Kumpulan Artikel: Aurat Wanita (halaman 2)

  • Bolehkah Shalat dengan Memakai Cadar?
    Muslimah
    Rabu, 05 Januari 2022 - 08:16 WIB
    Sebagai pakaian bagi muslimah, cadar atau niqab, berbeda dengan kerudung atau jilbab. Cadar, umumnya dipakai menutup muka dan hanya menampakkan kedua mata saja.
  • Apakah Dagu Wanita Ketika Shalat Termasuk Aurat?
    Muslimah
    Kamis, 30 Desember 2021 - 18:30 WIB
    Apakah dagu wanita termasuk aurat ketika shalat atau tidak? Bagaimana sebenarnya batasan wajah perempuan dalam shalat ini? Bagaimana pula dalil-dalilnya?
  • Batasan Aurat Wanita dengan Sesama Wanita Lainnya
    Muslimah
    Jum'at, 10 Desember 2021 - 17:27 WIB
    Dalam Islam, hakikat pakaian adalah untuk menutup aurat, yaitu menutup bagian anggota tubuh yang tidak boleh dilihat oleh orang lain. Syariat Islam pun mengatur, hendaknya pakaian tersebut tidak terlalu sempit atau ketat, tidak terlalu tipis atau menerawang.
  • 3 Al-Quran Tentang Kewajiban Berjilbab
    Muslimah
    Minggu, 05 Desember 2021 - 05:10 WIB
    Menutup aurat adalah salah satu kewajiban bagi kaum muslimah, namun masih banyak dari mereka yang enggan melakukannya padahal banyak dalil dalam Al-Quran tentang kewajiban ini.
  • Ketika Muslimah Membuka Hijabnya, Kapan Waktunya yang Tepat?
    Muslimah
    Jum'at, 26 November 2021 - 08:02 WIB
    Berhijab atau jilbab merupakan penerapan kaum muslimah dalam melaksanakan perintah menutup aurat. Namun dalam kesehariannya, mereka memilih berjilbab ketika hendak pergi ke luar rumah saja
  • Bahaya Membuka Aurat dan Keutamaan Memakai Hijab
    Tausyiah
    Minggu, 05 September 2021 - 17:31 WIB
    Menutup aurat adalah kewajiban bagi setiap muslim laki-laki dan perempuan. Bagi perempuan muslim, batasan aurat mereka adalah sebagaimana dijelaskan dalam Hadis berikut.
  • Benarkah Paha Laki-laki Tidak Termasuk Aurat?
    Tausyiah
    Senin, 16 Agustus 2021 - 22:25 WIB
    Menutup aurat adalah kewajiban bagi setiap muslim laki-laki dan perempuan. Bagaimana sebenarnya batasan aurat bagi laki-laki, benarkah bagian paha tidak termasuk aurat?
  • Hadits Menutup Aurat Wanita
    Muslimah
    Selasa, 06 Juli 2021 - 06:55 WIB
    Hadis menutup aurat wanita banyak disampaikan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Menutup anggota badan yang tidak boleh ditampakkan ini hukumnya wajib bagi wanita.
  • Gus Baha Menyikapi Pedagang Warung dengan Aurat Terbuka
    Tausyiah
    Rabu, 16 Juni 2021 - 17:29 WIB
    Cara Gus Baha menyikapi pedagang warung yang auratnya terbuka layak kita jadikan pelajaran agar tidak mudah menghukumi orang yang tampilan luarnya kelihatan buruk.
  • Kisah Menarik Penuh Ibrah: Alangkah Berharganya Wajah Wanita
    Hikmah
    Rabu, 03 Maret 2021 - 09:05 WIB
    Sang istri kemudian membalas, Saya juga bersaksi kepada hakim bahwa saya telah merelakan mahar saya dan memberikannya kepada suami saya dan dia telah lepas beban dunia dan akhirat.
  • Pemakaian Kaos Kaki, Wajibkah bagi Muslimah Sebagai Menutup Aurat?
    Muslimah
    Rabu, 09 Desember 2020 - 10:15 WIB
    Tentang apakah bagian bawah kaki atau disebut al qadam termasuk batasan aurat juga? Sehingga pemakaian kaus kaki menjadi wajib atau tidak bagi muslimah untuk menutup auratnya ini?
  • Dahsyatnya Permusuhan Setan Terhadap Manusia dalam Perihal Pakaian
    Muslimah
    Rabu, 21 Oktober 2020 - 16:19 WIB
    Sesungguhnya tipu daya setan di dalam perihal pakaian sudah lama. Setan menipu manusia dengan tipuan yang besar agar manusia telanjang dari pakaiannya, agar terbuka auratnya dan agar hilang malunya dan juga sikap kesopanannya.
  • Gelar-gelar  bagi Perempuan yang Menjaga Kemaluannya
    Muslimah
    Jum'at, 18 September 2020 - 07:57 WIB
    Di zaman sekarang, sedikit sekali kaum perempuan yang benar-benar masih menjaga apa yang dinamakan kesucian, kehormatan, dan kemaluan. Bahkan muslimah yang berjilbab sendiri, sudah tidak malu-malu untuk pamer aurat nya
  • Salah Satu Tanda Dekatnya Kiamat : Perhatikan Pakaian Perempuan
    Muslimah
    Jum'at, 18 September 2020 - 06:10 WIB
    Kemunculan banyak perempuan dengan pakaian yang tidak menutup aurat, ternyata salah satu tanda datangnya kiamat kecil dan kiamat besar. Mereka diibaratkan berpakaian tetapi telanjang.
  • Menjadi Penyebab Utama Perbuatan Keji
    Muslimah
    Kamis, 20 Agustus 2020 - 17:38 WIB
    Menjaga aurat adalah konsekuensi logis dari konsep menundukkan pandangan atau sering pula disebut sebagai langkah kedua dalam mengendalikan keinginan dan membangun kesadaran, setelah konsep menundukkan pandangan.
  • Ancaman Azab Bagi Pelanggar Syariat
    Muslimah
    Kamis, 20 Agustus 2020 - 15:14 WIB
    Batasan aurat perempuan sangatlah penting untuk tidak terlihat oleh orang lain yang bukan mahramnya. Bahkan, Nabi Muhammad SAW mengingatkan agar telapak bawah kaki tertutup auratnya.
  • Batasan Aurat Perempuan dalam Pandangan Ulama Syafiiyah
    Muslimah
    Kamis, 20 Agustus 2020 - 09:44 WIB
    Tidak seperti laki-laki yang auratnya paten pada satu ukuran-yaitu antara pusar dan lutut, ukuran aurat perempuan berbeda-beda, sehingga ada perbedaan mencolok dalam praktek kesehariannya. Lantas, batasan mana sajakah aurat perempuan ini?
  • Kisah Perempuan Penghuni Surga Karena Konsisten Menjaga Auratnya
    Muslimah
    Kamis, 20 Agustus 2020 - 07:24 WIB
    Sesungguhnya kisah perempuan ini adalah kisah yang agung. Dimasukkan di dalam akhlak yang mulia, sifat-sifat yang bagus, kepribadian-kepribadian yang indah, sifat malu yang indah, kesucian dan kebersihan hati.
  • Lagi, Soal Jilbab dan Batasan Aurat Perempuan Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Kamis, 06 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Mengutip Muhammad Thahir, Quraish Shihab berpendapat bahwa ada hadis-hadis Nabi yang merupakan perintah, tetapi perintah dalam arti sebaiknya bukan seharusnya
  • Begini Penjelasan Quraish Shihab Soal Kerudung dan Aurat Perempuan
    Tausyiah
    Rabu, 05 Agustus 2020 - 09:02 WIB
    Pakar hukum Abu Yusuf bahkan berpendapat bahwa kedua tangan wanita bukan aurat, karena dia menilai bahwa mewajibkan untuk menutupnya menyulitkan wanita.