Pesta Mewah Pernikahan Anjing dan Fenomena Aneh di Akhir Zaman
    Hikmah
    Kamis, 20 Juli 2023 - 17:41 WIB
    Publik kembali dihebohkan dengan pesta pernikahan sepasang anjing menyerupai resepsi pernikahan manusia. Tak sedikit yang menyayangkannya hingga mengkritik pesta tersebut.
  • Bolehkah Wali Nikah Diwakilkan? Ini Penjelasannya
    Tausyiah
    Sabtu, 15 Juli 2023 - 15:45 WIB
    Bolehkah wali nikah diwakilkan? Hal ini sering ditanyakan sebagian kalangan muslim di Tanah Air. Langsung saja kita simak penjelasan berikut ini.
  • Hukum Menarik Mahar Kembali karena Batal Menikah
    Tips
    Jum'at, 14 Juli 2023 - 14:06 WIB
    Lamaran bukan ikatan yang mengikat dan berkonsekuensi hukum sehingga mahar yang diserahkan terlebih dahulu saat lamaran bisa ditarik kembali bila perkawinan dibatalkan.
  • Bolehkan Menceritakan Aib Masa Lalu Sebelum Melangsungkan Pernikahan?
    Tausyiah
    Rabu, 12 Juli 2023 - 12:24 WIB
    Menikah dengan pasangan sempurna, tentu sangat didampakan setiap manusia baik laki-laki maupun wanita. Namun tak ada gading yang tak retak, tak ada manusia yang sempurna. Semua manusia memiliki aib.
  • Bolehkah Menjual Mahar Nikah? Simak Penjelasannya
    Tausyiah
    Selasa, 11 Juli 2023 - 19:11 WIB
    Mahar nikah merupakan salah satu bagian dari wajib nikah yang harus dipenuhi oleh laki-laki kepada perempuan. Karena itu prosesi pemberian mahar ini tak dapat dilepaskan dalam sebuah prosesi pernikahan dalam Islam.
  • Doa yang Dilarang Diucapkan untuk Pasangan Pengantin
    Tips
    Minggu, 09 Juli 2023 - 11:01 WIB
    Setiap ada teman, keluarga atau kerabat yang baru menikah biasanya kita mengucapkan doa untuk mereka. Namun, ternyata ada doa yang terlarang diucapkan untuk pasangan baru menikah ini. Doa apakah itu?