Topik Terkait: Yanisari Atau Janissary

  • Yanisari, Pasukan Elit Kesultanan Turki Utsmani yang Ditakuti Eropa
    Dunia Islam
    Kamis, 12 Januari 2023 - 17:07 WIB
    Yanisari atau Yeniceri (Janissary) adalah pasukan elit yang dibentuk Kesultanan Turki Utsmani (Turki Ottoman). Infanteri elit ini merupakan tentara modern pertama di Eropa.
  • Inilah Sikap Terbaik Ketika Dighibahi atau Dizalimi
    Muslimah
    Sabtu, 03 Juli 2021 - 10:19 WIB
    Ketika kita mendapat perlakukan tidak baik, dighibahi atau dizalimi orang lain, pasti kita merasa sakit hati dan marah. Tapi, ternyata sikap yang baik ketika kita dizalimi adalah istighfar dan melakukan muhasabah.
  • Sebenarnya Darah itu Suci atau Najis?
    Muslimah
    Selasa, 03 November 2020 - 12:49 WIB
    Sebenarnya darah ini, termasuk suci atau najis? Hal ini penting diketahui kaum muslim, karena menyangkut masalah yang berkaitan dengan thaharah (bersuci).
  • Mana Lebih Baik Kurban Jantan Atau Betina? Ini Jawaban Mazhab Syafii
    Tausyiah
    Selasa, 21 Juni 2022 - 15:07 WIB
    Mana lebih baik atau lebih afdhol berkurban dengan hewan jantan atau betina? Berikut jawaban Mazhab Syafii dinukil dari Kitab Al-Majmu Syarh Al-Muhadzdzab
  • Benarkah Jimat atau Rajah Masuk Kategori Syirik?
    Tausyiah
    Senin, 26 Oktober 2020 - 05:00 WIB
    Alasan ulama yang membolehkan jimat macam itu karena ini dalam rangka tabarruk yang syari dengan kalamullah dan asma (nama) Allah yang ada di dalamnya.
  • Keutamaan Antara Mendahulukan Nafkah ke Istri Atau Orang Tua?
    Muslimah
    Kamis, 15 Juli 2021 - 09:08 WIB
    Seorang suami memiliki kewajiban nafkah kepada istri dan anak-anaknya. Ia juga berkewajiban menafkahi orang tuanya. Namun, setelah menikah, seorang lelaki harus bisa bersikap adil dan bijak terhadap istrinya dan terhadap orangtuanya. Lantas mana yang harus didahulukan?
  • Sholat Tarawih Paling Utama Bagi Perempuan, di Masjid atau Rumah?
    Muslimah
    Senin, 26 April 2021 - 09:39 WIB
    Bagi umat muslim, ibadah sholat tarawih di bulan Ramadhan sangat dianjurkan (hukumnya sunnah muakkadah). Boleh dilaksanakan berjamaah di masjid ataupun sendiri-sendiri di rumah.
  • Bicara yang Baik Atau Diam!
    Tausyiah
    Kamis, 02 Desember 2021 - 08:09 WIB
    Rasulullah SAW sendiri bahkan menjamin surga bagi siapa yang mampu menjaga lisannya. Ini sekaligus menandakan urgensi berhati-hati dalam berkata atau berbicara.
  • Kurban 1 Kambing Atau Patungan Sapi 7 Orang? Ini Pendapat Gus Baha
    Tausyiah
    Sabtu, 04 Juni 2022 - 08:05 WIB
    Berikut Pendapat Gus Baha tentang mana yang lebih baik, kurban 1 kambing atau patungan sapi dibagi 7 orang. Selama ini kurban patungan sapi lazim dilakukan umat muslim.
  • Lebih Afdhal Mana, Kurban Sapi Atau Kambing? Ini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 13 Juni 2022 - 07:30 WIB
    Umat muslim di Indonesia biasanya berkurban dengan sapi, kambing dan domba. Pertanyaannya, lebih afdhal mana kurban sapi atau kambing? Simak penjelasannya.
  • Imbauan Bertobat, Rakyat Dulu atau Pemimpin Dulu?
    Hikmah
    Selasa, 07 April 2020 - 05:15 WIB
    Adalah hal wajar ketika wabah menyebabkan banyak kematian dan hancurnya perekonomian lalu para ulama menyerukan tobat nashuha, kembali kepada Allah Taala.
  • Hukum Berutang untuk Menikah, Boleh atau Tidak?
    Tausyiah
    Kamis, 02 Juni 2022 - 11:14 WIB
    Dalam Islam menikah memang sangat dianjurkan, bahkan bisa jadi wajib bagi orang yang dikhawatirkan berzina. Namun bukan berarti ini harus dilakukan dengan melegalkan segala macam cara.
  • Hukum Paylater dalam Islam, Halal atau Haram?
    Tausyiah
    Kamis, 22 Februari 2024 - 10:19 WIB
    Ssistem transaksi digital yang tengah tren adalah paylater (sistem transaksi bisnis yang pembayarannya bisa dilakukan di belakang atau kemudian hari). Bagaimana sebenarnya hukum paylater ini dalam Islam?
  • Begini Cara Menunaikan Fidyah atau Pengganti Puasa
    Tips
    Jum'at, 01 April 2022 - 10:14 WIB
    Bagi beberapa orang yang tidak mampu menjalankan ibadah puasa dengan kriteria tertentu, diperbolehkan tidak berpuasa serta tidak harus menggantinya di lain waktu. Namun, sebagai gantinya diwajibkan untuk membayar fidyah (pengganti/penebus).
  • Musik dalam Pandangan Islam, Halal Atau Haram?
    Tausiyah
    Senin, 03 Februari 2020 - 19:05 WIB
    Banyak yang bertanya bagaimana sebenarnya hukum musik menurut pandangan Islam? Berikut penjelasan Pengasuh Rumah Fiqih Indonesia Ustaz Ahmad Sarwat.
  • Keluhan Pemuda yang Mudah Terangsang: Beda Mani, Madzi, dan Wadi
    Tausyiah
    Jum'at, 16 Oktober 2020 - 05:00 WIB
    Keluar madzi hukumnya seperti hukum kencing, yaitu membatalkan wudhu (dan najis) tetapi tidak mewajibkan mandi. Bila pakaian terkena madzi cukup disiram saja untuk bersuci.
  • Hukum Pakaian yang Terkena Keputihan, Najis atau Tidak?
    Muslimah
    Selasa, 21 Desember 2021 - 12:29 WIB
    Dalam Islam, keputihan atau ifrazat adalah lendir yang umumnya bening, keluar dari organ reproduksi wanita, namun bukan madzi dan mani, baik karena syahwat maupun ketika aktivitas normal.
  • Benarkan Orang Kafir Bebas Ujian di Dalam Kubur?
    Tausyiah
    Senin, 22 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Imam Tirmidzi, Ibn Abdil Barr, dan Imam Suyuthi berpendapat hanya orang beriman saja yang diuji di dalam kubur, sedangkan orang kafir lepas dari ujian.
  • Pilih Dunia atau Akhirat? Ini Jawaban Alquran
    Hikmah
    Kamis, 10 Oktober 2019 - 05:01 WIB
    Banyak orang mendambakan kehidupan terbaik di dunia dan akhirat. Namun, tak sedikit di antara umat Islam justru kebingungan menentukan jalan hidupnya.
  • Salat Tarawih, 20 Atau 8 Rakaat? Ini Penjelasannya
    Tausiyah
    Rabu, 16 Mei 2018 - 21:37 WIB
    Salat tarawih adalah salat sunnah yang menjadi paket yang tidak terpisahkan dari bulan Ramadhan. Perlu diketahui bahwa pencetus pertama salat tarawih adalah Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW).